Yuk, Perhatikan Kesehatan Gigi dan Mulut saat Kehamilan Ma

Kesehatan gigi dan mulut bisa saja terganggu akibat hormon saat hamil

8 April 2020

Yuk, Perhatikan Kesehatan Gigi Mulut saat Kehamilan Ma
Pexels/Dalila Darpat

Tak hanya kesehatan janin dalam kandungan yang perlu diperhatikan, Mama juga perlu merawat kesehatan diri. Misalnya, kesehatan gigi dan mulut. Terdengar sepele memang, tetapi Mama perlu tahu.

Hal ini karena perubahan hormon selama kehamilan juga terkadang membawa masalah, seperti penumpukan plak pada gigi, gusi yang berdarah, hingga sakit gigi. 

Seorang ahli obstetri dan ginekologi bahkan mengatakan, jika Mama mengabaikan kesehatan gigi dan mulut saat hamil, bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur. Kelahiran prematur ini dapat terjadi karena adanya oksitosin dari kuman yang masuk lewat gigi dan gusi sehingga memicu kontraksi. 

Untuk itu, berikut Popmama.com berikan tips perawatan gigi dan mulut saat hamil yang dilansir dari berbagai sumber. 

1. Cara perawatan gigi dan mulut saat hamil

1. Cara perawatan gigi mulut saat hamil
Pexels/George Becker

Mama bisa menyikat gigi selama dua kali dalam sehari, gunakanlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut agar tidak melukai mulut dan pasta gigi berfluoride. 

Sikat tiap bagian gigi secara hati-hati ya, Ma. Bersihkan bagian sela-sela gigi dengan dental floss agar terhindar dari penumpukan plak dan berkumurlah dengan obat kumur antiseptik. 

Sebaiknya, hindari penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol dan kurangi konsumsi makanan manis dan minuman bersoda agar kesehatan gigi dan mulut terjaga.

Tetap perhatikan jumlah nutrisi yang masuk dalam tubuh selama kehamilan, Ma. Pastikan kadar gizinya seimbang. Mama tetap bisa mengonsumsi camilan selama hamil, tetapi gantilah dengan makanan yang lebih sehat, seperti buah-buahan, salad sayuran, atau yoghurt. 

Editors' Picks

2. Mengatasi sakit gigi selama kehamilan

2. Mengatasi sakit gigi selama kehamilan
Pexels/Andrea Piacquadio

Meskipun telah merawat gigi dan mulut dengan baik, rasa sakit pada gigi juga mungkin terjadi selama kehamilan. Sakit gigi yang timbul saat hamil bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya, konsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin, juga penggunaan obat kumur mengandung alkohol. 

Namun, Mama bisa mengurangi rasa sakit di rumah melalui beberapa cara sederhana. Seperti, berkumur dengan menggunakan air hangat dan garam sehingga peradangan atau pembengkakan berkurang. Mama juga bisa menggunakan kompres dingin di bagian luar pipi untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. 

3. Masalah gigi dan mulut yang bisa terjadi saat hamil

3. Masalah gigi mulut bisa terjadi saat hamil
Pexels/Jeshoot.com

Tak hanya rasa sakit yang ditimbulkan akibat peradangan gigi atau gusi. Ada beberapa masalah gigi dan mulut yang bisa saja terjadi selama kehamilan lho, Ma. Berikut di antaranya:

  • Sariawan, sebuah luka kecil di dalam mulut atau gusi yang menyebabkan kesulitan mengunyah dan menelan. Biasanya terjadi karena kekurangan vitamin c, asam folat, atau vitamin B12. Biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari atau minggu. 
  • Gingivitis, sebuah kondisi gusi yang membengkak dan bisa berdarah. Hal ini bisa terjadi karena perubahan hormonal sehingga aliran darah lebih meningkat ke jaringan gusi serta membuat area gigi dan mulut sensitif. Biasanya ditandai dengan gigi sensitif, sakit saat mengunyah, dan gusi yang bengkak hingga berdarah. 
  • Tumor gusi, sebuah tumor jinak yang tumbuh di antara gigi atau timbul karena adanya iritasi akibat radang pada gusi. Biasanya disebabkan oleh kebersihan gigi dan mulut yang buruk sehingga terjadi penumpukan plak. Selain itu, hormon saat kehamilan juga bisa memicu munculnya tumor gusi. 

Jadi, jangan lupa perhatikan kebersihan gigi dan mulut selama kehamilan agar terhindar dari masalah-masalah di atas ya, Ma.  

4. Perawatan ke dokter gigi saat kehamilan

4. Perawatan ke dokter gigi saat kehamilan
Pexels/Andrea Piacquadio

Jika perawatan gigi dan mulut yang telah dilakukan di rumah terasa belum cukup, Mama bisa pergi ke dokter gigi. Dengan bantuan dokter, Mama akan mendapatkan resep dan daftar obat sakit gigi yang aman dikonsumsi saat kehamilan.

Selain itu, Mama bisa konsultasi secara lebih lanjut mengenai tindakan khusus yang mungkin akan diambil selama kehamilan. Seperti, tambalan, saluran akar atau gigi dicabut. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan perhatikan juga keselamatan janin yang dikandung ya, Ma. 

Itulah beberapa hal penting yang perlu Mama perhatikan agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjada selama hamil. Semoga bermanfaat. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.