Ada 15 Kasus Hepatitis Akut Misterius di Indonesia, Harus Waspada!

Sampai saat ini belum diketahui virus penyebab hepatitis akut misterius

9 Mei 2022

Ada 15 Kasus Hepatitis Akut Misterius Indonesia, Harus Waspada
Freepik/karlyukav

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengumumkan bahwa ada 15 kasus hepatitis akut di Indonesia pada Senin (9/5/2022). Kenaikan angka tersebut dihitung setelah Kemenkes meningkatkan kewaspadaan dalam dua pekan terakhir. 

Penyakit hepatitis akut misterius pertama kali diumumkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak awal bulan April yang ditemukan di Eropa, Amerika, dan Asia. Kewaspadaan terus meningkat usai tiga pasien anak dari Jakarta meninggal diduga karena Hepatitis Akut.

Berikut beberapa fakta selengkapnya terkait 15 kasus hepatitis akut di Indonesia yang telah Popmama.com rangkum. 

Editors' Picks

1. Di Indonesia ditemukan tiga kasus sejak 27 April 2022

1. Indonesia ditemukan tiga kasus sejak 27 April 2022
theconversation.com

Di Indonesia sendiri, hepatitis akut telah ditemukan sejak 27 April 2022. Saat itu ditemukan 3 kasus di Jakarta, tepatnya di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo. 

Ketiga pasien tersebut merupakan rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Gejala yang ditemuka pada ketiga pasien ini adalah mual, muntah, diare, demam, kuning, kejang, dan penurunan kesadaran. 

2. Bertambah di Indonesia dengan total 15 kasus

2. Bertambah Indonesia total 15 kasus
Freepik

Budi Gunadi Sadikin mencatat ada 15 kasus hepatitis akut misterius ditemukan di Indonesia.

"Tanggal 27 April, Indonesia menemukan tiga kasus di Jakarta dan kita keluarkan edaran agar semua rumah sakit dan Dinsos melakukan surveillance. Sampai sekarang di Indonesia ada 15 kasus," kata Budi melalui YouTube Sekretariat Presiden.

Kenaikan angka tersebut ditemukan sejak 27 April 2022 setelah Kemenkes meningkatkan kewaspadaan dalam dua pekan terakhir usai WHO menyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) pada kasus Hepatitis Akut yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika, dan Asia.

3. Belum ditemukan penyebab penyakit misterius tersebut

3. Belum ditemukan penyebab penyakit misterius tersebut
Abcnews.go.com

Selanjutnya, Budi Gunadi selaku Menkes juga belum bisa memastikan virus apa yang 100 persen menyebabkan adanya hepatitis akut tersebut, kemungkinan besar adalah Adenovirus F type 41, tetapi ada juga banyak kasus yang tak ada Adenovirus F type 41 ini. 

Kemenkes saat ini tengah melakukan koordinasi dan diskusi dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat dan Inggris. 

Itulah informasi terkait 15 kasus hepatitis akut misterius di Indonesia yang semakin bertambah. Usahakan selalu waspada dan tetap menjaga kesehatan anak ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk