Dijamin Enak, 5 Resep yang Bisa Kamu Buat saat Suami Sedang WFH

Bisa bikin suami tambah sayang lho, Ma!

24 April 2020

Dijamin Enak, 5 Resep Bisa Kamu Buat saat Suami Sedang WFH
Freepik/freepik

Selama diberlakukannya work from home, banyak perempuan yang berlomba-lomba untuk memamerkan masakannya masing-masing.

Tiba-tiba saja semua orang menjadi suka memasak, terutama jika kamu memiliki suami yang bekerja di rumah selama pandemi. Tentunya kamu harus selalu memiliki inovasi agar sang suami tidak bosan memakan masakanmu.

Selain menghindari kejenuhannya terhadap menu makanan yang itu-itu saja, kamu juga bisa meningkatkan mood sang suami dengan mencoba resep-resep baru yang telah Popmama.com rangkum:

1. Spaghetti carbonara favorit suami dan anak

1. Spaghetti carbonara favorit suami anak
Pexels/Engin Akyurt

Untuk memasak spaghetti carbonara kamu perlu menyiapkan bahan-bahan seperti 12 ons spageti, garam halal, 3 butir telur besar, 1 parmesan yang baru diparut, 8 potong daging asap, 2 siung bawang putih cincang, lada hitam yang baru ditumbuk, minyak zaitun extra-virgin (sebagai hiasan), garam laut yang keripik (sebagai hiasan), peterseli yang baru saja dipotong (sebagai hiasan).

Cara membuatnya yaitu:

  1. Dalam panci besar berisi air asin, masak spageti hingga matang. Lalu tiriskan.
  2. Dalam mangkuk sedang, kocok telur dan parmesan sampai rata.
  3. Sementara itu, iris daging lalu masukkan dalam wajan besar di atas api sedang, masak daging sekitar 8 menit. Simpan lemak bekas memasak daging dalam wajan dan pindahkan irisan daging ke piring berlapis kertas tisu untuk ditiriskan.
  4. Untuk wajan yang sama dengan daging, tambahkan bawang putih dan masak sampai harum, sekitar 1 menit. Tambahkan spageti matang dan aduk hingga terlapisi lemak daging. Angkat dari api. Tuang di atas campuran telur dan keju, lalu aduk dengan kuat sampai creamy (hati-hati jangan sampai mengacak telur). Tambahkan air beberapa sendok makan jika perlu.
  5. Bumbui dengan garam dan merica dan aduk daging yang dimasak.
  6. Percikkan dengan minyak zaitun dan hiasi dengan garam laut, parmesan, dan peterseli sebelum disajikan.

Editors' Picks

2. Thai red curry shrimp untuk temani buka puasa

2. Thai red curry shrimp temani buka puasa
homechef.com

Hidangan ini sangat pas untuk buka puasa atau yang sedang bekerja di rumah saja.

Thai red curry shrimp dapat kamu buat dengan menyiapkan bahan-bahan seperti 2 sdt minyak sayur, 2 sdt pasta kari merah, 3/4 cangkir santan, 1 sdm kecap ikan, 2 sdm gula merah, 1/4 cangkir kaldu ayam sodium rendah, 1/2 sdt tepung jagung,1 paprika merah iris tipis, 2 ikat kacang polong (ujungnya dipangkas), 8 ons udang ekstra besar (dikupas, dibersihkan, dan ekornya dibuang), 1/4 cangkir kemangi segar, 2 sdt jus jeruk nipis, garam.

Cara membuatnya:

  1. Dalam wajan besar yang anti lengket, panaskan minyak di atas. Tambahkan pasta kari dan tumis hingga harum, sekitar 30 detik. Tambahkan santan, kecap ikan, dan gula merah. Aduk sampai tercampur.
  2. Kocok kaldu ayam dan tepung jagung bersama-sama dalam mangkuk kecil dan tuangkan ke wajan.
  3. Tambahkan merica dan kacang polong dan masak sampai lunak, 5 hingga 8 menit. Tambahkan lebih banyak pasta kari saat ini jika diperlukan.
  4. Tuangkan udang dan masak 3 sampai 5 menit sampai matang sepenuhnya, balikkan sekali. Angkat dari api dan tambahkan daun kemangi dan air jeruk nipis.
  5. Sajikan dengan nasi.

