7 Hal yang Bisa Meningkatkan Kerja Otak Mama

Tak lagi jadi Mama yang pelupa, deh!

23 Oktober 2020

7 Hal Bisa Meningkatkan Kerja Otak Mama
Freepik/cookie_studio

Begitu banyak yang harus diperhatikan saat menjadi Mama. Sehingga, tak jarang malah banyak hal terlupa dan beberapa ingatan pun seperti hilang begitu saja.

Menurut The New York Times, pada dasarnya kehamilan membuat sistem otak perempuan berubah selamanya. Namun, rumor mengenai sulitnya Mama mencerna hal setelah melahirkan tetap masih diteliti lebih lanjut. 

Bagaimanapun, jika Mama cenderung melupakan banyak hal dan kewalahan dengan hal itu, mari lakukan beberapa kegiatan yang dirangkum Popmama.com yang bisa meningkatkan fungsi otak. 

1. Menempatkan benda di tempat sesuai

1. Menempatkan benda tempat sesuai
Diaperchange.tubidyindir.com

Menjadi Mama pasti banyak sekali yang dipikirkan dan dilakukan. Beberapa hal kecil seperti di mana menaruh charger ponsel atau menaruh kunci mobil bisa dengan mudahnya terlupa. 

Semakin sering menempatkan benda dengan sembarangan, akan membuat ingatan makin kesulitan bekerja. 

Salah satu cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan mulai merapikan beberapa titik di rumah. Tempatkan beberapa benda bersama, seperti aneka kunci, aneka charger, dan sejenisnya. 

Dengan begitu, Mama bisa langsung mencari benda yang diinginkan saat dibutuhkan. Tapi ingat, jangan lupa mengembalikan ke tempatnya setelah selesai menggunakan, ya!

2. Mengonsumsi makanan yang meningkatkan daya otak

2. Mengonsumsi makanan meningkatkan daya otak
Freepik/timolina

Istilah kamu adalah apa yang kamu makan bisa dibilang benar adanya. Semakin rutin kamu mengonsumsi makanan sehat, semakin baik sistem kerja tubuhmu, termasuk kerja otak. 

Beberapa makanan seperti brokoli dan kembang kol sangat baik untuk membantu menguatkan ingatan. Sementara salmon, minyak zaitun murni, dan kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan otak. 

Rutin mengonsumsi makanan seperti itu bisa membantu meningkatkan kinerja otak Mama. 

Editors' Picks

3. Tetap menjalin pertemanan 

3. Tetap menjalin pertemanan 
Freepik/Racool_studio

Menurut Mayo Clinic, penting sekali untuk tetap menjaga pertemanan dengan baik meski setelah menikah dan punya anak. 

Jika sepanjang waktu mengurus rumah dan anak terasa tak ada habisnya dan selalu menyita waktu, sempatkanlah untuk me-time dan hangout dengan teman-teman. 

Ada koneksi penting antara menjaga pertemanan yang sehat dan meningkatnya kesehatan mental, termasuk perbaikan ingatan dan fokus. 

Saat kebutuhan ini sudah terpenuhi, Mama juga bisa lebih gembira menjalani peran sebagai ibu. 

4. Rutin berolahraga

4. Rutin berolahraga
Freepik/user18526052

Berolahraga tak hanya baik untuk menjaga bentuk tubuh, tapi juga untuk perkembangan otak. Menurut Art of Simple, otak yang memiliki lebih banyak oksigen akan lebih aktif dibanding yang tidak. 

Meski memiliki anak mungkin membuatmu jadi sulit berolahraga kapan saja, namun masih banyak kegiatan sejenis yang bisa dilakukan.

Beberapa contohnya adalah yoga di rumah, jogging di pagi hari, atau sekadar melakukan gerakan pemanasan di waktu-waktu luang. 

5. Memiliki rutinitas di setiap harinya

5. Memiliki rutinitas setiap harinya
Freepik/Racool_studio

Memiliki rutinitas yang bisa dilakukan berulang setiap harinya juga baik untuk ingatan Mama. Dengan begitu, Mama bisa tahu tahapan apa saja yang sudah dan belum dilakukan. 

Meski dalam hidup, jenis kegiatan akan terus berubah, namun jika terbiasa memiliki rutinitas tetap dalam hidup, ingatan kamu bisa lebih kuat dan terasah. 

6. Pastikan untuk memiliki jam tidur yang cukup

6. Pastikan memiliki jam tidur cukup
shutterstock
Ilustrasi tidur.

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa tidur yang cukup sangatlah penting bagi kesehatan. 

Tak hanya untuk semangat dan aktif, namun memberikan tubuh istirahat yang cukup dan berkualitas bisa juga membantu memperbaiki sel-sel di otak. 

Jika kamu merasa terlalu sering lupa dan terlewat banyak hal, mungkin sudah waktunya untuk tidur lelap dalam waktu yang lebih dari 4 jam. Di waktu itulah, sel-sel otak akan beristirahat dan bisa kembali diperbaiki. 

7. Hindari melakukan hal secara multitasking

7. Hindari melakukan hal secara multitasking
Shutterstock/Nicoleta Ionescu

Banyak yang mengatakan bahwa perempuan terlahir dengan bakat multitasking. Namun saat menjadi Mama, kemampuan ini terasa sedikit menurun. 

Memang, kamu bisa saja melakukan segalanya secara bersamaan, hanya saja tidak semua bisa selesai dengan tepat. Ada kalanya kamu melupakan beberapa hal di antaranya. 

Keran air lupa dimatikan, kompor lupa dimatikan, pagar belum ditutup, dan masih banyak lagi. 

Jika tak mampu, tak perlu memaksakan diri. Menyadari kemampuan diri sendiri sangatlah penting agar tidak memforsir tubuh dan pikiran. 

Lakukan saja apa yang kamu anggap mampu dan jadilah yang terbaik. Tak perlu memaksakan multitasking, cukup selesaikan satu per satu dan otak pun akan berterima kasih padamu. 

Itulah 7 cara untuk meningkatkan kinerja otak Mama yang bisa dilakukan setiap hari. Yuk, mulai diterapkan!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.