5 Cara Diet untuk Menurunkan Berat Badan agar Cepat Hamil

Begini prinsip diet yang tepat untuk program hamil suami istri!

13 September 2021

5 Cara Diet Menurunkan Berat Badan agar Cepat Hamil
Freepik/jcomp

Kamu tidak perlu menunggu sampai hamil untuk memulai pola makan yang baik.

Dilansir dari whattoexpect.com, mengikuti diet sehat sebelum hamil dapat membantu meningkatkan kesuburan, menurunkan risiko cacat lahir seperti spina bifida dan bahkan mengurangi kemungkinan terkena preeklamsia selama kehamilan.

Oleh karena itu, mulailah memprioritaskan kebiasaan makan yang sehat mulai dari sekarang. Menerapkan pola makan yang sehat sebelum hamil, akan memudahkanmu untuk menjaga pola makan yang sehat selama hamil.

Agar lebih konsisten, berikut Popmama.com telah merangkum 5 cara diet untuk program hamil. Dipraktikan, ya!

1. Perbanyak makan buah dan sayur

1. Perbanyak makan buah sayur
Freepik/sommail

Cara diet untuk program hamil pertama yang harus diperhatikan adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin A, vitamin C, zat besi, magnesium, potasium, dan serat dalam dosis besar.

Usahakan untuk makan empat hingga lima porsi sayuran (setidaknya dua harus berasal dari sayuran berdaun hijau) dan tiga hingga empat porsi buah segar sehari.

Hal ini tak hanya dapat menyehatkan tubuh, namun juga memperbaiki hormon yang tidak seimbang.

Editors' Picks

2. Hindari kontaminasi makanan

2. Hindari kontaminasi makanan
coastalanglermag.com

Tahukah kamu bahwa methylmercury, logam yang ditemukan di beberapa makanan laut termasuk ikan todak, tilefish, king mackerel dan hiu, dapat membahayakan sistem saraf bayi yang sedang berkembang bahkan sebelum pembuahan? Ya, hal tersebut telah dibuktikan oleh Food and Drug Administration (FDA). 

Tak hanya itu, tuna albacore putih juga dapat mengandung metilmerkuri tingkat tinggi, sehingga FDA merekomendasikan untuk membatasi konsumsi tuna albacore hingga 6 ons per minggu selama kehamilan.

3. Jangan lewatkan waktu makan

3. Jangan lewatkan waktu makan
Freepik/Gpointstudio

Saat ini kamu mungkin lebih memilih untuk tidur guna menghindari sarapan atau terus bekerja untuk menghindari makan siang.

Namun, begitu kamu ingin melakukan program hamil, maka kamu harus memberi tubuh nutrisi yang stabil sepanjang hari.

Lihatlah jadwal makanmu sekarang dan pastikan kamu memiliki waktu untuk tiga kali makan lengkap sehari. Setelah hamil, kamu juga dilarang untuk melewatkan waktu makan. Semuanya harus tetap konsisten dari awal hingga akhir.

4. Batasi asupan gula 

4. Batasi asupan gula 
Pexels/Olya Kobruseva

Tidak ada yang bisa sepenuhnya menghilangkan gula, tetapi sebaiknya kamu cerdas dalam mengatur asupan gula dalam sehari. Ini kunci sukses diet untuk program hamil.

Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak gula rafinasi yang ditemukan dalam makanan seperti kue dan permen, serta minuman manis, dapat mengganggu peluang pasangan suami istri untuk hamil.

Oleh karena itu, sebaiknya batasi gula atau ganti asupan gulamu dengan bahan alami seperti madu atau buah-buahan.

5. Kurangi konsumsi kafein

5. Kurangi konsumsi kafein
Freepik/Aopsan

Tahukah kamu bahwa konsumsi kafein secara berlebihan dapat menjadi penyebab kemandulan pada laki-laki dan perempuan?

Ya, beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi lebih dari 300 mg kafein sehari dapat mengurangi kesuburan dan meningkatkan risiko keguguran bagi ibu hamil. Oleh karena itu, sebaiknya kamu dan pasangan mulai mengurangi konsumsi kafein dari sekarang.

Nah, itulah kelima cara diet yang tepat untuk program hamil. Selain mengatur asupan makanan yang sehat dan bernutrisi, kamu dan pasangan juga harus tetap aktif bergerak dengan rutin berolahraga selama 30 menit sehari.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.