Unik! 7 Tema Kostum 17 Agustusan Ini Bisa Menjadi Pilihan Anak-Anak

Kira-kira apa saja ya, Ma?

14 Agustus 2019

Unik 7 Tema Kostum 17 Agustusan Ini Bisa Menjadi Pilihan Anak-Anak
Instagram.com/sanggarnusantaradotcom

Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus akan segera tiba nih, Ma. Tak jarang kemeriahan dari perayaan kemerdekaan ini diisi dengan sebuah karnaval menggunakan kostum yang menjadi ciri dari 17 Agustusan. 

Bahkan pesta kostum saat 17 Agustus dapat dijadikan lomba tersendiri dalam rangka memeriahkan acara yang jatuh hanya setahun sekali ini.

Umumnya pemenang akan dilihat dari sisi kostum yang paling kreatif dan tentunya terbaik di antara kostum peserta lain. 

Jika Mama mulai sedang mempersiapkan kostum untuk si Kecil saat karnaval 17 Agustus nanti, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa ide unik yang bisa dijadikan referensi. 

Semoga rekomendasi tema kostum karnaval ini dapat menginspirasi ya, Ma!

1. Kostum dari barang-barang bekas membantu cinta lingkungan

1. Kostum dari barang-barang bekas membantu cinta lingkungan
magelangkota.go.id

Memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia seringkali dihiasi oleh berbagai kostum dengan tema yang sudah ditentukan. Kostum 17 Agustusan tidak perlu mewah karena dapat menggunakan barang-barang bekas. 

Pergunakanlah bahan-bahan yang ada di rumah seperti koran dan sampah non organik, lalu kreasikan menjadi sebuah kostum unik untuk karnaval. 

Perlu disadari bahwa membuat kostum 17 Agustus seperti baju koran serta atribut selempang dari sampah dapat menjadi kostum karnaval unik sekaligus murah. Penggunaan kostum 17 Agustusan ini juga dapat meningkatkan inisiatif banyak orang agar semakin cinta lingkungan dan tanah air. 

Yuk Ma, buat berbagai kostum dengan berbagai atribut daur ulang yang ramah lingkungan!

2. Baju adat menggambarkan keanekaragaman budaya Indonesia

2. Baju adat menggambarkan keanekaragaman budaya Indonesia
bukalapak.com/Shoparvel

Indonesia dikenal sebagai negara kesatuan yang penuh dengan keberagaman dan kekayaan. Sebagai bangsa yang majemuk, Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, agama dan bahasa yang cukup beragam. 

Saat merayakan kemerdekaan Indonesia, tak lengkap rasanya bila tidak menggunakan baju adat dari masing-masing kota asal. Kostum 17 Agustusan ini seringkali dipakai oleh anak-anak sekolah saat pawai untuk memperlihatkan kalau baju adat Indonesia sangat bervariasi di seluruh daerah atau provinsi. 

Tak hanya anak-anak, namun orang dewasa pun bisa memakai baju adat sebagai kostum untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Ini akan menjadi sangat unik karena baju adat ada yang mudah digunakan dan terlihat unik seperti pakaian kerajaan, sultan hingga keraton. 

3. Kostum profesi membantu anak memahami bahwa pekerjaan di Indonesia semakin beragam 

3. Kostum profesi membantu anak memahami bahwa pekerjaan Indonesia semakin beragam 
amazon.com

Sebuah tema kostum saat perayaan 17 Agustus memang harus dipikirkan dengan matang agar bisa sesuai. Tak jarang berbagai jenis profesi yang memiliki seragam di Indonesia menjadi salah satu tema kostum saat perayaan kemerdekaan. 

Beberapa pekerjaan yang memiliki kostum di antaranya seperti dokter, suster, polisi, petugas pemadam kebakaran hingga TNI. Berbagai kostum profesi yang ada di Indonesia cukup beragam dan seolah mengingatkan bahwa semua itu satu yaitu demi tanah air lebih baik.

Keanekaragaman profesi di Indonesia yang dapat dijadikan sebuah kostum anak-anak saat 17 Agustusan juga semakin mengingatkan bahwa mereka memiliki banyak pilihan dalam menentukan cita-citanya. Apapun profesi yang diinginkanya sejak kecil diharapkan anak-anak dapat berjuang untuk menggapainya. 

