Lewat Selasa Rahasia, Najelaa Shihab Menerima Curhatan Terkait Pandemi

Sosok Mama pun harus berperan ganda ketika menjalani Ramadan di tengah masa pandemi

11 Mei 2020

Lewat Selasa Rahasia, Najelaa Shihab Menerima Curhatan Terkait Pandemi
Instagram.com/najelaashihab

Najelaa Shihab tidak hanya hanya memerhatikan pendidikan anak-anak Indonesia saja, namun juga memberikan ruang untuk orangtua dalam menceritakan keluh kesah mereka. 

Melalui Selasa Rahasia yang hadir di Instagram pribadinya, Najelaa cukup banyak menerima berbagai cerita terutama mengenai dampak keluarga akibat pandemi Covid-19. 

"Saya selalu percaya dengan kekuatan cerita. Cerita terbukti efektif membantu kita memahami berbagai sudut pandang. Selasa Rahasia adalah wadah berbagi cerita dan kesempatan bagi saya untuk bertukar pandangan," kata Najelaa Shihab. 

Dirinya pun berharap bahwa dengan curhat atau bercerita dengan orang lain mampu mengurangi beban hidup seseorang. 

"Harapannya, meski berkenalan di layar media sosial, tetapi tidak merasa sendirian dalam menghadapi masalah sehari-hari. Semoga dalam sesi berbagi di situasi pandemi ini, kita bisa saling menguatkan dan menemukan makna baru tentang keluarga," ucapnya. 

Najelaa juga berkolaborasi dengan P&G Indonesia meluncurkan acara berbagi berbasis digital dengan tema “Rindu Keluarga di Masa Pandemi”. Apalagi cukup banyak sekali cerita yang hadir di sesi Selasa Rahasia yang diusung oleh Najella Shihab. 

Terkait dengan berbagai cerita dan curhatan yang diterima oleh Najelaa Shihab di sesi Selasa Rahasia, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Dari berbagai cerita ini, Mama juga bisa banyak belajar terkait pengalaman atau situasi yang harus dijalani oleh keluarga lain. 

Editors' Picks

1. Peran seorang Mama menjadi ganda ketika menjalani Ramadan di tengah pandemi Covid-19

1. Peran seorang Mama menjadi ganda ketika menjalani Ramadan tengah pandemi Covid-19
Freepik

Selasa Rahasia yang dibuat oleh Najelaa Shihab seolah memberikan ruang baru untuk beberapa orang, termasuk yang merasa sulit terbuka ketika menceritakan berbagai masalah hidupnya. 

Di tengah pandemi Covid-19, Najelaa mengatakan bahwa peran seorang Mama juga akan menjadi ganda. Apalagi ketika sedang menjalani peran di situasi Ramadan selama pandemi ini berlangsung. 

"Memang ini periode yang cukup sulit karena perlu sekali beradaptasi dengan berbagai situasi sekarang," kata Najelaa dalam talkshow online Rindu Keluarga di Masa Pandemi pada Sabtu (9/5/2020).

Dalam menjalankan sebuah peran, Najelaa mengingatkan bahwa seorang Mama tidak perlu selalu terus merasa sempurna. Mengingat bahwa setiap manusia pasti ada fase merasa lelah. 

"Demi terhindar dari stres, ada baiknya Mama mengakui ketika sedang merasa lelah atau mengakui bahwa situasi ini memang sulit. Kita memang tidak bisa siap 100 persen dalam menghadapi situasi ini. Tidak mungkin juga semua dikerjakan," ucap Najelaa. 

Belajar memahami kondisi sendiri memang perlu diperhatikan ketika sudah mulai merasa lelah. Usahakan jangan sampai kondisi tersebut memicu stres, sehingga tidak dapat berdampak buruk pada anggota keluarga lainnya. 

Mama bisa mencari cara untuk terhindar dari stres, seperti merawat diri sendiri sesuai kebutuhan. Carilah kegiatan yang menyenangkan untuk menghibur diri ketika sedang menjalani peran sebagai seorang Mama di situasi seperti ini. 

2. Masa pandemi ini menjadi kesempatan untuk saling belajar

2. Masa pandemi ini menjadi kesempatan saling belajar
Freepik/pressfoto

Najelaa Shihab mengingatkan untuk semua Mama bahwa dalam situasi pandemi Covid-19 ini masih perlu sekali memahami kondisi diri sendiri. 

"Di masa pandemi Covid-19 ini justru menjadi kesempatan untuk seluruh anggota keluarga bisa saling belajar satu sama lain. Apalagi momen selama di rumah dapat menjadi sarana untuk belajar berbagi peran, sehingga tidak harus selalu Mama yang harus memenuhi kebutuhan seisi rumah," jelas Najelaa.

Selain suami bisa melayani istri atau sebaliknya, namun kesempatan belajar ini juga dapat diajarkan kepada anak-anak. 

Hal ini membantu agar anak bisa belajar bertanggung jawab, sehingga masa-masa pandemi Covid-19 menjadi hikmah tersendiri. 

3. Ketika merasakan rindu belum bisa keluarga, maka teknologi bisa dimanfaatkan

3. Ketika merasakan rindu belum bisa keluarga, maka teknologi bisa dimanfaatkan
Freepik

Momen Ramadan tahun ini memang berbeda dari sebelumnya, bahkan pandemi Covid-19 bisa saja masih berlangsung hingga Hari Idul Fitri tiba. 

Dalam situasi yang masih penuh ketidakpastian, maka Mama sekeluarga memang perlu memaksimalkan kemampuan adaptasi. Walau tetap berada di rumah, namun bukan berarti silaturahmi ketika jelang Lebaran bersama keluarga menjadi terhambat.

Pertemuan virtual menggunakan teknologi bisa dilakukan dari jarak jauh untuk menyambung silaturahmi. 

Teknologi perlu dimanfaatkan dengan baik karena masih belum bisa bertemu keluarga secara langsung dalam waktu yang tidak dapat dipastikan. 

Meskipun begitu, situasi seperti ini harus tetap disyukuri karena pasti ada sebuah hikmah. 

Semoga beberapa informasi di atas bisa bermanfaat ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.