Buat Thread Perdana, Rachel Vennya Masih Takut Dikatakan Telah Hijrah

Intip juga alasan Rachel Vennya memutuskan untuk berhijab

11 Juli 2019

Buat Thread Perdana, Rachel Ven Masih Takut Dikatakan Telah Hijrah
Instagram.com/rachelvennya

Bercerita melalui sebuah thread atau tweet bersambung di Twitter memang sedang hits, Rachel Vennya pun mulai membuat thread perdananya baru-baru ini. 

Mama dari Xabiru ini menceritakan tentang alasan mengenai dirinya berhijab dan masih merasa takut dikatakan telah hijrah. Padahal ia masih pelan-pelan belajar, sehingga belum bisa dituntut untuk sempurna. 

"Aku dan Niko nggak pernah melupakan masa lalu kita dan aku bukan orang yang pencitraan sana-sini. Apa yang kalian lihat adalah hal yang sebenarnya terjadi. Siapapun aku dulu, dia yang bikin aku kayak sekarang dan aku sayang kedua sisi “aku” walaupun buruk, walaupun baik," tulis Rachel di salah satu cuitannya di Twitter. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui cerita lengkap dari istri dari Niko ini melalui sebuah thread, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Semoga bisa memberikan inspirasi ya, Ma!

1. Memutuskan untuk mengubah cara berpakaiannya sejak bulan Oktober

1. Memutuskan mengubah cara berpakaian sejak bulan Oktober
Instagram.com/rachelvennya

Melalui Twitter pribadinya, Rachel Vennya membuat sebuah thread perdana yang membahas kalau dirinya sudah memutuskan untuk pelan-pelan berpakaian lebih rapih sejak bulan Oktober 2018. 

Oktober kemarin, aku memutuskan dan berjanji sama diri aku sendiri untuk merapihkan sedikit cara berpakaian aku yang mungkin beberapa dari kalian bilang “Rachel & Niko udah hijrah". 

Aku paham banget kalau keputusanku ini bikin shock, banyak asumsi-asumsi orang yang nggak benar. Mau ditanya berapa kalipun, alasan aku mengubah cara pakaianku hanya aku dan orang terdekat yang tahu. Dari semua hidup aku yang aku publikasi, hal ini biarlah menjadi rahasia yang indah untuk aku dan keluarga. 

Rachel mengatakan kalau dirinya benar-benar belajar dari nol untuk memulai ini semua, seperti dari modal bacaan shalat hingga belajar dari berbagai hal-hal kecil yang ada di sekitar. Istri dari Niko ini termasuk orang yang selalu berpikir lurus dan logis, sehingga sulit saat harus menyambungkan semuanya ke agama. 

Apapun niat mulai yang dilakukan oleh semua orang termasuk Rachel tentu akan diberikan jalan lurus dan dimudahkan. Setuju nggak, Ma? 

Semuanya bermula dari niat dan berusaha mencoba untuk berbuat baik. 

Baca juga: Dikritik Mendidik Xabiru Terlalu Bersih, Rachel Vennya Buka Suara

2. Rachel Vennya masih takut dengan perkataan orang lain 

2. Rachel Ven masih takut perkataan orang lain 
Instagram.com/rachelvennya

Usai berusaha merapihkan sedikit cara berpakaiannya, Rachel Vennya sempat masih takut dengan anggapan orang lain yang mengatakan bahwa dirinya telah hijrah. 

Sampai sekarang aku selalu takut kalau orang bilang aku ini udah hijrah, aku punya kepanikan tersendiri aja soal ini. Makanya aku nggak pernah bilang aku udah hijrah, gimanapun prosesnya yang bisa aku kasih tahu cuma: sulit.

Kesulitan yang cukup membuat Rachel terbebani yaitu ketika banyak orang memintanya untuk selalu sempurna 100 persen, bahkan berusaha mengajurkannya agar menghapus jejak digital hidup seperti sedang pacaran. Melalui tulisannya di Twitter, Rachel menyatakan kalau ia masih belum bisa melakukan hal itu. 

Baca juga: 

Editors' Picks

3. Banyak rumor negatif membuat Rachel Vennya ingin berhijab 

3. Banyak rumor negatif membuat Rachel Ven ingin berhijab 
Instagram.com/rachelvennya

Di dalam cerita tersebut, Rachel juga menjelaskan mengenai proses dirinya memutuskan untuk berhijab. Banyak rumor-rumor mengenai dirinya dan sang Suami yang semakin mengarah ke semakin aneh dan banyak bumbu-bumbu, akhirnya membuat ia ingin segera memakai berhijab. 

Hal yang paling aku inget saat Niko pakai kata “ukhuwah” lalu dibilang mabok agama dan ada seseorang ibu-ibu yang bilang seakan-akan kita lupa masa lalu kita. Entah apa hubungan “ukhuwah” sama masa lalu kita dan kebetulan ibu itu punya anak spesial needs. 

Walaupun itu hal aneh, keluar dari seorang ibu yang mungkin punya masa lalu buruk dan ternyata dia punya hal sensitif di hidupnya tentunya yang pasti dia nggak mau orang-orang bahas. Sama sih, sama kayak aku, jangan lupain aku manusia.

Sama seperti manusia lain yang tidak selalu bisa sempurna, Rachel pun ingin dinilai seperti itu karena ia pun masih banyak belajar menjalankan semuanya dengan baik. 

Baca juga: Tangis Donita Pecah Saat Ungkap 5 Hal yang Membuatnya Mantap Berhijab!

4. Pesan Rachel Vennya untuk orang yang selalu menuliskan komentar negatif

4. Pesan Rachel Ven orang selalu menuliskan komentar negatif
Instagram.com/rachelvennya

Semoga setiap kalian mau menuliskan komentar negatif, menciptakan rumor, apalagi fitnah berdasarkan “iseng”. Kalian selalu ingat, “apa yang aku lakukan kalau aku di posisi dia?” Mau jawabannya diam ataupun membela diri, keduanya itu sulit dan menyakitkan.

Itu aja sih, sekadar cerita aja, aku nggak baper aku nggak marah. Aku cuma wondering aja rasanya jadi Gading Gisel atau public figure lain yang kita nggak tahu kebenarannya, tetapi kita bikin asumsi sendiri untuk menertawakan hidup orang lain.

Begitulah pesan dari Rachel Vennya kepada semua orang yang terbiasa menggunakan media sosial untuk sekadar berkomentar negatif terhadap orang lain.

Ada baiknya memang ketika mengetahui kehidupan pribadi orang yang memang menjadi asumsi publik, tetaplah mengasah rasa empati bila kejadian buruk yang menimpa mereka. Bukan justru menghakimi atau bahkan menuliskan beragam komentar negatif.

"Untuk seseorang yang mempublikasikan hidupnya kayak aku, ini sebenarnya hal yang berat. Nggak semua orang tahan, banyak banget public figure yang nyerah apalagi untuk orang seperti aku.  Dunia yang ingin aku kenal ini adalah dunia yang nggak pernah ada di dalam mimpi aku," tulis Rachel.

Itulah beberapa curhatan hati dari Rachel melalui thread perdananya di Twitter. Semoga dengan apa yang sudah diceritakan di media sosial membuat hatinya lebih lega dan memberikan pelajaran kepada orang lain agar semakin bijak saat berkomentar. 

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!