Ngemil saat Diet, Perhatikan Hal Ini agar Tak Kebablasan

Jangan sampai program diet kamu sia-sia karena nggak bisa mengatur camilan

18 September 2021

Ngemil saat Diet, Perhatikan Hal Ini agar Tak Kebablasan
Shutterstock/Patrycja St

Apakah kamu sedang atau mungkin baru mau diet? Tentu kamu khawatir juga ingin makan cemilan di sela makan utama meski sedang menjalankan program diet. Ya bukan? 

Tahukah Ma bahwa makan camilan di sela makan utama diperbolehkan meski sedang diet. 

Namun perhatikan beberapa kriteria memilih camilan sehat untuk diet.
Menurut ahli gizi, jenis camilan yang sehat untuk program diet adalah jenis camilan yang memiliki kandungan baik untuk tubuh. 

Jadinya jika kamu mengonsumsi camilan tersebut tak akan berakibat pada masuknya kalori berlebih pada tubuh yang membuat program dietmu hancur berantakan. 

Bedasarkan ulasan dari Jovee, Popmama.com akan beri tahu apa saja yang harus kamu perhatikan saat ingin ngemil meski sedang diet.

1. Pilih yang tinggi serat

1. Pilih tinggi serat
Unsplash/Louis Hansel

Pilihlah jenis camilan yang mengandung kadar serat tinggi seperti buah atau sayur. Kamu bisa mengolah buah atau sayur menjadi minuman jus yang segar atau salad yang lezat. 

Oh iya, saat memilih makan salad pastikan mayones yang kamu pakai adalah jenis mayones rendah kalori sehingga tetap aman untuk diet.

Memilih jenis camilan yang kaya akan serat akan membuat rasa kenyang lebih lama karena serat membuat metabolisme berjalan lebih lambat.

2. Pilih yang tinggi nutrisi

2. Pilih tinggi nutrisi
Pixabay/Shutterbug75

Pilih jenis camilan sehat untuk diet yang mengandung nutrisi yang tinggi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi serta vitamin dalam tubuh. 

Pilih camilan dengan kandungan nutrisi alami yang tentunya akan membuat tubuhmu jauh lebih sehat Ma. 

Editors' Picks

3. Jangan berlebihan

3. Jangan berlebihan
Pexels/Anna Tarazevich

Melihat judul artikel ini, pastinya pejuang diet langsung senang karena kamu merasa aman untuk ngemil. Nggak semudah itu ya, Ma. Meski boleh ngemil, kamu juga harus punya batasan.

Aneka camilan yang baik untuk program diet memang dianjurkan untuk dikonsumsi terutama jika kamu bisa membatasi jumlahnya. 

Karena meski kandungannya aman untuk diet, tetap saja konsumsi berlebihan bisa mempengaruhi kesehatan kamu secara keseluruhan.

4. Jenis camilan untuk penuhi nutrisi saat diet

4. Jenis camilan penuhi nutrisi saat diet
Shutterstock/Tatiana Bralnina

Jika kamu sedang mempertimbangkan untuk memilih jenis cemilan yang sehat maka dianjurkan untuk memilih cemilan berikut ini. 

Mangga Beku yang Bisa Dinikmati seperti Menikmati Es Krim

Mangga Beku Bisa Dinikmati seperti Menikmati Es Krim
Pexels/Riki Risnandar

Seperti misalnya jenis camilan mangga beku. Ini dibuat dengan cara memotong buah mangga dengan potongan kecil kemudian dibekukan di lemari pendingin bagian freezer.

Setelah beku, campurkan potongan mangga beku dengan madu dan sedikit susu. Blender menjadi satu hingga memiliki tekstur yang lembut. Mangga beku ini sangat segar dinikmati di silang bolong. 

Kacang-kacangan Menjadi Alternatif Camilan dengan Serat Tinggi

Kacang-kacangan Menjadi Alternatif Camilan Serat Tinggi
Unsplash/Shelley Pauls

Kemudian, kamu juga bisa memilih jenis kedua yang berasal dari makanan kacang-kacangan. Cemilan ini mengandung serat tinggi yang sangat bagus untuk mendukung program diet lho Ma! 

Kamu bisa mengonsumsi kacang yang tinggi serat tanpa takut alami kenaikan berat badan sama sekali. Tentunya dengan jumlah yang tidak berlebihan ya Ma. 

Yogurt Ditambah dengan Toping Buah-buahan Pastinya sangat Nikmat

Yogurt Ditambah Toping Buah-buahan Pasti sangat Nikmat
Pixabay/Mittmac

Atau kamu bisa juga mencoba camilan yang ketiga yakni, yogurt. Saat ini jenis yogurt yang beredar di pasaran adalah jenis yogurt cair dan kental. Sebaiknya kamu memilih yogurt yang disimpan di bagian chiller bukan freezer yang menunjukkan yogurt tersebut masih mengandung bakteri baik yang masih hidup.

Untuk mengonsumsi yogurt biasanya para pelaku program diet akan mengombinasikannya dengan konsumsi aneka buah yang rendah kalori. 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai jenis camilan yang sehat untuk program diet.

Tak perlu takut untuk konsumsi camilan meski kamu sedang melakukan program diet. Karena yang terpenting adalah bisa memilih jenis camilan yang sehat dan bisa membuat metabolisme di pencernaan kamj tetal bagus sehingga program diet bisa berlangsung dengan sukses.

Sekian info tentang camilan sehat untuk diet. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.