Penting! Ini Posisi Duduk Paling Tepat saat WFH

Selama WFH masih diperpanjang, kenyamanan saat bekerja sangat penting

4 Juni 2020

Penting Ini Posisi Duduk Paling Tepat saat WFH
Freepik/tirachardz

Jika di kantor, posisi duduk saat bekerja biasanya pasti nyaman karena sudah disesuaikan dengan baik. Tapi saat di rumah, harus mencari posisi tepat sendiri. Popmama.com akan memberikan bocoran posisi duduk paling tepat dan nyaman saat WFH.

Meski sebentar lagi PSBB Jakarta selesai, namun masih banyak kantor yang enggan meminta karyawannya kembali masuk secara serentak. Biasanya, ada penyesuaian jam dan jumlah karyawan yang masuk. 

Sehingga, dalam satu minggu, akan masih ada hari di mana akan dihabiskan dengan WFH. 

Agar bekerja di rumah lebih nyaman, sangat penting untuk menemukan posisi duduk yang tepat. Selain memudahkan bekerja, ini juga penting untuk kesehatan kamu. 

Lalu, seperti apa duduk yang tepat saat WFH?

1. Posisi duduk yang tepat adalah seperti saat sedang berdiri

1. Posisi duduk tepat adalah seperti saat sedang berdiri
freepik.com/freepik

Ahli ortopedi asal AS bernama dr Rahul Shah mengatakan, posisi duduk yang tepat adalah yang mirip posturnya seperti sedang berdiri. 

Dengan begitu, duduk dengan punggung tegak dan kepala tegak dikategorikan posisi yang tepat. 

Biasanya, kepala akan maju ke depan laptop saat sedang fokus dengan pekerjaan. Secara tak sadar, ini bisa mempengaruhi tulang punggung yang bekerja ekstra keras di dalam posisi seperti itu. 

Selain itu, mata juga jadi lebih mudah lelah karena terlalu dekat dengan layar. 

2. Pastikan telapak kaki menempel rata di lantai

2. Pastikan telapak kaki menempel rata lantai
Pexels/Tookapic

Kenyamanan duduk tergantung dari posisi pinggul dan telapak kaki. Pertama, pastikan untuk membuat kaki menekuk dengan sempurna yaitu 90 derajat. 

Usahakan untuk meratakan paha dengan pinggul, tidak terlalu tinggi, tidak terlalu rendah.

Kemudian, pastikan untuk menempatkan telapak kaki di lantai secara sempurna. Tidak menjinjit atau melipat kaki, karena bisa membuat kaki jauh lebih pegal dari seharusnya.

Editors' Picks

3. Bersandar sedikit tak masalah

3. Bersandar sedikit tak masalah
Freepik

Duduk dengan punggung tegak bukan berarti tidak bisa bersandar. Duduk bersandar tak masalah namun pastikan tidak terlalu dalam karena bisa menekuk dan membuat tidak nyaman. 

Memajukan bahu terlalu ke depan atau bersandar dengan tangan selama beberapa waktu juga tidak baik untuk postur tubuh. 

4. Perhatikan posisi siku tangan

4. Perhatikan posisi siku tangan
Freepik

Salah satu hal yang sering terlupakan adalah posisi siku yang tidak tepat. Jika membiarkan siku menekuk sebesar 90 derajat dalam waktu lama, bisa menyebabkan sakit di lengan bawah. 

Biasanya otot di dekat siku akan terasa sakit jika terlalu lama berada di posisi tersebut. Sadarkah, biasanya tangan yang sering memegang mouse akan lebih mudah terasa pegal. Inilah penyebabnya.

Maka dari itu, pastikan untuk menempatkan siku tangan dengan tepat. Berpangku pada tangan tak apa jika durasinya tidak terlalu lama. Sedangkan jika ingin bekerja dalam waktu yang lama, tempatkan siku pada posisi di sisi tubuh agar tidak mudah pegal.

5. Berganti posisi setiap 20 menit

5. Berganti posisi setiap 20 menit
Freepik

Meski telah menemukan posisi yang nyaman, penting untuk terus menggantinya setiap 20 menit sekali. Ini penting untuk menjaga sirkulasi darah di tubuh. 

Selain itu, mengganti posisi secara rutin bisa mengurangi kelelahan jika bekerja dalam waktu yang lama. 

Yang tak kalah penting, usahakan untuk melakukan jeda sebentar setiap 20 atau 30 menit. Bangun dari kursi, gerakkan tubuh sebentar, dan kembali ke posisi duduk akan membuat bekerja lebih menyegarkan dibanding duduk diam berjam-jam. 

6. Lokasi bekerja di rumah yang paling tepat

6. Lokasi bekerja rumah paling tepat
Freepik/Racool_studio

Bayangkan di mana kamu bisa duduk dengan posisi yang tegak dan tangan yang bisa bersandar dengan tekukan yang pas. Biasanya itu adalah meja makan. 

Jika kamu tak punya tempat khusus untuk bekerja di rumah, bisa juga membuat tempat nyaman di meja makan selama jam kerja. 

Sedangkan jika memilih bekerja di kasur, usahakan tidak melipat kaki dan menempatkan laptop di pangkuan. Namun, usahakan untuk duduk di tepi tempat tidur agar kaki bisa tetap menekuk dengan tepat. 

Lalu jika memilih bekerja di sofa, hindari bersandar di bantalannya. Namun duduklah dengan lebih tegap dan bersandar di sandaran siku. 

Jangan lupa juga untuk konsisten bergerak setiap 30 menit sekali karena bekerja di sofa atau tempat tidur akan lebih lelah dibanding di kursi kerja pada umumnya.

Itulah tips duduk nyaman selama bekerja di rumah. Di manapun, tak masalah, agar posisi duduknya tepat. Selamat bekerja!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.