7 Spot Wisata Pantai Menyenangkan saat Berkunjung ke Sumatera Barat

Selain dikenal dengan kulinernya, Sumatera Barat juga memiliki pesona pantai yang indah lho!

22 Mei 2022

7 Spot Wisata Pantai Menyenangkan saat Berkunjung ke Sumatera Barat
Instagram/Ekahei

Berwisata ke Sumatera Barat akan menjumpai ragam destinasi lengkap mengenai pesona keindahan alam. Dari mulai pemandangan hamparan sawah, lembah, gunung, sungai, air terjun, danau hingga pantai. Nah, berbicara mengenai pantai selalu menyimpan cerita berlibur yang menyenangkan, bukan?

Birunya laut, pasir nan bersih dan suara ombak menjadikan pantai sebagai salah satu destinasi liburan favorit keluarga. Dan, Sumatera Barat menyimpan pesona pantai yang menakjubkan akan keindahan alamnya.

Berikut rekomendasi 7 pantai di Sumatera Barat yang sudah Popmama.com rangkum dan dapat menjadi referensi liburan keluarga saat berada di Ranah Minang tersebut.

1. Memanjakan Mata di Kawasan Wisata Mandeh, Pesisir Selatan

1. Memanjakan Mata Kawasan Wisata Mandeh, Pesisir Selatan
Instagram.com/ mikhsyaban

Berada di Kecamatan Kota XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, kawasan wisata Mandeh menawarkan keindahan pesona alam yang membuat Mama dan keluarga berdecak kagum. Saking indahnya, kawasan ini bisa dikatakan sebagai Raja Ampatnya pulau Sumatera.

Kawasan wisata Mandeh terdiri dari tujuh desa dan tiga nagari (sebutan untuk daerah administrasi sesudah kecamatan di Sumatera Barat) yang memiliki banyak destinasi berupa hutan bakau, pulau, air terjun dan tentu saja pantai. Untuk dapat menikmati keindahan mangrove bisa mendatangi pulau Kapo-Kapo, dan jika ingin bermain di air terjun bisa mengunjungi air terjun Gemuruh, Mandeh.

Adapun beberapa pulau yang terkenal di Kawasan wisata Mandeh diantaranya adalah Pulau Cubadak, Pulau Setan yang memiliki pasir agak kemerah-merahan, dan Pulau Sironjong Gadang yang menjadi tempat terbaik untuk snorkeling. Untuk menuju pulau-pulau tersebut terdapat banyak jasa penyewaan perahu sekaligus tour guide yang berada di kawasan Mandeh.

Oh, ya Mama dan keluarga juga lho bisa menyaksikan eksotik pemandangan Mandeh yaitu pesona gugusan pulau-pulau kecil dari Puncak Mandeh. Dijamin memanjakan mata dan menyenangkan hati serta menyegarkan pikiran.

2. Menikmati Pantai Carocok dan Bermain di Pulau Cingkuak, Painan, Pesisir Selatan

2. Menikmati Pantai Carocok Bermain Pulau Cingkuak, Painan, Pesisir Selatan
Instagram.com/ andrian_pamula

Masih berada dalam kawasan Pesisir Selatan, tepatnya di Painan. Pantai Carocok salah satu destinasi pantai yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Ketenangan ombak laut dan terdapat fasilitas area bermain anak-anak menjadi kawasan pantai favorit kala liburan. Di tempat ini juga terdapat masjid megah yaitu Masjid Samudera Ilahi atau dikenal dengan Masjid Terapung.

Namun, jika ingin lebih puas bermain pasir, disarankan untuk menyeberang ke Pulau Cingkuak dengan biaya transportasi kapal pergi-pulang Rp30.000,-/orang dari Pantai Carocok. Pasalnya, di Pulau Cingkuak Mama dan keluarga akan lebih puas menikmati liburan pantai. Ombak nan tenang untuk bermain air laut, dan juga terdapat fasilitas Jetski serta banana boat.

Editors' Picks

3. Bersantai di Pantai Nirwana, Padang

3. Bersantai Pantai Nirwana, Padang
Instagram.com/pratamaeghi92

Berada tak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur, Padang, Pantai Nirwana memiliki garis pantai yang panjang dan sangat cocok untuk area bermain si Kecil. Dari tempat ini kita dapat menyaksikan pemandangan beberapa kapal yang bersandar di pelabuhan.

Di Pantai Nirwana juga terdapat terumbu karang dan pepohonan kelapa yang menambah pesona asri keindahan pantai. Suasana yang tenang serta suara ombak nan lembut, hamparan pasir bewarna putih merupakan daya tarik pantai ini untuk bersantai saat liburan bersama keluarga.

