Totalitas Bio One untuk Perankan Gepeng, Bikin Istri Almarhum Terharu

Menghabiskan waktu di kota tempat tinggal Gepeng selama beberapa waktu

24 Mei 2022

Totalitas Bio One Perankan Gepeng, Bikin Istri Almarhum Terharu
Instagram.com/fajarnugrs

Bio One menjadi salah satu pemain film Srimulat: Hil yang Mustahal dan penampilannya sampai membuat sang istri dari almarhum Gepeng kaget dan terharu. Seperti apa totalitasnya? 

Srimulat: Hil yang Mustahal sedang diputar di bioskop dan tengah jadi perbincangan banyak pencinta film. Selain filmnya yang punya alur menarik serta segar, penampilan para aktornya pun mendapat banyak sambutan baik. 

Salah satu yang cukup totalitas adalah Bio One. Tak hanya penampilan saja, namun sampai ke mentalnya juga. 

Seperti apa perjuangan totalitasnya? Popmama.com akan merangkumkannya untuk Mama. 

1. Diminta jadi miskin

1. Diminta jadi miskin
Instagram.com/bojvoyej

Setelah mendapat peran sebagai Gepeng Srimulat, ia langsung bertanya pada sang produser yaitu Fajar Nugros. Ia bertanya, apa yang harus disiapkan untuk menjadi Gepeng. 

"Jawaban dia cuma satu. Jadi miskin!" ujar Bio One dalam wawancara di Youtube Tema Indonesia. 

Salah satu contoh yang dilakukannya adalah tidak makan. Menurutnya, di era itu, seniman di tahun 80-an susah makan. 

"Jadi nggak makan itu bukan cuma mau nge-reach kurusnya doang, tapi struggle-nya dia, tuh, kayak apa, sih, nggak makan?" ujarnya dalam wawancara bersama IDN Times. 

"Pengen tau, kalo miskin itu bukan cuma lapar, tapi mentalnya gimana. Harus mendalami juga," lanjutnya. 

Ia menghabiskan proses ini selama sekitar 2-3 bulan. Selama itu, Bio berusaha menahan lapar bahkan sempat sampai 3 hari. 

Editors' Picks

2. Tinggal di Solo dan tinggal di motel murah

2. Tinggal Solo tinggal motel murah
Instagram.com/bojvoyej

Untuk mendalami karakter menjadi Gepeng, ia menghabiskan beberapa waktu untuk tinggal di kota asal Gepeng yaitu di Solo. 

Ia dengan detail memilih sebuah hotel murah kelas melati untuk merasakan segala keterbatasan dan bagaimana rasanya jadi miskin . 

Selain itu, ia juga memilih hotel yang berada di depan Taman Balekambang, tempat Srimulat dahulu manggung di sana. 

Fajar bercerita, pihak keamanan sempat mengira ia berbuat yang tidak-tidak karena memilih hotel seperti itu. Namun sebagai produser ia menyatakan kalau ada aktornya yang sedang riset untuk perannya di sana. 

"Sempat tinggal beberapa waktu di sana, merasakan lingkungannya, nuansanya," ujar Bio. 

3. Belajar bahasa Jawa

3. Belajar bahasa Jawa
Instagram.com/filmsrimulat

Tak hanya tinggal di lingkungan sekitar, namun Bio One menyempatkan diri untuk mengunjungi keluarga Gepeng setiap hari. 

"Sekaligus belajar bahasa Jawa," lanjutnya. 

Bagi laki-laki yang lahir di Palu dan tinggal di Bali, mengucapkan bahasa Jawa dengan logat yang medhok bukanlah hal mudah. Inilah kenapa ia rela menghabiskan waktu di Solo untuk mendalami peran sekaligus membiasakan diri dengan bahasa Jawa. 

4. Membuat istri dari almarhum Gepeng sangat terharu

4. Membuat istri dari almarhum Gepeng sangat terharu
instagram.com/filmsrimulat

Layaknya kekasih yang telah kehilangan belahan jiwanya selamanya, bisa melihat kembali "sosok" Gepeng di depannya lagi membuat sang istri sangat terharu. 

Hal ini terekam baik dalam acara nonton bareng di Solo. Saat itu, Supiah, sang istri almarhum Gepeng turut hadir di sana. Itu merupakan kali pertama Supiah bertemu Bio One menjadi sosok Gepeng. 

Pertemuannya sangat mengharukan. Dengan mata yang meluapkan kerinduan, Supiah sampai berkali-kali memukul Bio, seperti tidak percaya. 

Beliau bahkan memerhatikan gigi kelinci yang dipasang Bio untuk membuat struktur wajahnya mirip Gepeng. Supiah juga berkali-kali memeriksa gigi kelinci tersebut dan terenyuh seperti tak percaya. 

Jika istri almarhumah saja sampai sebegitu terharu, bisa dikatakan kalau pendalaman karakternya berhasil. 

Eits, Mama sudah nonton belum, nih? 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk