Ini Lho, Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin B2 untuk Tubuh

Penting untuk memenuhi kebutuhan Vitamin B2 setiap harinya lho!

10 Juni 2021

Ini, Sumber Makanan Manfaat Vitamin B2 Tubuh
Freepik/Stokkurs

Vitamin B2 atau yang juga dikenal dengan nama Riboflavin merupakan salah satu dari delapan vitamin yang termasuk dalam vitamin B kompleks.

Fungsi dari vitamin ini sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan serta kerja sel secara normal, yaitu bertugas untuk mengubah karbohidrat menjadi adenosine triphosphate (ATP) yang dipakai sebagai sumber energi bagi otot.

Hal inilah yang membuat Vitamin B2 penting untuk menunjang kesehatan Mama sehari-hari. Tak hanya itu saja, ada banyak manfaat lainnya dari Vitamin B2. Apa saja manfaatnya?

Berikut ini Popmama.com akan membahas lebih lanjut tentang manfaat Vitamin B2, serta makanan apa saja yang menjadi sumber Vitamin B2 berdasarkan informasi dari Kelvin Halim, S. Gz yang merupakan ahli gizi dari Jovee.

Yuk simak informasinya di bawah ini!

Sumber Makanan yang Kaya akan Kandungan Vitamin B2

Sumber Makanan Kaya akan Kandungan Vitamin B2
Shutterstock/ratmaner
Dok. Jovee

Setiap harinya, tubuh manusia membuang Vitamin B2 dari tubuh karena sifat dari vitamin ini yang mudah larut. Karena itulah sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan Vitamin B2 setiap hari agar nutrisi tubuhnya terpenuhi.

Untungnya, sangat jarang ada kasus kekurangan Vitamin B2 karena sumbernya sangat banyak dan mudah ditemukan. Berikut ini adalah daftar sumber makanan yang memiliki kandungan Vitamin B2 tinggi:

  • Hati dan daging ayam
  • Daging unggas
  • Ikan salmon
  • Telur
  • Produk susu
  • Kacang-kacangan
  • Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kangkung
  • Kacang kedelai dan olahannya termasuk tempe, tahu, susu kedelai, dan oncom
  • Jamur
  • Rumput laut
  • Gandum utuh
  • Ubi jalar
  • Kismis

Setelah mengetahui apa saja makanan yang kaya akan kandungan Vitamin B2, penting juga untuk mengetahui seberapa dosis yang tepat pemberian Vitamin B2 perharinya. Hal ini untuk mencegah Mama agar tidak kekurangan dan kelebihan Vitamin B2.

Jumlah Asupan Harian Vitamin B2 Menurut Usia dan Jenis Kelamin

Jumlah Asupan Harian Vitamin B2 Menurut Usia Jenis Kelamin
Freepik

Setiap harinya tubuh memerlukan asupan Vitamin B2 dalam takaran yang pas, tidak lebih dan tidak kurang. Jumlah Vitamin B2 yang dibutuhkan per harinya sangat bergantung pada jenis kelamin serta usia.

Berdasarkan pada pedoman Angka Kecukupan Gizi (AKG), berikut ini adalah jumlah Vitamin B2 yang perlu dipenuhi setiap harinya:

  • Laki-laki dewasa: 1,4-1,6 mg
  • Perempuan dewasa: 1,2-1,4 mg
  • Bayi dan anak-anak: 0,3-1,1 mg
  • Perempuan hamil: sekitar 1,7 mg
  • Ibu menyusui: sekitar 1,8 mg

Walaupun hanya dibutuhkan dalam jumlah yang kecil, namun Vitamin B2 memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena tubuh tidak bisa memproduksi Vitamin B2 sendiri, maka untuk memenuhi asupan Vitamin B2 adalah dengan cara mengkonsumsi makanan yang direkomendasikan di atas. 

Manfaat Vitamin B2 untuk Kesehatan Tubuh

Seperti yang dikatakan sebelumnya fungsi dari Vitamin B2 sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan serta kerja sel tubuh secara normal, dan juga mengubah karbohidrat menjadi adenosine triphosphate (ATP) yang dipakai sebagai sumber energi bagi otot.

