5 Tips Meringankan Stres Secara Cepat dan Sehat

Ada kalanya kamu perlu menepis stres secepat mungkin, namun harus tetap sehat bagi mental

19 Juli 2021

5 Tips Meringankan Stres Secara Cepat Sehat
Freepik/cookie_studio

Banyak cara dan teknik yang bisa dilakukan untuk mengatur stres. Sedangkan jika harus meringankan stres dengan cepat, tidak semuanya baik untuk mental. 

Stres adalah kondisi mental yang tak bisa dihindari begitu saja. Hal ini bisa menimpa siapa saja, terutama di waktu-waktu seperti ini. Kamu boleh saja stres, tapi usahakan untuk ingat agar bangkit. 

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meringankan stres adalah meditasi, yoga, dan latihan lain. Namun ada beberapa keadaan yang mengharuskan kamu untuk fokus dan berpikir logis, tak peduli sedang betapa tertekan dan stres kamu. 

Untuk itu, Popmama.com melansir dari helpguide.org, mengumpulkan cara cepat menepis stres dengan cara yang sehat. 

1. Dengarkan tubuhmu

1. Dengarkan tubuhmu
Freepik/karlyukav

Saat sedang tidak mengalami stres, teori mengenai bagaimana cara mengetahui akar masalah seseorang saat stres bukanlah masalah besar. Namun saat mengalaminya, sulit melakukan teori tersebut. 

Untuk mengetahui akar masalahnya, dengarkan tubuhmu. Saat lelah, mata akan terasa berat dan tubuh terasa lemas. Saat bahagia, kamu akan mudah sekali tertawa. 

Begitu juga saat stres, apakah otot kamu terasa kram dan sakit? Apakah perut kamu terasa sakit? Atau tangan terus mengepal dan gigi bergemeletuk tanpa kamu sadari? 

Perhatikan juga caramu bernapas, apakah terasa sesak? Tempatkan 1 tangan di perut dan lainnya di dada. Perhatikan tanganmu naik turun dengan teratur atau tidak. 

Dengan cara ini, kamu bisa tahu apakah sedang sangat stres dan akan lebih mudah untuk menenangkan diri. 

Editors' Picks

2. Mengetahui seperti apa respon stres kamu

2. Mengetahui seperti apa respon stres kamu
Freepik/wayhomestudio

Pada dasarnya, setiap orang punya respon tersendiri dalam menghadapi stres. Secara internal, saat stres, tubuh akan memberi tanda seperti kenaikan tekanan darah, degup jantung yang lebih cepat, dan otot yang mengencang. 

Secara eksternal, setiap orang punya cara berbeda dalam merespon stres. Pada umumnya, ada 2 cara yang bisa dilakukan dalam melakukan respon stres. 

Pertama, jika kamu tipe yang ekspresif dalam merespon stres, maka carilah kegiatan yang bisa menenangkanmu. Orang tipe ini, akan mudah terpancing emosinya, mudah menangis atau marah, dan tidak sabaran saat stres. 

Kedua, jika kamu cenderung merasa depresi, menutup diri, atau sering bengong saat mengalami stres, maka lakukan kegiatan yang mampu menstimulasi dan meningkatkan energi agar bisa menurunkan tingkat stres kamu.

3. Gunakan panca indera untuk membantu mengurangi stres

3. Gunakan panca indera membantu mengurangi stres
Pexels/Gustavo Fring

Dilansir dari Helpguide.org, kamu bisa juga menggunakan panca indera untuk membantu mengurangi stres yang sedang dirasakan. Diperlukan latihan untuk mengetahui hal ini, namun jika sudah menemukannya, kamu bisa menurunkan stres dengan sangat cepat dan mudah. 

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres dengan panca indera adalah:

  • Untuk indra penglihatan: Melihat foto masa indah, memandangi bunga dan tanaman, melihat pemandangan seperti pantai, gunung dan lainnya, melihat warna-warna tertentu, dan memejamkan mata lalu membayangkan tempat favoritmu. 
  • Untuk indera penciuman: Menyalakan lilin aromaterapi, mengoleskan essential oil, mencium wangi bunga, mencium udara luar yang segar, atau menggunakan parfum favorit.
  • Untuk indera sentuh: Memakai selimut, bermain dengan hewan peliharaan, memeluk barang favorit, memijat tangan atau leher sendiri, menggunakan pakaian lembut di kulit. 
  • Untuk indera perasa: Kunyah permen karet, mengonsumsi coklat pahit, menyeruput minuman favorit, mengonsumsi buah yang matang, dan nikmati makanan yang sehat. 
  • Untuk indera pendengaran: Bernyanyi atau mendengarkan lagu favorit, mendengarkan white noise atau mendengarkan suara alam di sekitar. 
  • Untuk kegiatan yang bergerak: Lari di tempat atau lompat, menari, melakukan peregangan leher, jalan sebentar, atau meremas stress ball

4. Memerhatikan orang lain

4. Memerhatikan orang lain
Pexels/@thiszun

Jika tak punya cara untuk menurunkan stres dari diri sendiri, cobalah lihat sekitar atau mengingat seperti apa kamu dahulu jika menghadapi stres. 

Contohnya, kamu bisa mengingat lagi bagaimana caranya menenangkan diri saat masih kecil. Apakah itu masuk ke selimut, atau diam sendiri di sudut yang sepi. 

Lalu, kamu bisa melihat orang lain dalam mengatur stresnya. Pemain baseball suka mengunyah dan menggelembungkan permen karet sebelum memukul bola, atau penyanyi suka berbincang dahulu dengan penontonnya sebelum mulai konser. Nah, temukan yang bisa jadi inspirasi untukmu. 

5. Jadikan ini sebuah kebiasaan

5. Jadikan ini sebuah kebiasaan
Freepik/wayhomestudio

Semakin sering diulang, maka semakin mudah tubuh dan pikiran mengetahui cara menyelesaikan masalah, termasuk stres. Kamu bisa mengulang-ulang cara untuk mengurangi stres. Meski awalnya perlu penyesuaian, namun lama-lama akan terjadi secara otomatis. 

Untuk menemukan cara yang paling tepat untukmu, penting sekali untuk mencoba segala cara. Namun jika ada satu atau dua hal yang tidak cocok untukmu, jangan anggap itu hal yang gagal karena setiap orang punya cara sendiri untuk menenangkan diri. 

Jika ternyata ada cara yang mungkin aneh dan tidak biasa untuk meredakan stres kamu, jangan ragu untuk melakukan dan jadikan itu sebuah kunci. 

Intinya, stres adalah sebuah keadaan yang pasti dirasakan setiap orang. Namun bagaimana orang menanggapi dan menyelesaikannya lah yang berbeda. Tak ada yang salah dan yang benar. Paling penting, bagaimana kamu bisa berdamai dan menurunkan stres tanpa berlarut-larut di dalamnya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk