5 Cara Sederhana dan Alami Menghilangkan Aroma Bau Kaki

Di rumah ada yang bau kaki nggak nih, Ma?

13 Juni 2021

5 Cara Sederhana Alami Menghilangkan Aroma Bau Kaki
Unsplash/Frank Vex

Di keluarga Mama ada yang bau kaki nggak nih? 

Bau kaki biasanya disebabkan karena berbagai faktor seperti perubahan hormon yang mampu memproduksi keringat lebih banyak, kurang menjaga kebersihkan kaki hingga tidak rutin mencuci kaus kaki dan sepatu. 

Padahal aroma kaki yang kurang sedap bisa menganggu indera penciuman diri sendiri dan orang lain.

Tak jarang seseorang menjadi enggan membuka atau melepas sepatunya karena takut tercium aroma bau kaki.  Aroma bau kaki yang kurang enak membuat siapapun menjadi kurang percaya diri.

Untuk Mama yang ingin mengembalikan kesegaran kaki seperti semula, berikut beberapa tips sederhana dari Popmama.com

1. Teratur mengganti kaus kaki 

1. Teratur mengganti kaus kaki 
Unsplash/Ennio Brehm

Malas mengganti kaus kaki secara rutin memicu bau kaki. 

Untuk menjaga aroma kaki dan kesehatan kulit kaki, ada baiknya untuk rajin mengganti kaus kaki setiap harinya. Ingat Ma, ganti setidaknya dua kali dalam sehari. 

Penggunaan kaus kaki dalam durasi yang lama tanpa diganti-ganti dapat memicu kuman serta sarang bakteri. Terlebih kaus kaki selalu digunakan di dalam sepatu, sehingga menjadi mudah lembap dan kurangnya sirkulasi udara. 

Bijaklah dalam memilih kaus kaki yang tepat. Mama bisa menggunakan kaus kaki yang berbahan katun agar mampu menyerap keringat secara lebih sempurna apalagi dengan kondisi kaus kaki yang mudah lembap. 

Baca juga: Tampil Berani dengan Kaus Kaki Nyentrik, Ini Dia Tipsnya!

Editors' Picks

2. Lemon

2. Lemon
Unsplash/Caroline Attwood

Ma, mungkin selama ini hanya tahu kalau lemon hanya berguna untuk kecantikan saja. Padahal jika dikenal lebih dalam, lemon dapat dimanfaatkan sebagai salah satu obat herbal yang sangat berguna untuk kesehatan. 

Kandungan anti bakteri di dalam lemon dapat membantu membasmi bakteri penyebab bau pada kaki. Jika penggunaan lemon ini rutin dilakukan, bau kaki akan cepat menghilang. 

Baca juga:

3. Sabun 

3. Sabun 
Pixabay/silviarita

Untuk menghilangkan bau kaki, Mama bisa menggunakan sabun agar aroma kaki kembali harum. 

Mama dapat memilih sabun yang bisa digunakan seperti sabun anti bakteri atau sabun mint. Sabun jenis ini dapat membasmi segala bakteri pada kulit kaki yang menyebabkan aroma kaki berbau tidak sedap. 

Cucilah kaki saat sudah selesai beraktivitas ataupun ingin beranjak tidur. Pastikan juga untuk benar-benar membersihkan sela jari kaki ya, Ma. 

Baca juga: Bukan Hanya untuk Mandi, Ternyata Ini Fungsi Lain dari Sabun Batang!

4. Baking soda

4. Baking soda
Pexels/Jeshoots.com

Pemicu aroma bau pada kaki bisa disebabkan karena sepatu. Namun, tak perlu khawatir karena baking soda dapat membantu menyerap segala bau pada sepatu. 

Selain dapat membersihkan noda membandel, penggunaan baking soda dapat menghilangkan segala bakteri penyebab bau kaki yang bersarang pada sepatu. Mama hanya tidak menaburkan baking soda ke dalam sepatu secara merata. Lalu diamkan selama semalaman. 

Untuk benar-benar menghilangkan aroma kurang sedap, lakukan ini secara rutin setiap harinya. 

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Noda Membandel dengan Baking Soda

5. Jeruk nipis

5. Jeruk nipis
beautyjournal.com

Sudah tahu belum kalau jeruk nipis mengandung vitamin C serta kadar asam yang cukup tinggi. Dari kandungan yang dimiliki oleh jeruk nipis dapat berguna sebagai anti bakteri yang kuat dan efektif. 

Jerus nipis bisa dibagi menjadi 2 bagian. Oleskan secara merata hingga sela-sela pada kaki dengan jeruk nipis. Lalu diamkan sejenak kurang lebih beberapa menit, kemudian langsung bilas. 

Semoga beberapa cara ini bisa membantu Mama sekeluarga dalam mengatasi bau kaki ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.