Penyebab dan Cara Mengurangi Bau Mulut Selama Puasa

Mulut yang kering jadi penyebab kenapa mulut mudah bau saat puasa

18 April 2021

Penyebab Cara Mengurangi Bau Mulut Selama Puasa
Freepik/Sri_sakorn42

Salah satu masalah umum saat tengah berpuasa adalah bau mulut. Tak peduli meski sudah sikat gigi dengan rajin, tetap saja masih ada baunya. Popmama.com akan mengulasnya dengan lengkap untuk kamu. 

Dalam sehari, disarankan untuk sikat gigi sebanyak 2 kali. Ini bisa mengurangi kemungkinan perkembangan kuman dan bakteri di dalam mulut. 

Sayangnya, meski sudah sering sikat gigi, kadang mulut masih saja mengeluarkan bau tidak sedap saat berpuasa. Untuk itu, drg Anggi Pratiwi mengungkapkan penyebab dan cara menanggulangi bau mulut saat puasa. 

1. Penyebab bau mulut saat puasa

1. Penyebab bau mulut saat puasa
Freepik/ asier_relampagoestudio

Faktor utama kenapa mulut tetap bau saat berpuasa padahal sudah sikat gigi adalah karena mulut yang kering. Hal itu diungkapkan oleh drg Anggi dalam Edukasi Virtual Listerine: Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi. 

"Saat mulut kering, kuman lebih mudah berkembang biak di mulut," tuturnya.

Penyebab lainnya adalah makanan yang dimakan. Apakah saat sahur mengonsumsi makanan yang lengket atau berbau khas. Itu bisa jadi penyebab lainnya. 

Selain itu, mulut yang bau juga bisa jadi efek dari masalah pencernaan. Baik itu karena maag atau masalah pencernaan lain. Jadi harus dilihat lebih lanjut masalah sebenarnya apa. 

Editors' Picks

2. Bersihkan mulut dengan tepat

2. Bersihkan mulut tepat
Freepik

Jadi, menyikat gigi saja tidak cukup untuk membersihkan mulut dari kuman dan kotoran. Menurut drg Anggi, selain menggosok gigi, ada beberapa tahapan lain yang juga harus dijalankan. 

"Setelah menyikat gigi, bersihkan lidah, bersihkan sela gigi dengan dental floss, dan akhiri dengan kumur-kumur menggunakan mouthwash," tuturnya.

Kebiasaan ini bisa dilakukan 2 kali dalam sehari. Dengan begitu, mulut bisa lebih terjaga kebersihannya. 

3. Hindari makanan tertentu saat sahur

3. Hindari makanan tertentu saat sahur
Freepik

Saat berbuka, kamu boleh makan apa saja karena masih bisa minum kapan saja. Sedangkan saat sahur, sebaiknya konsumsi makanan yang kaya vitamin dan serat. 

Ini dikarenakan, jika mengonsumsi makanan berbau atau manis dan lengket, maka mulut akan lebih mudah bau. 

Tak mau kan mengalami bau mulut yang tak enak sepanjang hari?

4. Perbanyak makanan tinggi vitamin C dan serat

4. Perbanyak makanan tinggi vitamin C serat
Irenamacri.com

Vitamin C sangat penting untuk kesehatan, termasuk kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu, drg Anggi menyarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan tinggi vitamin C, terutama saat puasa. 

Selain itu, makanan yang tinggi serat juga tak kalah penting. Ini dikarenakan bisa membantu pencernaan tetap sehat dan mengurangi risiko permasalahan di perut. 

Karena, bau mulut juga bisa pengaruh dari kesehatan pencernaan. 

5. Minum air putih yang cukup

5. Minum air putih cukup
Freepik/pressfoto

Air putih baik untuk tubuh karena memiliki banyak kegunaan. Salah satunya mengusir kuman dan bakteri di mulut dan mengirimnya menuju jalur sekresi. 

Saat puasa, penuhi kebutuhan air putih yang cukup saat buka puasa dan sahur. Tak perlu langsung minum banyak. Paling penting, minum teratur dan berkala. 

Dengan begitu, cairan di tubuh tetap terjaga dan mulut tetap lembap sehingga kuman tidak mudah berkembang biak. 

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengurangi bau mulut selama puasa. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.