Bersama Popmama.com Bantu Anak Yatim/Piatu Akibat Covid-19

Mari bantu para anak-anak yang kehilangan orangtuanya saat pandemi Covid-19

31 Oktober 2021

Bersama Popmama.com Bantu Anak Yatim/Piatu Akibat Covid-19
Freepik/pikisuperstar

Tak sekadar angka. Tingginya angka kematian Covid-19 di Indonesia mengakibatkan ribuan anak di Indonesia harus kehilangan orangtuanya.

Bagaimana juga, mereka adalah generasi penerus Indonesia yang harus dijaga masa depannya. Menurut data yang beredar sejak pandemi dimulai, lebih dari 25.000 anak kehilangan orangtua akibat Covid-19.

Melalui kitabisa.com, Popmama.com Parenting Academy 2021 memiliki gerakan untuk mengumpulkan donasi bagi anak yang menjadi yatim/piatu bahkan ada pula yang kehilangan kedua orantuanya karena Covid-19. 

Berikut ini Popmama.com ulas kegiatan yang dilakukan oleh Popac 2021 bersama kitabisa.com. 

Editors' Picks

Banyak Anak Kehilangan Orangtuanya saat Pandemi

Banyak Anak Kehilangan Orangtua saat Pandemi
Freepik/pikisuperstar

Dilansir dari unicef.org, terhitung sejak pandemi ada, 25.430 anak-anak di Indonesia kehilangan salah satu atau kedua orangtua mereka akibat Covid-19. Data ini dihimpun melalui pemetaan nasional yang dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) bersama dengan UNICEF.

Pada pemetaan tersebut menemukan bahwa mayoritas anak (57 persen) kehilangan Papanya, lebih dari sepertiga (37 persen) dan kehilangan Mamanya. Pada data ada sekitar 5 persen kehilangan kedua orangtua.

Anak-anak ini sebagian besarnya saat ini diasuh oleh anggota keluarga perempuan dari keluarga besar mereka, sementara 114 anak tidak menerima pendampingan ataupun pengasuhan dari orang dewasa.

Dalam data UNICEF tercatat bahwa kehilangan satu atau kedua orangtua dapat mengancam gizi, pertumbuhan, dan perkembangan anak-anak. 

Popac 2021 Melakukan Penggalangan Dana bagi Anak-Anak yang Kehilangan Orangtua Akibat Covid-19

Popac 2021 Melakukan Penggalangan Dana bagi Anak-Anak Kehilangan Orangtua Akibat Covid-19
Freepik/pch.vector

Bersamaan dengan penyelenggaraan Popmama.com Parenting Academy 2021, Popmama.com pun ikut menginisiasi penggalangan dana bagi anak-anak yang harus kehilangan orangtuanya akibat Covid-19.

Hal ini sejalan dengan tagline dari event Popmama.com Parenting Academy 2021, yaitu “Parents Support Parents”, di mana kami berharap para orang tua bisa saling mendukung satu sama lain untuk menjaga generasi anak Indonesia yang harus tumbuh di tengah situasi pandemik. 

Penggalangan dana ini dilakukan melalui platform Kitabisa.com dan akan disalurkan melalui program #KawalMasaDepan.

Seluruh dana yang terkumpul akan digunakan untuk membantu biaya pendidikan dan kebutuhan harian anak-anak yang kehilangan orangtuanya karena Covid-19. Periode penggalangan dana berlangsung hingga 31 Desember 2021.

Yuk Ma, berpartisipasi dalam penggalangan dana yang diadakan oleh Popmama.com Parenting Academy 2021 dengan melakukan donasi di link ini: https://kitabisa.com/campaign/popmamabantuyatimcovid

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk