Masih WFH? Ini 6 Cara Gunakan Kemampuanmu untuk Menolong Sesama

Menolong dan membahagiakan sesama itu tidak sulit, kamu bisa lakukan dari rumah

30 Maret 2020

Masih WFH Ini 6 Cara Gunakan Kemampuanmu Menolong Sesama
Freepik

Sebagai manusia, kita diberikan kelebihan maupun kekurangan secara adil. Memiliki kemampuan dalam banyak bidang dapat membantu diri sendiri untuk memecahkan berbagai masalah.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan kelebihan pada dirimu untuk turut serta membantu sesama.

Bagaimana kita menggunakan kelebihan yang diberikan adalah sebuah langkah positif untuk menolong sesama dan meringankan sedikit beban orang yang membutuhkan.

Untuk membantu sesama tidak harus selalu dalam bentuk uang, namun dari hal-hal kecil lainnya yang juga dapat memberi kemudahan pada orang lain. Dalam masa-masa penyebaran virus corona atau Covid-19 ini, manusia seharusnya dapat menunjukkan solidaritas dan humanitas untuk saling membantu dan tetap bergotong-royong.

Berikut ini Popmama.com akan menyarankan bagaimana kamu dapat menggunakan kemampuanmu untuk menolong sesama.

1. Membantu membuat banner untuk para pedagang agar usahanya lebih dikenal oleh calon pembeli

1. Membantu membuat banner para pedagang agar usaha lebih dikenal oleh calon pembeli
Pexels/Rawpixel.com

Banyak pedagang yang kesulitan mendapatkan pembeli karena kurangnya perhatian dari masyarakat sekitar, faktor penyebabnya antara lain adalah faktor lokasi, adanya pesaing, tidak adanya pembeli, atau pedagang yang kurang mengerti strategi usaha. 

Jika kamu menyukai dan mampu dalam bidang desain grafis, kamu bisa bantu para pedangang untuk membuatkan banner yang menarik perhatian calon pembeli sehingga pembeli menjadi tertarik. Kamu juga bisa gunakan template-template pada beberapa website atau aplikasi untuk membuat banner menjadi lebih menarik.

Selain itu kamu juga bisa membantu untuk membuatkan tabel daftar harga atau juga brosur untuk membantu pedagang menjadi mudah memasarkan barang dagangannya.

2. Membuat rak yang berisi makanan untuk dibagikan pada masyarakat yang membutuhkan

2. Membuat rak berisi makanan dibagikan masyarakat membutuhkan
Freepik/Pressfoto

Buat kamu yang memiliki hobi masak dan ingin membantu sesama, kamu dapat mengajak keluarga untuk menyiapkan makanan yang diletakkan di dalam lemari atau rak umum sehingga dapat membantu meringankan orang-orang yang sedang mencari nafkah atau kepada masyarakat prasejahtera yang ada di lingkunganmu.

Kamu juga dapat membuka donasi agar memiliki lebih banyak dana untuk membeli bahan-bahan serta peralatan makan.

Agar tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu, pastikan kepada siapa rak umum itu diperuntukan.

Seperti ojek online, pengumpul sampah, masyarakat prasejahtera, dan lain-lain.

Selain hobi masak yang tersalurkan, kamu juga dapat membantu meringankan beban mereka lho!

Editors' Picks

3. Ikut berdonasi pada lembaga-lembaga donasi yang terpercaya untuk membantu sesama

3. Ikut berdonasi lembaga-lembaga donasi terpercaya membantu sesama
Freepik/Maksymiv-yura

Banyaknya lembaga donasi terpercaya saat ini, seharusnya memudahkan masyarakat untuk ikut membantu orang lain yang sedang membutuhkan.

Seperti kondisi saat penyebaran virus Covid-19, dimana banyak pekerja medis yang membutuhkan masker, APD, alkohol swab, dan desinfektan. Banyaknya publik figur yang mengajak masyarakat untuk ikut menyisihkan uangnya di lembaga donasi.

Selain itu juga banyak lembaga yang membuka donasi-donasi untuk bencana alam, orang yang sedang membutuhkan perawatan kesehatan, pendidikan, dan lain-lain.

Sesama manusia memang diharuskan untuk saling membantu satu sama lain, sedikit memberikan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan

Baca juga: Agar Tak Tertipu, Ini Cara Memverifikasi Penyelenggara Donasi

4. Menyebarkan informasi yang valid dan mengingatkan orang lain untuk tidak menyebarkan hoax

4. Menyebarkan informasi valid mengingatkan orang lain tidak menyebarkan hoax
Freepik

Banyaknya informasi yang tidak tepat atau hoax saat ini, tentunya membuat masyarakat menjadi resah. Tanpa mengetahui informasi mana yang benar, banyak pihak yang sengaja menyebarkan informasi tersebut di akun media sosialnya.

Dalam mengurangi informasi hoax, kamu dapat membantu mengingatkan pada orang lain untuk sekedar mengecek informasi tersebut benar atau tidaknya.

Selain itu, kamu juga dapat bantu memberikan informasi yang sesuai fakta berdasarkan media online yang terverifikasi.

Hal ini tentunya untuk memberi pengertian pada orang lain untuk tidak mudah percaya pada informasi-informasi yang belum valid, dan selanjutnya dapat menyebarkan informasi yang tepat.

5. Berdoa menurut kepercayaan masing-masing untuk memberikan kemudahan dan keselamatan

5. Berdoa menurut kepercayaan masing-masing memberikan kemudahan keselamatan
Freepik/Sewcream

Membantu meringankan kesulitan orang lain juga dapat dilakukan dengan mudah, yaitu lewat doa. Kekuatan dari doa memang dapat mengabulkan hal-hal yang memudahkan manusia dalam melakukan tindakan positif.

Saat menjalani ibadah luangkan waktu untuk berdoa bagi orang lain yang sedang sakit, mengalami bencana alam, yang sedang kesulitan, dan lain-lain.

Selain itu, sampaikan juga kata-kata yang menenangkan dan menghibur orang tersebut. Besarkan kembali hatinya melalui pesan-pesan yang kamu sampaikan.

Dengan begitu kamu juga membantu mereka untuk tetap semangat menjalani kesehariannya. Karena dari hal-hal kecil tersebut kamu mungkin dapat menyelamatkan jiwa seseorang lho!

6. Menetapkan kewajiban social distancing atau mengikuti arahan untuk tetap #dirumahaja

6. Menetapkan kewajiban social distancing atau mengikuti arahan tetap dirumahaja
Freepik

Mewabahnya virus Covid-19 ini mewajibkan setiap individu untuk bekerja, belajar, dan beribadah dirumah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus yang cepat antar individu.

Dengan melakukan aktivitas di rumah saja, selain kamu dapat menjaga kesehatan diri sendiri, kamu juga dapat menjaga kesehatan anggota keluarga yang berada di rumah.

Bagi "Generasi Rebahan" yang suka bermalas-malasan di rumah, kini saatnya kamu bantu Indonesia untuk terbebas dari wabah virus corona dengan di rumah saja.

Walaupun lebih banyak menjalani aktivitas di rumah, kamu juga harus menjaga kesehatan agar tetap produktif, seperti rutin berolahraga ringan, mencuci tangan, makan makanan bergizi, dan tidur yang cukup.

Manfaatkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan saling menjaga satu sama lain.

Nah tadi adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk menolong sesama dengan kemampuan dari diri sendiri. Yuk sebagai sesama manusia kita harus saling menjaga, menghormati dan menolong satu sama lain ya!

Mulai sekarang, #yuksebarkankebaikan!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.