5 Olahraga Ringan saat Lebaran yang bisa Dilakukan di Rumah

Setelah banyak makan, jangan lupa bergerak ya!

13 Mei 2021

5 Olahraga Ringan saat Lebaran bisa Dilakukan Rumah
Freepik/Rawpixel-com

Lebaran identik dengan makanan enak dan mengobrol asyik bersama keluarga. Agar seimbang, kamu juga perlu olahraga, lho. 

Karena di rumah saja, pasti ada banyak waktu untuk melakukan berbagai hal, termasuk olahraga.  

Setelah menikmati menu Lebaran yang nikmat, kini saatnya menyisihkan waktu untuk bergerak. Dirangkum Popmama.com, inilah beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah aja saat Lebaran. 

1. Naik turun tangga

1. Naik turun tangga
Freepik

Untuk kamu yang punya lantai 2 di rumah, maka bisa melakukan olahraga ringan ini. Kamu cukup naik turun tangga sebanyak beberapa kali dengan kecepatan seperti jogging

Dengan begitu, tubuh bisa kembali aktif dan metabolisme tubuh pun akan lebih baik. Setelah makan berlemak dan berminyak, tentu kamu perlu menjaga kadar lemak di dalam darah, salah satunya yaitu dengan olahraga kardio seperti ini. 

Editors' Picks

2. Push up dan sit up

2. Push up sit up
Freepik

Salah satu olahraga favorit yang cukup lengkap melatih banyak otot adalah push up dan sit up. Kamu bisa melakukan di mana saja, termasuk di kamar atau sambil nonton. 

Push up bisa membantu melatih otot tangan, kaki, dan perut. Sedangkan sit up mampu membakar lemak di perut dengan mudah. 

Satu hal yang harus diperhatikan adalah kamu tidak bisa melakukan olahraga ini dengan perut yang penuh. Jadi, pilih waktu yang tepat, ya!

3. Plank untuk membakar kalori

3. Plank membakar kalori
freepik/shurkin_son

Satu lagi gerakan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah adalah plank. Yang satu ini cukup mudah namun mampu membuat kamu berkeringat. 

Plank memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membakar kalori. Sangat cocok untuk kamu yang baru saja menghabiskan banyak makanan khas Lebaran, nih. 

4. Wall-sit bisa sambil nonton

4. Wall-sit bisa sambil nonton
verywellfit.com
wall sit

Untuk kamu yang cukup malas bergerak di Hari Raya ini, maka bisa lakukan wall-sit. Kamu bisa mencari tembok mana saja dan berdiri tegak sambil menempelkan punggung di tembok. 

Kemudian turunkan badan dan tekuk lutut seperti sedang duduk di atas kursi. Setelah 3 detik, berdirilah kembali dengan perlahan. Lakukan berulang sampai 10-20 kali. 

Olahraga ini bisa melatih otot perut dan paha serta kaki. Bebas lemak menumpuk deh!

5. Jogging untuk mencari udara segar

5. Jogging mencari udara segar
Freepik/katemangostar

Bosan di rumah seharian? Kamu bisa cari kegiatan di luar dengan melakukan jogging. Pilih sore hari karena siangnya kamu pasti sibuk menghabiskan waktu bersama keluarga. 

Jogging bisa menjaga metabolisme tubuh dan kesehatan jantung serta paru. Selain itu, olahraga ini juga efektif untuk membakar kalori. 

Saat jogging di luar rumah, pastikan untuk mengenakan masker dan tidak berdekatan dengan orang lain, ya. 

Itu dia beberapa olahraga yang tetap bisa kamu lakukan meski sedang Lebaran. Jangan malas, karena penyesalan biasanya datang belakangan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.