5 Langkah Menambah Skills di Tengah Kesibukan Mama

Yuk, Ma dicoba supaya tetap produktif di tengah keibukan sehari-hari.

3 April 2020

5 Langkah Menambah Skills Tengah Kesibukan Mama
entitymag.comue5

Menjadi seorang Mama merupakan salah satu peran berharga yang tidak dapat digantikan, karenanya diperlukan ketekunan, keuletan serta kesabaran. Namun, pekerjaan seperti mengurus anak dan keperluan rumah tangga terkadang membuat Mama kerap kewalahan untuk sekedar meningkatkan atau menambah skills dirinya sendiri.

Nah, untuk para Mama millennial yang ingin tetap berwawasan luas serta meningkatkan keterampilan, simak lima cara ini yang telah Popmama.com rangkum untuk Mama:

1. Membuat jurnal pencapaian skills yang ingin diasah

1. Membuat jurnal pencapaian skills ingin diasah
Pexels.com/Negative Space

Mama pasti memiliki impian khusus terkait kemampuan yang ingin dipelajari maupun ditekuni. Maka diperlukan catatan harian yang berisikan apa saja yang ingin Mama capai dan bagaimana cara pencapaian di setiap harinya.

Memang butuh effort yang lebih, namun dengan cara ini, perlahan kemampuan Mama pasti akan meningkat karena mendapat amunisi semangat dari milestone yang dibuat.

Editors' Picks

2. Memiliki durasi waktu untuk meningkatkan skills walau hanya 10 menit

2. Memiliki durasi waktu meningkatkan skills walau ha 10 menit
Pexels.com/Andrea Piacquadio

Waktu khusus ini mungkin harus mencuri-curi waktu di sela aktivitas yang ada. Misalnya dengan bangun pagi lebih awal, atau memaksimalkan waktu sambil menunggu anak belajar atau tidur. Tujuan waktu khusus ini adalah untuk memberikan kesempatan Mama dalam mengasah kemampuan yang ingin dicapainya.

3. Meluangkan waktu untuk mengunduh materi podcast atau tayangan edukatif

3. Meluangkan waktu mengunduh materi podcast atau tayangan edukatif
universe.byu.edu

Salah satu cara efektif yang dapat digunakan adalah meningkatkan wawasan dengan mendengarkan podcast maupun media lain yang dapat memberikan update informasi. Caranya, saat terkoneksi WiFi atau memiliki akses internet, pilih beberapa materi podcast serta tayangan yang dapat Mama dengarkan saat waktu luang.

Dijamin, tayangan atau materi podcast tersebut membuat Mama millennial tidak akan ketinggalan informasi, minimal saat berdiskusi dengan tetangga ataupun keluarga.

4. Memaksimalkan memasak atau aktivitas lain dengan podcast atau siaran radio

4. Memaksimalkan memasak atau aktivitas lain podcast atau siaran radio
eatright.org

Aktivitas rumah tangga seperti memasak atau mencuci dapat diselingi dengan mendengarkan podcast maupun materi lainnya, loh. Sambil masak, Mama juga bisa dapat informasi update. Menggabungkan aktivitas harian dengan mendengarkan informasi baru akan membuat wawasan Mama semakin luas loh!

5. Tetap berkreasi saat menggendong si buah hati

5. Tetap berkreasi saat menggendong si buah hati
metro.co.uk

Memiliki anak pasti akan melahirkan tantangan tersendiri, maka aktivitas menggendong pun tetap tak boleh dilewatkan begitu saja. Sambil menggendong, Mama bisa membaca buku atau mungkin berkreasi kerajinan tangan dengan merajut.

Tertarik untuk mencobanya, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.