Editors' Picks

4. Kebaya dapat digunakan sebagai pakaian khas Indonesia 

4. Kebaya dapat digunakan sebagai pakaian khas Indonesia 
konveksikita.id

Perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang setahun sekali terjadi ini dapat dimeriahkan dengan berbagai perlombaan kostum. Untuk tema kostum untuk anak-anak perempuan, tak jarang menggunakan kebaya sebagai pakaian khas Indonesia. 

Kebaya tidak hanya digunakan saat merayakan hari Kartini saja, namun banyak juga dipakai sebagai tema kostum ketika sedang memeriahkan 17 Agustusan. Pawai menggunakan kebaya tentu akan semakin menarik perhatian jika dilakukan oleh anak-anak sebagai Kartini kecil. 

Selain membantu memperkenalkan sosok Kartini ke anak, tentunya pawai ini pasti akan menggemaskan. 

5. Kostum kuda lumping dapat mengingatkan kesenian unik dari tanah Jawa

5. Kostum kuda lumping dapat mengingatkan kesenian unik dari tanah Jawa
prelo.co.id

Kuda lumping pasti sudah dikenal oleh anak-anak ya, Ma. Perlu diketahui bahwa kuda lumping atau yang dikenal sebagai jaran kepang termasuk kesenian tradisional dari Jawa. Untuk memeriahkan perayaan 17 Agustus dengan tema kostum yang cukup beragam, tak ada salahnya agar anak-anak dapat menggunakan kostum kuda lumping. 

Anak laki-laki atau perempuan bisa menjadi sekelompok prajurit yang meninggalkan ciri khas dari kesenian tradisional. Penggunaan kostum kuda lumping seolah bisa sekaligus memperkenalkan keanekaragaman tanah air melalui bentuk kesenian. 

Saat ingin menggunakan kostum kuda lumping untuk si Kecil, usahakan jangan tertinggal dengan properti kuda-kudaan yang terbuat dari anyaman bambu. Ketika sedang pawai menggunakan kostum ini, anak mama pun dapat menunggangi properti agar semakin mirip dengan aslinya.  

6. Kostum superhero indonesia membantu anak mengenal karakter ciptaan anak bangsa

6. Kostum superhero indonesia membantu anak mengenal karakter ciptaan anak bangsa
Instagram.com/sanggarnusantaradotcom

Anak-anak tentu sangat familiar dengan berbagai superhero yang sedang hits di usianya, setuju nggak? Demi menyenangkan si Kecil dan tidak terkesan membosankan, superhero bisa dijadikan salah satu kostum untuk 17 Agustusan. 

Namun, perlu diingat kalau Indonesia pun memiliki superhero tersendiri yang tidak kalah dengan orang luar negeri. Si Kecil bisa memilih kostum dari superhero lokal seperti Gundala, Gatotkaca atau Wiro Sableng. 

Tema kostum 17 Agustusan dengan berbagai karakter superhero Indonesia tentunya dapat membantu si Kecil lebih mengenal berbagai pahlawan ciptaan anak bangsa. Berbagai kostum superhero Indonesia ini pun akan semakin menarik jika dipakaikan ke anak-anak apalagi para orangtua dapat mengenang tontonan masa kecilnya dulu. 

7. Kostum hewan langka untuk meminimalisir kepunahan 

7. Kostum hewan langka meminimalisir kepunahan 
kostumanakimut.blogspot.com

Indonesia termasuk salah satu negara terbesar dengan berbagai keanekaragaman flora dan fauna. Perlu Mama ketahui bahwa dengan banyaknya kepulauan, Indonesia memiliki hewan langka yang mungkin jarang ditemukan di belahan dunia mana pun. 

Jika ingin sesuatu kostum unik dan berbeda selama kemerdekaan Republik Indonesia, kostum 17 Agustusan nanti bisa mengangkat kembali sosok hewan langka Indonesia yang perlu dilindungi seperti orangutan, burung cenderawasih, komodo, burung merak hingga badak bercula satu. 

Tema ini dapat membantu anak-anak semakin memahami bahwa ada banyak hewan di Indonesia yang semakin langka atau mungkin mulai mengalami kepunahan. Untuk menyelamatkan kondisi ini, si Kecil pun perlu diingatkan agar tergerak hatinya dalam membantu hewan langka tidak semakin punah. 

Penggunaan kostum hewan langka selama pawai 17 Agustusan seolah mengingatkan kalau kemerdekaan Indonesia itu milik semua makhluk hidup.

Itulah beberapa rangkuman mengenai tema kostum 17 Agustusan yang bisa menjadi pilihan anak-anak selama pawai. Semoga bisa rekomendasi ini membantu ya, Ma!

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;