Resep Cara Membuat Bakso Daging Sapi, Empuk dan Anti Gagal

Bisa menjadi resep andalan keluarga nih, Ma!

16 April 2020

Resep Cara Membuat Bakso Daging Sapi, Empuk Anti Gagal
Pixabay/gate74

Memasak menjadi salah satu hal yang menyenangkan selama melakukan karantina mandiri di rumah, apalagi ini juga dapat membantu dalam mengurangi penyebaran Covid-19 semakin meluas. 

Jika keluarga di rumah cukup gemar dan menyukai bakso, Mama bisa membuat bakso daging sapi agar semua anggota keluarga merasa senang. 

Bicara mengenai memasak bakso daging sapi biasanya ada beberapa kesalahan, sehingga teksturnya kurang enak ketika dimakan. 

Menurut Chef Nunu dari Creative Chef Yummy mengatakan kalau seringkali kesalahan dalam membuat resep ini terjadi karena beberapa faktor, antara lain: 

  • Daging yang diolah tidak fresh cut (frozen cut yang di thawing)
  • Tidak membuat bakso dengan menggunakan food processor atau penggiling daging. Cukup banyak yang masih menggunakan blender, sehingga seringkali gagal karena semua bahan kurang merata secara merata. 
  • Memasukkan semua bahan bersamaan sekaligus. Padahal ketika membuat bakso dengan tekstur yang baik, semua bahan harus diolah secara bertahap. 

"Ketika membuat bakso daging sapi, ada baiknya potong-potong daging terlebih dahulu menjadi bagian kecil. Cara ini tentu akan menjadi lebih mudah menghaluskan daging," ucap Chef Nunu. 

Penasaran seperti apa resep cara membuat bakso daging sapi agar empuk dan lezat? Kali ini Popmama.com telah merangkum resepnya bersama Chef Nunu. 

Demi menghindari kesalahan dalam memasak, yuk disimak agar bisa membuatnya selama karantina #DiRumahAja!

Editors' Picks

1. Bahan untuk resep bakso daging sapi

1. Bahan resep bakso daging sapi
Pixabay/manfredrichter

Bahan-bahan:

  • 500 gr daging sapi
  • 150 gram es batu
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt merica
  • 1 sdt penyedap rasa sapi (boleh skip)
  • 1 sdt bawang putih halus
  • 40 gram sagu tani
  • 50 gram es batu
  • 1 sdt baking powder
  • 1 batang bawang daun

Terkait dengan daging sapi yang akan digunakan, maka perlu Mama ketahui bahwa biasanya khas dalam atau bagian lain yang sedikit berlemak.

Usahakan untuk memilih daging yang fresh cut (bukan frozen) agar tekstur bakso lebih kenyal dan tidak lembek karena berair. 

2. Cara membuat bakso daging sapi

2. Cara membuat bakso daging sapi
Pixabay/TJENA

Setelah semua bahan-bahan telah siap, bisa langsung lanjut ke cara membuatnya. 

Ikuti langkah-langkahnya yuk, Ma!

  1. Masukkan daging sapi yang sudah dipotong kecil-kecil agar lebih cepat halus dan 150 gram es batu ke dalam food processor, giling hingga halus.
  2. Masukkan garam, gula pasir, merica, penyedap rasa, bawang putih halus ke dalam food processor. Aduk lagi hingga tekstur lebih halus.
  3. Tambahkan sagu tani dan 50 gram es batu, haluskan kembali. 
  4. Masukkan baking powder pada tahap akhir penggilingan karena reaksi dari baking powder akan menjadikan tekstur adonan bakso menjadi sangat halus. 
  5. Bentuk adonan dengan tangan. Ketika membentuk sebuah adonan, gunakanlah hand glove silicon agar tektur bakso halus.
  6. Tuang ke dalam panci berisi air panas (jangan mendidih) dan irisan batang bawang daun. Irisan ini tentu akan membantu dalam menambah aroma bakso.
  7. Tiriskan bakso sapi. Ketika bakso sudah mengapung, bisa disimpan dalam plastik per-porsi agar lebih mudah untuk diolah kembali nantinya. 

"Demi terhindar dari kesalahan, ketika memasukkan bahan dan bumbu dilakukan secara bertahap. Masukkan baking powder di akhir proses agar tekstur permukaan bakso halus mulus bulat sempurna. Selain itu, jangan menggunakan api terlalu besar. Pastikanlah air untuk merebus panas jangan sampai mendidih," ucap Chef Nunu. 

Itulah beberapa langkah mudah mengenai resep cara membuat bakso daging sapi dari Chef Nunu. 

Bakso sapi yang sudah jadi juga dapat diolah menjadi menu favorit keluarga, seperti sup bakso atau mungkin bakso goreng. 

Jika Mama ingin mencoba berbagai masakan lain selama #MasakDiRumahAja, sebaiknya bisa download aplikasi memasak dari Yummy

Aplikasi Yummy tentu dapat mempermudah setiap orang yang masih belajar memasak, sehingga dapat menciptakan cita rasa yang lezat. Apalagi banyaknya video tutorial resep yang mudah diterapkan sendiri di rumah. 

Selama #MasakDiRumahAja, aplikasi Yummy dapat membantu Mama dalam membahagiakan keluarga tanpa harus keluar rumah. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.