9 Cara untuk Mengatasi Kecemasan pada Keluarga Selama Pandemi Covid-19

Apa saja ya, Ma?

3 April 2020

9 Cara Mengatasi Kecemasan Keluarga Selama Pandemi Covid-19
iancleary.com

Karantina yang dilakukan selama pandemik covid-19 bisa memiliki dampak buruk pada sebagian masyarakat yang merasakannya. Selain menimbulkan kerugian pada sisi finansial, isolasi yang dilakukan dalam waktu yang tak menentu ini akan membuat sebagian orang mengalami kecemasan.

Apalagi ditambah dengan munculnya berita mengenai jumlah kasus covid-19 yang terus meningkat, tentunya hal itu akan mengkhawatirkan siapa pun, termasuk orang-orang yang mengalami gangguan mental seperti emosi yang tidak stabil dan kecemasan yang berlebihan.

Jadi, apa yang dapat kamu lakukan jika kamu dan keluarga mengalami kecemasan yang berlebihan selama masa isolasi? Simak tips berikut yang dapat membantu menenangkan pikiran ketika sedang mengalami kecemasan yang telah Popmama.com rangkum:

1. Fokus pada apa yang dapat kamu kontrol

1. Fokus apa dapat kamu kontrol
Shutterstock/ucchie79

Ada hal-hal yang tidak bisa kamu kendalikan selama pandemi seperti harga dolar yang naik, kebijakan lockdown, penolakan WNA datang, dan sebagainya. Dengan demikian, jangan terlalu memikirkan hal-hal tersebut.

Sebaliknya pikirkanlah beberapa hal yang benar-benar dapat kamu kendalikan, seperti mencuci tangan, batuk tutup dengan siku tangan, lakukan social distancing. Dengan memberikan pikiran dan energi untuk hal-hal yang dapat kamu jangkau dapat membantu dalam menenangkan pikiranmu.
 

2. Istirahat dari Media Sosial

2. Istirahat dari Media Sosial
Pxhere

Bermain media social mungkin bisa kamu gunakan untuk menghibur diri sendiri, namun bermain media social terlalu sering dapat menyebabkan perasaanmu menjadi tidak nyaman, tidak aman, serta meningkatnya rasa takut.

Untuk itu kamu perlu menetapkan satu waktu dimana kamu dan keluarga benar-benar beristirahat dari penggunaan social media. Hal seperti itu akan membantumu menghilangkan penyebab stres sehingga kamu akan memiliki lebih banyak waktu quality time bersama keluarga.

3. Memulai hobi baru

3. Memulai hobi baru
Freepik/senivpetro

Mungkin adakalanya kamu bosan melakukan movie marathon beberapa film di Netflix selama berjam-jam sambil menikmati cemilan. Alih-alih meneruskan kegiatan tersebut, mulailah hobi baru dengan keluargamu yang dapat membantumu dalam menghilangkan stres.

Kamu bisa mencoba hal-hal seperti merajut, merenda, memasak, atau bahkan yoga. Jika terpaut jarak, kamu bisa melakukan kegiatan-kegiatan tersebut sambil video call/ bertatap muka.

Editors' Picks

4. Buat Jadwal di setiap harinya

4. Buat Jadwal setiap harinya
Pixabay/Tero Vesalainen

Akui saja selama masa karantina pasti sangat mudah bukan untuk jatuh ke dalam rutinitas yang tidak sehat secara terus-menerus. Dimulai dari kegiatan rebahan yang tak menentu hingga menunda-nunda pekerjaan yang justru akan menambah kecemasan selama pandemik berlangsung.

Untuk itu tetapkanlah jadwal untuk setiap harinya dan jangan lupa agar menyisipkan kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga ya, Ma!

5. Merawat diri itu penting

5. Merawat diri itu penting
Freepik/prostooleh

Merawat diri atau self love adalah cara terbaik bagi kamu untuk mengurangi stres. Itulah mengapa penting untuk mendorong diri sendiri, pasangan, atau anakmu untuk melakukan hal-hal yang dapat memanjakan diri sendiri. 

Bisa bisa melakukan self love dengan membaca buku, mengatur atau membersihkan ruang yang berantakan, mandi dengan lilin aromatheraphy dan suara-suara yang menenangkan, atau hanya mengambil beberapa saat untuk beristirahat dengan mendengarkan musik bersama keluarga.

Sesuatu yang sederhana seperti melakukan masker wajah pun cukup untuk meredakan kecemasan yang berlebihan, jadi temukan hal yang dapat membuatmu tenang ya, Ma!

6. Lakukan olahraga dirumah

6. Lakukan olahraga dirumah
Freepik/jcomp

Olahraga adalah salah satu cara paling ampuh untuk mengurangi rasa cemas, hal ini disebabkan oleh ledakan endorfin yang kamu dapatkan setelah berkeringat. Untuk itu, kamu bisa mencoba melakukan home workout di rumah dengan berbagai video tutorial yang dapat kamu lihat di internet termasuk zumba, cardio hit, yoga, pilates, aerobic, dan sebagainya.

Jika kamu membutuhkan udara segar, lari atau berjalanlah di sekitar rumahmu dan tetap perhatikan social distancing ya, Ma!

7. Buat happy hours versi dirimu sendiri

7. Buat happy hours versi dirimu sendiri
Freepik

Buat juga happy hour versi mu yang menyenangkan pada akhir pekan. Entah itu dengan membuat minuman ala cafe terkenal atau cukup menyisihkan waktu untuk membicarakan hal-hal ringan yang tidak berkaitan dengan covid-19. Kamu juga bisa membuat pesta kecil-kecilan seperti menyediakan cemilan sambil karoke dan menari.

8. Fokus pada Rasa Syukur

8. Fokus Rasa Syukur
Freepik/Katemangostar

Detoksifikasi mental dengan meluangkan waktu untuk merenung dan berterima kasih atas hal-hal kecil. Rasa syukur juga dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk mengatasi kecemasan.

9. Coba Teleterapi

9. Coba Teleterapi
undertheradarblog.com

Jika kamu atau keluarga mengalami kecemasan yang cukup parah, cobalah untuk melakukan teleterapi yang tersedia 24/7 menggunakan media online, face time, dan bahkan aplikasi seperti halodoc atau gomed untuk berkomunikasi dengan dokter selama epidemi covid-19.

Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.