Bisa Bikin Perut Cepat Kenyang, Ini 5 Manfaat Teh Hitam untuk Diet

Sebagai alternatif probiotik dan bisa membantu membakar lemak

25 November 2020

Bisa Bikin Perut Cepat Kenyang, Ini 5 Manfaat Teh Hitam Diet
Freepik

Selama ini, teh hijau selalu jadi pilihan minuman untuk membantu diet. Padahal, teh hitam juga punya manfaat yang tak kalah kaya, termasuk untuk diet. 

Teh merupakan salah satu minuman yang memiliki kandungan kafein. Untuk pilihan diet, banyak orang memilih teh hijau karena sudah dikenal sejak lama. 

Padahal, teh hitam juga memiliki manfaat untuk kesehatan, dan juga diet. Disusun Popmama.com inilah 5 manfaat teh hitam untuk diet.

1. Teh hitam adalah prebiotik

1. Teh hitam adalah prebiotik
Freepik

Sebuah jurnal yang dipublikasi oleh European Journal of Nutrition menemukan bahwa teh hitam juga bekerja sebagai prebiotik untuk melancarkan sistem pencernaan. 

Molekul teh hitam lebih besar dan lebih lama ada di dalam usus. Sehingga kehadirannya bisa membantu mengembangkan mikroorganisme baru dalam mikrobioma. 

Tak hanya rutin mengonsumsi yoghurt atau kefir saja, namun minum teh hitam pun punya manfaat yang mirip. 

Editors' Picks

2. Memicu metabolisme tubuh

2. Memicu metabolisme tubuh
Freepik/8photo

Dalam setiap cangkir teh hitam mengandung 50-80 mg kafein. Itu termasuk kafein dalam konsentrasi yang tinggi. 

Di mana, kafein berkaitan dengan peningkatan energi dan menaikkan tingkat metabolisme tubuh. Dari studi yang dipublikasikan di European Journal of Clinical Nutrition menguji efek kafein pada metabolisme 12 orang dewasa yang sehat. 

Hasil studi acak ini menemukan bahwa diperlukan 50 mg kafein dalam minuman untuk memicu metabolisme. 

Lalu, apa kegunaan kafein ini? Ia bekerja dengan menaikkan suhu tubuh dalam proses termogenesis. Peningkatan suhu memicu reaksi dalam tubuh manusia. Hasilnya, pembakaran lemak pun terjadi. 

Juga, terjadi peningkatan metabolisme vitamin dan nutrisi dalam tubuh.

3. Membantu membuat perut lebih cepat kenyang

3. Membantu membuat perut lebih cepat kenyang
Freepik

Jika tengah bosan dengan teh hijau, kamu bisa menggantinya dengan teh hitam. Teh ini merupakan minuman bebas kalori, tentu jika tidak ditambahkan susu atau gula. 

Menurut sebuah penelitian, minum air sebanyak 500 ml pada 30 menit sebelum makan bisa mempercepat penurunan berat badan. Kamu bisa sesekali mengganti air biasa dengan air teh. Selain rasanya lebih enak, teh hitam juga tidak memiliki kalori sehingga tidak menambah berat badan. 

4. Menyusutkan lemak lebih cepat

4. Menyusutkan lemak lebih cepat
Freepik/KamraAydinov

Teh hitam bisa membantu penurunan berat badan dan distribusi lemak. Ini dikarenakan adanya kandungan polifenol yang dikenal sebagai flavonoid. 

Sebuah studi di jurnal Food & Function menguji efek polifenol teh hitam pada berat badan. Ada 111 laki-laki dan perempuan yang minum teh secara reguler. 

Pada penelitian, mereka dibagi menjadi dua kelompok, yaitu mereka yang minum teh hitam secara reguler dan mereka yang meminum plasebo (minuman probiotik yang tak ada khasiat apapun). 

Hasilnya, mereka yang minum teh hitam mengalami penurunan berat badan dan lingkar pinggang pun jadi menyusut. Sementara kelompok satunya tidak memiliki perubahan drastis seperti yang minum teh hitam. 

5. Membantu membakar kalori

5. Membantu membakar kalori
Pexels/Pixabay

Asupan kafein yang ada di dalam teh hitam bisa membantu membakar kalori. Hal ini diungkapkan dalam sebuah penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi teh hitam pada pagi hari bisa membantu membakar kalori sepanjang hari. 

Meski begitu, konsumsi teh hitam harus dibarengi dengan makanan sehat dan kaya nutrisi lainnya. Terlebih, kandungan kafeinnya yang tinggi sehingga harus diimbangi dengan air putih yang cukup. 

Itulah manfaat mengonsumsi teh hitam untuk diet. Silahkan dimasukkan dalam daftar makanan dan minuman diet, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.