4. Memanjakan Lidah dengan Kuliner Khas Minangkabau di Pantai Muaro Lasak, Padang

4. Memanjakan Lidah Kuliner Khas Minangkabau Pantai Muaro Lasak, Padang
Instagram.com/ekahei

Berada dekat dengan pusat kota, yaitu tepatnya di Purus, Kelurahan Rimbo Kaluang, Kec. Padang Barat, pantai ini menjadi salah satu tempat favorit untuk nongkrong menikmati suara debur ombak dan bermain bersama keluarga. Pantai Muaro Lasak juga berdekatan dengan keberadaan Monumen Merpati Perdamaian dan Pantai Purus.

Karena berhadapan dengan samudera Hindia dengan pemandangan laut lepas, ombak di pantai ini cukup besar. Terdapat bebatuan pemecahan ombak yang menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung. Pantai Muaro Lasak sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga di penghujung sore kala berada di kota Padang.

Terdapat ragam kuliner dan cemilan khas Ranah Minang seperti pensi, langkitang dan kerupuk kuah sate yang mengugah selera. Selain itu, juga terdapat deretan kedai kopi dan tempat makan yang menyajikan kesegaran olahan seafood yang siap memanjakan perut Mama dan keluarga.

5.Istirahat Sejenak di Pantai Tiram, Padang Pariaman

5.Istirahat Sejenak Pantai Tiram, Padang Pariaman
Instagram.com/r_dsky

Berada di daerah Tapakis, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman Pantai Tiram menawarkan ketenangan pantai yang nyaman untuk liburan keluarga. Pesona keindahan pantai berdampingan dengan wisata kuliner yang lezat kala berada di kawasan pantai.

Saat memasuki kawasan Pantai Tiram, kita disambut dengan pemandangan asri pepohonan pinus yang memanjakan mata. Pasir bibir pantai yang memanjang, deburan ombak dan angin laut yang menyejukan membuat pantai ini cocok untuk tempat bersantai dan istirahat sejenak dari hiruk pikuknya perkotaan. Serunya ada penyewaan hammock yang membuat kegiatan bersantai jadi lebih nyaman.

Selain itu terdapat rawa muara atau disebut juga Talao yang berarti telaga yang menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Tiram. Di Talao ini terdapat jembatan penyeberangan menuju bibir pantai. Oh, ya juga ada hutan bakau dan dijamin bikin betah berlama-lama di Pantai Tiram.

6. Ke Pantai Gandoriah dan Bermain di Pulau Angso Duo, Pariaman

6. Ke Pantai Gandoriah Bermain Pulau Angso Duo, Pariaman
Instagram.com/ekahei

Terletak di kota Pariaman, Pantai Gandoriah memiliki garis pantai yang luas dengan pemandangan pulau-pulau kecil di seberangnya. Kontur pantainya landai, membuat kawasan ini kerap dijadikan area bermain ombak pantai atau berenang di pinggir pantai.

Banyak wahana bermain untuk si Kecil seperti bersepeda atau bermain mobil-mobilan yang disewakan. Namun, jika butuh ketenangan ada baiknya untuk menyeberang ke pulau Angso Duo yang berada di seberang pantai. Pulau tersebut menawarkan keindahan hamparan pasir pantai bewarna putih serta laut nan jernih yang menyejukan mata dipadu pemandangan asri pepohonan kelapa.

Untuk menyeberang pulau, jangan khawatir ada banyak penawaran jasa tour ke Pulau Angso Duo dari pantai Gandoriah pulang pergi. Lepas bermain di pulau, dan kembali ke Gandoriah, jangan lupa menikmati kelezatan kuliner masakan Pariaman.

7. Bermain di Pantai Talao Indah, Pariaman

7. Bermain Pantai Talao Indah, Pariaman
Instagram.com/dinasyahlini

Berada di Jalan Pasir Pauh, Pariaman Tengah, pantai ini menawarkan pesona lanskap laut lepas yang menyenangkan. Kawasan Pantai Talao Indah cukup luas dimana terdapat telaga yang dalam bahasa Minangkabau disebut dengan Talao.

Penataan kawasan tersebut cukup rapi dan bersih sehingga cocok sebagai destinasi bersantai bersama keluarga. Terdapat kolam ikan, taman bunga dan gazebo-gazebo, serta jembatan yang didesain dengan menarik. Di Talao indah ini juga terdapat wahana sepeda air dan juga ada penyewaan sepeda untuk menelusuri bibir pantai seraya menikmati angin pantai. Menyenangkan, bukan?

Itulah beberapa pantai yang berada di Sumatera Barat yang bisa dinikmati saat liburan bersama keluarga. Pastikan untuk menggunakan baju yang nyaman dan memakaitabir surya ya saat berlibur ke pantai.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk