Arti Mimpi Melihat Suami Meninggal, Begini Penjelasan Psikolog

Psikolog mengingatkan bahwa mimpi itu manifestasi alam bawah sadar

23 Agustus 2020

Arti Mimpi Melihat Suami Meninggal, Begini Penjelasan Psikolog
metro.co.uk

Di setiap malam, mimpi kerap hadir sebagai bunga tidur ketika sudah memejamkan mata. Walau sudah tertidur, namun tenyata kemampuan otak untuk berpikir masih aktif.

Tak jarang seseorang terus bermimpi buruk, sehingga menganggu kualitas tidurnya. Para istri pun bisa saja bermimpi melihat suaminya meninggal dunia. 

Bermimpi melihat suami meninggal dengan mata kepala sendiri tentu memiliki arti tersendiri. Dilansir Dream Astro Meaning, mimpi suami meninggal menjadi tanda bahwa ada pertanda baik atau buruk. 

Pertanda baiknya, mimpi suami meninggal mengartikan akan mendapatkan rezeki tak terduga atau pasangan selalu diberkahi umur panjang. Sementara itu, arti mimpi pasangan meninggal bisa menjadi pertanda buruk yakni kesehatannya akan menurun atau dapat mendapatkan ujian berat. 

Bahkan mimpi suami meninggal bisa aja muncul karena sedang mempunyai hubungan yang tidak baik. Pertengkaran yang terjadi di dalam keluarga bisa saja memunculkan mimpi buruk ini. 

Berbicara tentang mimpi melihat suami meninggal, Alexandra Gabriella A., M.Psi, Psi., C.Ht, C.ESt sebagai psikolog memiliki cara pandang tersendiri dalam mengartikannya. 

Jika Mama seringkali mengalami kondisi bermimpi melihat suami meninggal, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa penjelasan dari sisi psikologi. 

Simak hasil wawancara eksklusif terkait arti mimpi suami meninggal yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Apa pemicu seseorang istri bermimpi melihat suaminya meninggal?

1. Apa pemicu seseorang istri bermimpi melihat suami meninggal
Pexels/Ivan Oboleninov

Sebagai seorang psikolog, Alexa mengingatkan bahwa setiap gambaran yang muncul di dalam mimpi merupakan manifestasi alam bawah sadar. Hal inilah yang perlu dipahami bahwa alam bawah sadar sebenarnya banyak berperan. 

Bisa dibilang alam ini bertanggung jawab membantuk memori, intuisi, fantasi hingga sebuah mimpi

"Kita perlu menggali terlebih dahulu pada saat seseorang sedang mimpi suaminya meninggal. Tanyakan kepada diri sendiri, emosi apakah yang dirasakan ketika gambaran mimpi tersebut itu muncul. Adakah rasa menyesal? Sedih atau justru merasa lega?" kata Alexa.  

Untuk mengenali arti dari mimpi tersebut, Mama bisa mengali beberapa pertanyaan untuk diri sendiri antara lain: 

  • Bagaimana hubungan kita sejauh ini bersama suami? 
  • Bagaimana peran kita sebagai seorang istri? Apakah sudah menjadi sosok yang diinginkan oleh suami?
  • Apa ada harapan-harapan yang belum bisa diutarakan kepada suami? 
  • Apa ada perbuatan yang penah menyakiti hati suami dan belum menyampaikan kata maaf?

Analisa seperti ini bisa dibantu ketika berkonsultasi kepada profesional, sehingga semakin bisa memahami arti ketika sedang bermimpi suami meninggal dunia. 

2. Kenapa mimpi buruk seringkali muncul sewaktu-waktu? 

2. Kenapa mimpi buruk seringkali muncul sewaktu-waktu 
Freepik/Amenic181

Sebagian orang memercayai bahwa mimpi bukanlah hanya sekadar bunga tidur semata. Mereka memahami bahwa setiap mimpi memiliki makna tersendiri. Entah mengartikan sesuatu yang baik ataupun buruk. 

Sementara itu, sebagian orang merasa cuek dan tidak memercaya setiap arti pada setiap mimpi.

Terkait dengan bermimpi melihat suami meninggal dunia, Alexa mengatakan bahwa mimpi buruk tersebut bisa terjadi pada setiap orang. 

"Mimpi buruk bisa berhubungan dengan rasa stres yang mungkin sedang dirasakan. Selain itu, mimpi buruk yang sewaktu-waktu terjadi dapat dipicu karena ketidakseimbangan neurotransmitter, kelelahan bahkan sekadar merasa tidak nyaman saat tidur karena suhu terlalu dingin atau panas," kata Alexa. 

Faktor-faktor tersebut bisa menjadi pemicu ketika sedang bermimpi buruk nih, Ma. 

3. Apa yang harus dilakukan ketika bermimpi suami meninggal terus berulang kali muncul? 

3. Apa harus dilakukan ketika bermimpi suami meninggal terus berulang kali muncul 
Freepik/jcomp

Sebuah mimpi buruk yang seringkali muncul setiap kali memejamkan mata memang akan sangat menganggu. Apalagi ketika harus terus bermimpi melihat suami meninggal karena dapat meningkatkan rasa cemas

Alexa sebagai psikolog menyarankan untuk lebih memahami perasaan diri sendiri terhadap mimpi buruk yang muncul. 

"Pahami juga tema-tema dan emosi yang sering muncul secara berulang di dalam mimpi. Kalau hanya sesekali, mungkin kita bisa anggap itu hanyalah bunga tidur biasa. Hanya saja bila terjadi cukup sering dan berulang, cobalah untuk lebih peka terhadap diri sendiri dan situasi sekitar. Catat dan temukan polanya hingga kita bisa menggali pikiran-pikiran apa yang muncul terkait mimpi tersebut," jelas Alexa. 

Alexa juga mengingatkan bahwa gambaran di dalam mimpi itu memang kompleks. Sifatnya simbolik yang mana di setiap simbol memiliki arti masing-masing. 

"Sebaiknya kalau mimpi buruk itu dirasa sangat mengganggu, cobalah mencari pertolongan profesional untuk membantu dalam memulihkan diri dan menjaga kesehatan mental," tambah Alexa.  

Disadari atau tidak, mimpi buruk yang terjadi secara berulang-ulang bisa saja menganggua rutinitas keseharian. 

Itulah beberapa penjelasan ketika seseorang bermimpi melihat suami meninggal dunia. 

Bila mimpi ini membuatmu terusik dan tidak nyaman, alangkah baiknya untuk berkonsultasi ke psikolog untuk mencari bantuan. 

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.