6 Rekomendasi Suplemen Ibu Hamil untuk Mendukung Kecerdasan Otak Janin

Perkembangan otak janin dimulai pada usia kehamilan 6 minggu, Ma

13 Oktober 2020

6 Rekomendasi Suplemen Ibu Hamil Mendukung Kecerdasan Otak Janin
freepik.com/user14699452

Memasuki usia kehamilan enam minggu, otak janin sudah mulai berkembang. Perkembangan ini akan berlangsung sejak ia masih ada di dalam kandungan sampai tumbuh besar nanti.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mendukung perkembangan otak janin. Mama dapat melakukannya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan suplemen yang mendukung perkembangan otak.

Beberapa hal yang dapat mendukung perkembangan otak janin antara lain:

  • Memenuhi kebutuhan asam folat
  • Hindari makanan yang mengandung mineral berbahaya
  • Perbanyak protein
  • Olahraga
  • Hindari stres berlebih

Suplemen apa saja yang harus Mama konsumsi? Kali ini Popmama. com akan mengulas mengenai suplemen ibu hamil untuk perkembangan otak janin. Apa saja, ya?

1. Blackmores Pregnancy

1. Blackmores Pregnancy
Tokopedia.com/moermer

Saat hamil, Mama mungkin memiliki kondisi tubuh yang mudah lelah dan sakit. Ini dapat menganggu kesehatan serta janin di dalam kandungan. Maka sebaiknya asupan makanan dilengkapi dengan suplemen vitamin yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. 

Blackmores Pregnancy sebagai suplemen vitamin memiliki kandungan B6 dan asam folat yang bisa membantu kebutuhan nutrisi harian ibu hamil. Perlu Mama ketahui bahwa suplemen yang satu ini sangat penting untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan kecerdasan janin.

Harga Rp 155.000 - Rp 165.000. 

2. Folamil Genio

2. Folamil Genio
Bukalapak.com

Suplemen ini bukan hanya memiliki kandungan asam folat tapi juga memiliki kandungan DHA, ARA, dan beragam vitamin yang baik untuk ibu hamil .Jika dikonsumsi secara rutin, Folamil Genio memberikan manfaat pada perkembangan otak dan saraf janin. Juga mengurangi risiko cacat pada otak.

Meski aman untuk dikonsumsi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk mengetahui dosis yang tepat untuk Mama, ya.

HargaRp 130.000 – Rp 180.000.

    Editors' Picks

    3. Herbs Of Gold Pregnancy Plus Breastfeeding

    3. Herbs Of Gold Pregnancy Plus Breastfeeding
    Shopee.co.id

    Herbs Of Gold Pregnancy Plus Breastfeeding ini mengandung asam folat yang dapat mengurangi risiko anak lahir dengan cacat pada otak dan sumsum tulang belakang.

    Kandungan yodium yang ada di dalamnya berguna untuk perkembangan otak  janin. Selain itu, Herbs Of Gold Pregnancy Plus Breastfeeding juga mengandung vitamin B12, biotin yang penting untuk replikasi DNA, vitamin B6, vitamin D, kalsium, dan fosfor.

    Harga Rp 255.000 per 60 kapsul.

    4. Natavit

    4. Natavit
    bukalapak.com

    Suplemen vitamin lain yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil di trimester awal yaitu Natavit. Suplemen berbentuk tablet ini mengandung asam folat, vitamin B kompleks, hingga DHA yang mampu menjaga kesehatan janin dan kecerdasan otak. 

    Natavit yang mampu membantu proses pembentukan sel-sel tubuh ini juga bisa mencegah terjadinya cacat pada bayi.

    Harga Rp 90.000 - Rp 120.000. 

    5. Osfit DHA

    5. Osfit DHA
    Tokopedia.com

    Osfit DHA termasuk salah satu suplemen vitamin yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil di awal-awal kehamilan. Suplemen ini mengandung vitamin D3, kalsium, dan minyak ikan tuna. 

    Osfit DHA dipercaya memiliki banyak manfaat positif untuk kesehatan tubuh. Kandungan DHA dan EPA dalam suplemen vitamin ini pun dapat bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otak janin di dalam perut. 

    Sebelum mengonsumsinya, ada baiknya Mama berkonsultasi dulu dengan dokter, ya.

    Harga Rp 140.000 - Rp 150.000. 

    6. Prolacta DHA

    6. Prolacta DHA
    goapotik.com

    Prolacta DHA for mother termasuk salah satu suplemen vitamin yang sering dikonsumsi oleh ibu hamil karena memiliki beragam manfaat positif. Di dalam Prolacta DHA for mother terdapat kandungan DHA, EPA, kalsium dan vitamin E yang berguna selama masa-masa kehamilan. 

    Selain mampu menambah energi yang dapat disalurkan ke seluruh bagian tubuh, DHA di dalam suplemen ini mampu membantu perkembangan otak janin menjadi lebih sehat dan optimal. Di sisi lain, DHA pun dapat bermanfaat untuk kinerja sistem saraf pusat dan mata. 

    Sebelum dikonsumsi di trimester pertama, ada baiknya untuk tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan.

    Harga Rp 60.000 - Rp 65.000.

    Nah, itu beberapa rekomendasi suplemen ibu hamil untuk kecerdasan otak janin, Ma. Namun pastikan Mama sudah berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.