Tak hanya itu saja berikut adalah tujuh manfaat dari Vitamin B2 yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh saat ini dan dalam jangka panjang:

1. Meningkatkan energi

1. Meningkatkan energi
Shutterstock/NDAB Creativity
Dok. Jovee

Vitamin B2 membantu memecah protein menjadi lemak, asam amino, dan karbohidrat dalam bentuk glukosa. Selanjutnya glukosa tersebut akan dimanfaatkan oleh tubuh sebagai cadangan energi. Itulah mengapa seseorang yang kekurangan Vitamin B2 memiliki fisik yang terlihat lebih lemah.

Hal ini karena molekul yang terdapat dalam makanan tidak bisa dicerna dengan baik. Sehingga menyebabkan tubuh kekurangan energi.

Editors' Picks

2. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

2. Menjaga kesehatan rambut kulit
Freepik/cookie_studio

Salah satu manfaat Vitamin B2 yang juga tak kalah penting adalah mempertahankan kadar kolagen dalam tubuh.

Kolagen diperlukan oleh tubuh untuk menjaga struktur kulit dan menjaga kesehatan rambut. Ketika Mama memenuhi kebutuhan Vitamin B2 dalam tubuh, maka kulit bisa terjaga dengan tetap awet muda dan terhindar dari masalah munculnya garis halus serta penuaan dini.

3. Mencegah katarak

3. Mencegah katarak
Freepik/Kuprevich

Sebagai fungsi jangka panjang, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin B2, dapat mencegah Mama dari risiko katarak.

Hal ini karena manfaat utama dari Vitamin B2, yang salah satunya adalah menjaga kesehatan mata dengan melindungi antioksidan penting di mata yaitu glutathione.

Selain mengonsumsi makanan yang kaya kandungan Vitamin B2, pemberian suplemen yang telah direkomendasikan oleh dokter juga diperlukan untuk menurunkan risiko katarak ketika Mama merasa kekurangan Vitamin B2.

4. Menjaga kesehatan kandungan

4. Menjaga kesehatan kandungan
Shutterstock/MariyaL
Dok. Jovee

Kekurangan asupan Vitamin B2 bagi ibu hamil bisa memicu preeklampsia, yaitu kondisi naiknya tekanan darah yang biasa terjadi saat kandungan memasuki minggu ke-20. Karena itulah sangat penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan bergizi terutama yang kaya akan Vitamin B2 agar kondisi kandungan tetap sehat.

5. Mencegah kanker

5. Mencegah kanker
Freepik/val-suprunovich

Studi membuktikan bahwa Vitamin B2 bermanfaat dalam mencegah kanker. Dasar dari teorinya adalah Vitamin B2 dapat melindungi DNA seluler dari kerusakan oleh agen penyebab kanker, seperti asap rokok.

Dengan adanya peran Vitamin B2 dalam menstabilkan struktur DNA sel, para ilmuwan percaya bahwa kanker tertentu, seperti kanker esofagus dan serviks, dapat dihindari.

6. Mengatasi migrain

6. Mengatasi migrain
Freepik

Menurut National Institutes of Health, Vitamin B2 sangat menjanjikan sebagai pengobatan ampuh untuk sakit kepala migrain.

Migrain disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan bahan kimia otak atau perubahan pada batang otak. Vitamin B2 mampu mengatasi ketidakseimbangan dengan cara meningkatkan pernapasan dan memproduksi energi pada mitokondria sel otak.

7. Mengatur homosistein (Asam Amino)

7. Mengatur homosistein (Asam Amino)
Freepik/jcomp

Homosistein adalah senyawa asam amino yang ditemukan dalam darah. Kadar homosistein yang tinggi atau berlebih disebut sebagai homosisteinemia.

Kondisi asam amino berlebih ini dapat merugikan tubuh, seperti berisiko menimbulkan penyakit stroke, demensia, dan serangan jantung. Suplemen Vitamin B2 yang dikonsumsi setiap hari dapat menurunkan kadar homosistein hingga 40 persen.

Penurunan homosistein dapat mengurangi risiko gangguan neurokognitif, seperti penyakit alzheimer, parkinson, demensia vaskular, epilepsi.

Demikian beberapa informasi seputar manfaat dan makanan apa saja yang kaya akan kandungan Vitamin B2. Vitamin B Kompleks yang memiliki peran vital bagi tubuh. Mulai dari menjaga kesehatan mata, meredakan migrain, melindungi kesehatan kandungan, dan lain sebagainya.

Cara mudah untuk memenuhi asupan Vitamin B2 adalah mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan kandungan Vitamin B2 dan juga bisa didukung oleh suplemen Vitamin B2 yang direkomendasikan oleh dokter.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.