Psikolog Ungkap Lagu dapat Memberikan Stimulasi untuk Otak Anak

Jika ingin anak-anak memiliki gizi seimbang, Mama bisa memberikan stimulasi positif lewat lagu

31 Agustus 2020

Psikolog Ungkap Lagu dapat Memberikan Stimulasi Otak Anak
raisingchildren.net.au

Permasalahan gizi pada anak-anak memang perlu diperhatikan dengan sangat baik, sehingga perlu sekali peran orangtua dalam persoalan ini. 

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menemukan tingkat stunting di Indonesia mencapai 30,8 persen. Kondisi ini telah menurun dibandingkan tahun 2013 yang mencapai 37,2 persen.

Mama sebagai orangtua pun perlu menggunakan strategi lain agar mampu memenuhi kebutuhan nutrisi anak, termasuk melalui sebuah lagu. 

Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., sebagai psikolog anak mengatakan bahwa lagu memiliki banyak pesan positif untuk anak-anak.

Penelitian pun mengatakan bahwa lagu mampu menanamkan karakter positif untuk anak-anak. Walau terkesan sepele, namun lagu bisa digunakan sebagai media belajar untuk mendukung pesan dari pembelajaran tematik. 

Jika Mama ingin mengetahui beberapa rangkuman terkait peran lagu sebagai inovasi baru yang membantu pemenuhan gizi anak, kali ini Popmama.com telah merangkumnya secara detail. 

Editors' Picks

1. Apa aja manfaat yang bisa dirasakan oleh anak saat belajar lewat lagu?

1. Apa aja manfaat bisa dirasakan oleh anak saat belajar lewat lagu
liveabout.com

Pendampingan anak-anak terhadap ketika mengajarkan sesuatu melalui lagu memang perlu dilakukan oleh orangtua. Tidak hanya membiarkan anak untuk mendengarkan lagu itu saja, namun penting sekali membuat model pembelajaran ini semakin menyenangkan. 

Media yang menyenangkan serta pendampingan orangtua dapat membantu perkembangan anak semakin optimal. 

Menurut Anna Surti Ariani sebagai psikolog, ada beragam manfaat yang bisa dirasakan oleh anak saat belajar melalui sebuah lagu antara lain: 

  • Menambah keleluasaan wawasan dan kosa kata tertentu.
  • Membuat proses belajar semakin efektif dan punya inovasi tersendiri. 
  • Anak menjadi belajar untuk mengikuti aturan lewat ketukan sebuah lagu. 
  • Meningkatkan kemampuan anak terhadap fokus, konsentrasi dan daya ingat.  
  • Memberikan pesan positif, sehingga anak termotivasi untuk melakukan hal-hal baik. 
  • Menimbulkan rasa senang karena dapat meningkatkan imunitas tubuh dan terhindar dari stres. 

2. Bagaimana peran lagu bisa efektif dalam membentuk perilaku anak?

2. Bagaimana peran lagu bisa efektif dalam membentuk perilaku anak
summitmedia-digital.com

Menurut Anna Surti Ariani, pembelajaran lewat lagu dapat diberikan kepada anak-anak di waktu yang memang tepat. Jika lagu yang ingin diperdengarkan terkait pola makan sehat, ada baiknya cari waktu saat jam makan anak. 

Pengulangan lagu juga penting dilakukan agar makna dari liriknya tersampaikan dengan baik, lalu dicerna. Berikan penekanan pada kalimat-kalimat tertentu dan jelaskan sesuai dengan usianya agar si Kecil semakin paham. 

"Lagu dapat menjadi salah satu alat pendidikan yang menyenangkan untuk anak. Lewat lagu akan ada stimulus yang positif terhadap perilaku dan pola pikir anak-anak," ucap Anna Surti Ariani. 

Lagu-lagu yang sarat akan makna mampu menanamkan karakter anak menjadi semakin positif. 

Tertarik mulai menggunakan lagu sebagai media belajar si Kecil nggak nih, Ma?

3. Apa saja langkah-langkah yang bisa dilakukan agar lagu bisa menjadi media pembelajaran?

3. Apa saja langkah-langkah bisa dilakukan agar lagu bisa menjadi media pembelajaran
Unsplash/Kazuend

Sebuah lagu yang diperdengarkan kepada anak-anak tentu akan membuat si Kecil merasa bahagia. Dengan begitu, maka otak anak akan bekerja lebih lancar dalam menerima pembelajaran yang diberikan oleh orangtuanya. 

"Pada anak usia dini memang membutuhkan sesuatu yang sangat konkret dan menyenangkan. Hal ini membantu anak memahami dan menangkap segala nasihat baik, termasuk saat sedang memperdengarkan sebuah lagu sebagai media belajar," kata Anna Surti Ariani. 

Jika Mama sedang ingin memperkenalkan gizi seimbang melalui sebuah lagu, ada beberapa langkah yang bisa diperhatikan antara lain: 

  • Cobalah untuk memperdengarkan lagu sebelum sesi jam makan anak atau bisa juga selama proses makan berlangsung. 
  • Ajak dan bantu anak mengamati setiap lirik yang ada di dalam lagu tersebut. 
  • Berikan penjelasan sekaligus menunjukkan makanan apa yang memang tergolong bernutrisi, mulai dari buah, sayur, karbohidrat hingga protein. 
  • Ajak anak untuk makan sekaligus mengingat kosa kata yang ada di dalam lagu. Ini dilakukan agar lirik lagu tersebut benar-benar terekam di otak anak. 
  • Setelah selesai makan, ajak kembali anak menyanyikan lagu itu. Demi meminimalisir rasa bosan, cobalah untuk menggunakan gerakan agar anak semakin senang.

Itulah beberapa rangkuman yang bisa menambah informasi serta pengetahuan baru bahwa lagu dengan lirik mendidik mampu memberikan stimulasi terhadap otak anak. 

Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat untuk perkembangan si Kecil ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.