Masih Kerja di Rumah? Inilah Tips Menjaga Anak Sembari Work From Home

Belum lagi saat nggak ada asisten rumah tangga di rumah!

8 Juni 2020

Masih Kerja Rumah Inilah Tips Menjaga Anak Sembari Work From Home
Paxels/Anastasia Shuraeva

Masa PSBB untuk beberapa daerah diperpanjang hingga akhir bulan ini, namun dengan cap baru bernama PSBB Transisi.

Meski nanti pada 8 Juni 2020 pekerja pemerintahan sudah aktif masuk dengan berbagai sistem dan cara normal yang baru, namun kantor swasta masih banyak juga yang mengandalkan Work From Home (WFH).

Nampaknya Mama masih harus bekerja dari rumah sambil tetap menjaga si Kecil karena cukup timbulkan kecemasan akan masuknya sekolahpun masih belum terselesaikan.

Nah Popmama.com akan membagikan tips untuk tetap produktif WFH bersama meski bersama anak, disimak ya, Ma!

1. Atur prioritas saat WFH

1. Atur prioritas saat WFH
Dok. Tokopedia

Narasumber bernama Aldrin Ferdian seorang Product Design Lead (Home & Search) dari brand kenamaan Tokopedia, memilih untuk mengatur prioritas.

Hal ini bisa jadi menjadi salah satu cara, karena dirinya bisa dengan mudah fokus dan mengerjakan pekerjaan secara efektif.

“Selama WFH, saya selalu membuat rencana kerja harian dengan daftar prioritas yang jelas agar bisa menyelesaikan pekerjaan secara efektif,” kata Aldrin.

Aldrin bertanggung jawab atas sejumlah desain layanan atau fitur, misal kotak pencarian, beranda aplikasi, transformasi aplikasi penjual dan lain-lain.

Meski memiliki banyak tanggung jawab nyatanya cara ini mampu membuat Aldrin untuk tetap berperan sebagai ayah dengan satu anak.

“Saya punya kesempatan lebih dekat dengan keluarga selama WFH. Membagi waktu antara pekerjaan dan urusan rumah secara tepat menjadi sangat penting. Meluangkan waktu sejenak untuk menyegarkan pikiran dan berinteraksi dengan keluarga juga penting demi menjaga produktivitas WFH,” jelasnya.

Editors' Picks

2. Tetapkan rutinitas bagi keluarga

2. Tetapkan rutinitas bagi keluarga
Dok. Tokopedia

Sebagai penanggung jawab berbagai aktivitas tim produksi audio visual Tokopedia, Desiyanti, memilih untuk menerapkan rutinitas.

Hal ini menjadi pilihan efektif disaat dirinya WFH sembari mengurus anak. Anak bisa menjadi tetap produktif begitupun juga dengan pekerjaan yang akan dilakukannya. 

“Selama WFH, saya menyiapkan rutinitas anak yang tidak jauh berbeda dengan hari biasa, misal saya tetap membangunkannya tepat waktu di pagi hari agar ia bisa memulai sesi belajar dari rumah sesuai dengan jam sekolah seperti biasa,” ujar Desiyanti.

Di sisi lain Desi, sapaan akrabnya, juga adalah Mama dengan satu anak. Oleh karenanya ia selalu menyediakan waktu tertentu bagi anaknya. 

“Jam kerja fleksibel memungkinkan saya meluangkan waktu sebelum bekerja untuk mendampingi anak saya sekolah dari rumah selama pandemi,” ujar Desiyanti.

3. Manfaatkan teknologi

3. Manfaatkan teknologi
Paxels/Pixabay

Menggunakan teknologi seperti mrmanfaatkan aplikasi konferensi video  dari rumah juga bisa menjadi pilihan dalam menjalani WFH sbil menjaga anak lho Ma. 

Dengan begitu, Mama dapat berkomunikasi secara transparan dengan tim kerja terkait keadaan di rumah, agar bisa saling memaklumi dan bekerja sama, walau ada keperluan keluarga mendadak yang menyita perhatian dari pekerjaan.

Selain memperlancar komunikasi, teknologi juga bisa mempermudah menemukan segala sesuatu, termasuk membelikan mainan anak tentunya.

4. Jalankan komunikasi

4. Jalankan komunikasi
Paxels/Gustavo

Komunikasi dan kehadiran orangtua penting untuk menjaga ikatan emosional dengan anak sehingga diperlukan beberapa obrolan santai di waktu senggang. 

Nyatanya menjelaskan pada anak saat waktu senggang, juga bisa menjadi pilihan agar anak mengerti dengan keadaan orangtuanya yang sedang bekerja.

5. Kegiatan bervariasi

5. Kegiatan bervariasi
Paxels/Julian Vera Film

Selain wajib mengatur jam istirahat yang efektif selama WFH, karyawan yang juga berperan sebagai orangtua bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk melakukan berbagai kegiatan dengan anak. 

Seperti memasak, bercocok tanam serta membuat kerajinan tangan bisa menjadi pilihan yang ciamik di kala WFH. 

Karena menemani anak di rumah saat ini bisa memperkuat ikatan orangtua dengan anaknya. 

Kehadiran orangtua tentu sangat berarti bagi perkembangan sang Anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk