5 Ramalan Mbah Mijan di Tahun 2021, Bencana Alam akan Terus Ada

Mbah Mijan sebut 2021 sebagai tahun "Kolo Rawe" alias banyak rintangan 

19 Januari 2021

5 Ramalan Mbah Mijan Tahun 2021, Bencana Alam akan Terus Ada
Instagram.com/mbahmijan

Paranormal Mbah Mijan sempat memberikan gambaran terkait prediksi berbagai kejadian yang akan terjadi di tahun 2021. Sebagian orang pun akan mencari berbagai ramalan tahun 2021 terkait momen apa saja yang akan terjadi ke depannya. 

Dalam cuitannya di Instagram Mbah Mijan memaparkan bahwa sudah ada empat unsur yang telah mulai lengkap awal tahun 2021 ini, mulai dari tanah, air, api dan udara. 

"Tanah (gempa), air (banjir), api (gunung meletus), udara (cuaca ekstrem) penyebab kecelakaan pesawat. Mbah mohon setelah ini, Allah akan jauhkan bencana di Indonesia dan 2021 akan jadi tahun indah," tulis Mbah Mijan dalam cuitannya di Twitter. 

"Gunung-gunung bertopi awan kala itu, mulai mengisi daftar tamu 2021. Boleh batuk, tetapi cepat sembuh ya sayang," lanjutnya di dalam cuitan yang lain. 

Mbah Mijan pun menyebutkan bahwa 2021 sebagai tahun "Kolo Rawe" alias banyak rintangan, sehingga manusia perlu waspada dan perlu mendekatkan diri kepada sang Pencipta. 

"Prediksi yang Mbah keluarkan, tanpa mengharuskan atau memaksakan untuk dipercaya," ucap Mbah Mijan dalam satu unggahannya. 

Kira-kira apa saja ramalan Mbah Mijan di tahun 2021? Berikut Popmama.com telah merangkumnya secara detail. 

1. Tahun 2021 disebut sebagai "Kolo Rawe" 

1. Tahun 2021 disebut sebagai "Kolo Rawe" 
Freepik/Flashmovie

Melalui cuitannya di Twitter di akhir tahun lalu, Mbah Mijan mengatakan bahwa tahun 2021 disebut sebagai "Kolo Rawe". 

Perlu diketahui bahwa Kolo memiliki arti zaman, sementara Rawe berarti gatal. Ini bisa mengartikan bahwa alam akan bergejolak karena ulah manusia. 

"Rawe artinya gatal namun pada sisi lain, Rawe bisa berarti rintangan. Solusinya, kembali ke semboyan Jawa: 'Rawe Rawe Rantas - Malang Malang Putung'. Rintangan harus disingkirkan dan halangan harus dimusnahkan," tulisnya. 

Dalam tulisannya tersebut Mbah Mijan menjelaskan kalau gatal yang dimaksud di sini bukanlah benda, melainkan rasa. 

"2021 terlihat senyap namun terasa gatalnya, terlihat dingin namun terasa semriwingnya. Solusi, menjauh dari hal-hal penyebab gatal adalah keputusan bijak untuk diri sendiri," ungkap Mbah Mijan. 

Editors' Picks

2. Bencana alam akan sangat mengkhawatirkan di tahun 2021 

2. Bencana alam akan sangat mengkhawatirkan tahun 2021 
Unsplash/Marc Szeglat

Melalui sebuah video di channel YouTube Robby Purba yang tayang pada 26 November 2020, Mbah Mijan mengatakan bahwa kondisi alam Indonesia di tahun 2021 sangat mengkhawatirkan. 

"Mengkhawatirkan terutama untuk keadaan alam. Di sisi lain, Mbah harus mengatakan dengan tegas bahwa inilah warning. Ini menjadi sebuah pertanda yang Allah kirimkan untuk semua umat dan manusia di semesta agar lebih waspada," jelas Mbah Mijan. 

Menurut Mbah Mijan, Indonesia tidak bisa lepas dari bencana karena akan selalu bertemu dengan banjir, gempa bumi, gunung meletus, tsunami hingga badai yang dahsyat. Perlu dikembali diingat juga bahwa Indonesia terletak di antara Ring of Fire

"Buat Mbah, kita sebagai manusia tidak bisa menghindari bencana justru yang harus dilakukan itu bagaimana terus berdoa dan waspada," ucap Mbah Mijan. 

Diharapkan berbagai bencana yang sudah ada di Indonesia bisa membuat masyarakat menjadi lebih waspada ya, Ma. 

3. Perekonomian masyarakat Indonesia akan lebih tenang dibandingkan tahun lalu 

3. Perekonomian masyarakat Indonesia akan lebih tenang dibandingkan tahun lalu 
Freepik/wirestock

Ketika diwawancarai secara eksklusif oleh Robby Purba, Mbah Mijan juga sempat sepintas membahas mengenai perekonomian masyarakat Indonesia di tahun 2021. 

"Tahun 2021 masyarakat lebih tenang kalau berbicara mengenai ekonomi. Apalagi kita ternyata lebih ditempa selama tahun 2020, bagaimana merasakan pahitnya. Di tahun 2021, walau penghasilan belum stabil tetapi lebih baik sedikit daripada tahun sebelumnya," ucap Mbah Mijan. 

Menurutnya, ketika ada peningkatan penghasilan di tahun 2021 bisa menjadi lebih menenangkan dan menyenangkan untuk setiap orang. 

4. Politik di Indonesia masih terus dinamis

4. Politik Indonesia masih terus dinamis
Pexels/Tom Fisk

Ketika diwawancara dalam konten YouTube Ba'da Maghrib oleh Robby Purba, Mbah Mijan mengatakan bahwa politik di Indonesia masih sangat dinamis di tahun 2021 ini. 

"Ada kelompok yang menginginkan Indonesia maju, ada juga kelompok yang menginginkan Indonesia mundur," ujar Mbah Mijan. 

Dua kubu inilah yang menurut Mbah Mijan membuat politik di Indonesia terkesan dinamis karena maju mundur. 

"Maju dan mundur dalam dunia politik ini sebetulnya menjadi sebuah koalisi atau oposisi. Fakta di lapangan, tarik ulur maju mundur antar dua kubu yang masih terus terjadi inilah yang membuat kita dinamis," lanjutnya. 

5. Pernikahan dan perceraiaan artis akan silih berganti 

5. Pernikahan perceraiaan artis akan silih berganti 
Pixabay/JK_90

Berhubungan dengan dunia keartisan, Mbah Mijan sempat memberikan penerawangan bahwa pernikahan dan perceraiaan artis akan silih berganti di tahun 2021

Menurut Mbah Mijan, angka pernikahan yang dilakukan oleh sejumlah artis akan meningkat di tahun 2021. Selain itu, ada pasangan artis yang tiba-tiba bercerai padahal tidak ada gosip sebelumnya. 

"Ada yang menikah di tahun 2020, tetapi cerai di tahun 2021. Celakanya, di tahun gatal ada artis yang mengumbar kemesraan namun batal nikah,” ucap Mbah Mijan. 

Paranormal asal Kebumen Jawa Tengah ini juga mengungkapkan terkait dunia keartisan akan dominan kabar baik, dibandingkan berita-berita negatif. Namun, kasus penyalahgunaan narkoba masih akan terus mewarnai gaya hidup para artis Indonesia di tahun 2021. 

“Lagi-lagi banyak artis muda yang akan tertangkap karena narkoba,” tuturnya. 

Itu dia beberapa rangkuman dari ramalan Mbah Mijan di tahun 2021 terkait berbagai kejadian yang akan terjadi. Percaya atau tidak terkait ramalan Mbah Mijan terkait tahun 2021 di atas memang kembali ke pribadi masing-masing. 

Mari doakan yang terbaik untuk Indonesia di tahun ini ya, Ma.  

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.