Ma, Ini 5 Manfaat Posisi Tidur Miring ke Kanan

Untuk yang sedang maag, posisi ini sangat dianjurkan

4 Desember 2020

Ma, Ini 5 Manfaat Posisi Tidur Miring ke Kanan
Freepik/drobotdean

Setiap orang memiliki posisi tidur favorit masing-masing. Salah satu yang terbanyak adalah miring. Popmama.com mengumpulkan manfaat tidur miring ke kanan. 

Saat tidur, kebanyakan orang tidak sadar seperti apa posisinya. Namun ternyata, setiap posisi memiliki keuntungan dan kerugiannya sendiri. 

Nah, untuk posisi tidur miring ke kanan, ada banyak manfaat yang baik untuk tubuh. 

Apa saja ya?

1. Meminimalisir beban jantung

1. Meminimalisir beban jantung
Freepik/nakaridore

Saat tidur miring ke kiri, jantung akan tertimpa banyak organ lain. Nah, ketika memilih tidur miring ke kanan, maka jantung pun berkurang bebannya. 

Hasilnya, darah akan mengalir lebih merata dan terkonsentrasi di bagian kanan tubuh. Selain itu, denyut jantung akan lebih lambat dan tekanan darah akan menurun. Ini dikarenakan aliran darah yang masuk dan keluar jantung lebih lambat. 

Dengan kata lain, tak hanya kamu saja yang tidur, tapi jantung juga beristirahat. 

Editors' Picks

2. Mengurangi sakit maag

2. Mengurangi sakit maag
Freepik

Dalam agama Islam, ada anjuran Nabi Muhammad SAW untuk tidur menghadap kanan. Selain bisa mengikuti anjuran Nabi, saat tidur miring kanan juga membantu menjaga kesehatan lambung. 

Begitu juga ketika kamu punya sakit maag, maka dokter pun menyarankan tidur miring kanan. Saat miring ke kiri, asam di lambung tertahan dan mudah meluap ke atas. 

Maka dari itu, sebaiknya tidur menghadap kanan agar asam lambung yang terbentuk bisa langsung turun ke usus 12 jari. 

3. Mengistirahatkan otak kiri

3. Mengistirahatkan otak kiri
Freepik/cookie_studio

Otak kiri berfungsi dalam hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, dan menghitung. 

Otak kiri juga menggerakkan semua bagian tubuh di bagian kanan. Di mana, kebanyakan kegiatan manusia menggunakan bagian kanan tubuh. 

Saat kamu memilih tidur dengan miring ke kanan, berarti kamu memberikan waktu istirahat untuk otak kiri dan memberikan otak kanan pekerjaan. 

4. Membantu menyerap nutrisi lebih baik

4. Membantu menyerap nutrisi lebih baik
Freepik/cookie_studio

Saat sedang tidur, pergerakan usus akan lebih meningkat. Ketika memilih posisi tidur miring ke kanan, perjalanan makanan yang telah dicerna akan bergerak lebih lambat. 

Hal ini dikarenakan posisi usus halus dan usus besar berada di bagian bawah. Saat makanan diproses lebih lambat, memungkinkan zat-zat penting yang ada di dalam makanan bisa terserap secara optimal. 

5. Mengurangi beban pada kaki kiri

5. Mengurangi beban kaki kiri
Freepik/jcomp

Mungkin banyak yang tidak sadar, namun saat berdiri, kaki kiri sering jadi tumpuan dan penyeimbang. Sehingga, kaki kiri lebih rentan merasakan pegal dibanding kaki kanan. 

Saat tidur dengan miring ke kanan, bisa membantu kaki kiri beristirahat. Vena kaki kiri bisa lebih mudah kosong saat tidur miring ke kanan, sehingga pegal di kaki akan lebih cepat hilang. 

Itulah beberapa manfaat tidur miring ke kanan yang bisa kamu coba mulai malam ini. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.