3. Coconut shrimp with sweet and spicy dipping sauce bagi si suami pecinta udang

3. Coconut shrimp with sweet and spicy dipping sauce bagi si suami pecinta udang
Pexels/Elle Hughes

Untuk membuat main dishnya kamu perlu menyiapkan bahan seperti 12 udang mentah, 1/4 gelas panko, 1/4 cangkir kelapa tanpa pemanis, 2 sdm tepung terigu, 1 butir telur, dikocok, 2 sdm mentega, 2 sdm minyak zaitun.

Sedangkan untuk sausnya kamu perlu siapkan ½ cangkir selai aprikot, 1 sdm cuka anggur beras, 1/2 - 3/4 sdt serpihan cabe merah hancur.

Cara membuatnya:

  1. Ambil tiga mangkuk kecil dan letakkan secara berbaris. Tempatkan tepung di mangkuk pertama, telur di mangkuk kedua, serta panko dan kelapa di mangkuk ketiga.
  2. Kupas udang dan tinggalkan ekornya secara utuh. Celupkan udang ke dalam tepung, lalu ke dalam telur, dan akhirnya ke dalam campuran panko / kelapa. Mencelupkan udang ke dalam tepung terlebih dahulu memungkinkan adonan menempel pada udang.
  3. Panaskan wajan di atas api sedang lalu lelehkan 1 sdm mentega dan kemudian tambahkan 1 sdm minyak zaitun. Setelah mentega dan minyak dipanaskan, masukkan setengah udang ke dalam wajan dan masak 2-3 menit, sampai berwarna cokelat keemasan. Penting untuk tidak menempatkan terlalu banyak udang di dalam wajan agar semua bagiannya matang secara merata.
  4. Tempatkan udang yang sudah dimasak di atas piring yang dilapisi dengan tisu penyerap minyak. Ulangi proses ini sampai semua udang kamu matang.

Tips: untuk menghemat kalori dan lemak cobalah memanggang udang alih-alih menggoreng.

Cukup letakkan udang di atas loyang yang dilumuri sedikit bumbu dan masak dalam oven 425 derajat yang dipanaskan selama 10-12 menit (pastikan untuk membalikkan udang).

4. Baked chicken with tomatoes and garlic yang enak dan tinggi protein

4. Baked chicken with tomatoes and garlic enak tinggi protein
Paxels/Pixabay

Siapkan bahan-bahan seperti 2 sendok makan minyak zaitun extra virgin, 1 sendok teh garam laut, 1 pon ayam bagian paha, 4 siung besar bawang putih (dihancurkan, dikupas, dan dicincang), 1/2 sendok teh lada segar, 4 cangkir tomat segar yang dipotong empat (jika menggunakan tomat ceri, belah dua), 3 - 4 daun kangkung besar (potong tipis), 2 sendok makan rempah segar (kemangi).

Tahapan untuk membuatnya yaitu:

  1. Letakkan paha ayam pada piring dan taburi dengan garam. Tempatkan paha ayam di atas loyang.
  2. Memanaskan lebih dulu oven ke 375 ° F (190 ° C).
  3. Siapkan tomat ceri dengan bawang putih, cuka, minyak: Potong tomat ceri menjadi dua. Tempatkan dalam mangkuk dengan siung bawang putih utuh. Taburi dengan minyak zaitun.
  4. Tempatkan tomat, bawang putih, dan kangkung di sekitar ayam: Tuang tomat ceri di atas potongan ayam dan atur agar diperas di sekitar potongan ayam.
  5. 5 Panggang: Panggang, terbuka selama 45 menit, hingga ayamnya berwarna kecokelatan di atasnya dan matang. Angkat dari oven dan dinginkan selama 5 menit. Tuang lemak ayam berlebih dengan sendok. Taburkan rempah kemangi diatasnya.

5. Buffalo chicken bowl yang enak banget

5. Buffalo chicken bowl enak banget
cosmopolitan.com

Buffalo chicken bowl dapat Mama buat dengan mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan 1/4 cup keju organik, 1/2 cup yogurt dengan lemak, 2 sendok makan jus lemon, 2 sdt bawang merah cincang, 1/2 sdt cuka sari apel organik, 1/4 sdt lada hitam.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu haluskan semua bahan diatas lalu aduk dengan rata, setelah dirasa cukup memiliki tekstur seperti saus.

Tuangkan pada salad dengan campuran daging sapi dan ayam yang sudah kamu panggang. Selamat menikmati.

Nah Ma, itu dia cara membuat menu makanan yang sangat cocok dihidangkan untuk suami di rumah saat sedang bekerja.

Beberapa menu di atas bisa kamu temukan di Aplikasi Yummy. Jika berhasil, jangan lupa buat resep a la kamu di Yummy Appsagar orang lain bisa mempraktekannya juga. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk