Selain Menyehatkan, Ini 5 Manfaat Vitamin B Complex untuk Ibu Hamil

Ini dia Ma, manfaat dari vitamin B complex!

24 Februari 2021

Selain Menyehatkan, Ini 5 Manfaat Vitamin B Complex Ibu Hamil
Freepik/xb100

Kesehatan ibu hamil di trimester awal perlu dijaga dengan baik agar terhindar dari berbagai penyakit.

Vitamin B complex yang memiliki sifat mudah larut di dalam air ini dapat memberikan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak hanya memberikan kesehatan untuk ibu hamil saja, namun sangat baik untuk kesehatan janin di dalam kandungan. 

Salah satu peran penting dari vitamin B complex yaitu memproduksi energi lebih banyak di dalam tubuh, bahkan dapat bekerja mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang dapat menghasilkan lebih banyak energi.

Apalagi perlu diingat bahwa selama masa kehamilan, ibu hamil membutuhkan energi lebih besar dari sebelumnya.

Jika Mama sedang hamil dan sedang menikmati berbagai cerita di trimester pertama, kali ini Popmama.com akan memberikan informasi menarik mengenai manfaat vitamin B complex untuk ibu hamil.

Penasaran, apa saja manfaatnya? Wajib dibaca nih. Ma! 

1. Menjaga sistem saraf dalam tubuh menjadi lebih optimal 

1. Menjaga sistem saraf dalam tubuh menjadi lebih optimal 
Freepik

Perlindungan terhadap sistem saraf sangat penting karena perannya bagi kesehatan dapat memengaruhi aktivitas selama menjalani masa-masa kehamilan.

Tak jarang, ibu hamil mengalami berbagai gangguan sistem saraf seperti nyeri perut, pusing, atau seringkali terkena kram otot. 

Padahal sistem saraf sangat berhubungan langsung dengan otak dan jiwa, sehingga perlu benar-benar diperhatikan dengan baik terlebih saat sedang hamil.

Jika tidak, maka sistem saraf dapat menyerang organ-organ penting dalam tubuh. 

Perlu Mama ketahui saat hamil tubuh sewaktu-waktu bisa mengalami berbagai keluhan seperti kram, sehingga perlu diberikan asupan nutrisi yang berguna agar dapat dicegah.

Untuk membantu meminimalkan kaki kram, sebaiknya rutin dalam memenuhi kebutuhan vitamin B5 setiap hari melalui makanan seperti brokoli, kuning telur, beras merah, hingga kacang mete. 

Vitamin B complex mampu menjaga sistem saraf dalam tubuh tetap bekerja dengan baik, sehingga tidak mudah sakit dan berdampak buruk untuk kesehatan janin selama di dalam kandungan. 

Editors' Picks

2. Mengurangi masalah kulit dan rambut rontok

2. Mengurangi masalah kulit rambut rontok
Pexels/Вальдемар

Selama masa kehamilan tentu perubahan hormon pada perempuan menjadi tidak seimbang. Seringkali ada keluhan di sela-sela masa kehamilan seperti kulit terasa gatal-gatal, rambut mudah rontok atau bahkan kuku rapuh. 

Saat kondisi ini mulai terjadi di awal-awal kehamilan, sebaiknya perlu memperbanyak asupan vitamin B7 secara rutin.

Walau kebutuhan vitamin B7 selama hamil hanya 30 mcg setiap harinya, namun kebutuhan ini perlu dipenuhi dengan baik. Selain itu, vitamin B7 tidak hanyak dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit saja karena nutrisinya dapat meningkatkan pertumbuhan janin dari hari ke hari.

3. Mampu meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak mudah sakit

3. Mampu meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak mudah sakit
Freepik/Nensuria

Ibu hamil yang pola hidupnya kurang dijaga dengan baik, terkadang rentan terserang berbagai penyakit. Bahkan jika sistem imun tubuhnya kurang baik, sewaktu-waktu dirinya dapat tertular penyakit apapun di sekitarnya.

Untuk meminimalkan segala kemungkinan buruk terkait kesehatan, ada baiknya untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi agar sistem imun meningkat.

Selain itu, ibu hamil perlu mengimbangi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung berbagai vitamin B complex. Demi terhindar dari berbagai penyakit, vitamin B complex perlu dikonsumsi secara rutin.

Jika sistem tubuh ibu hamil tidak terjaga dengan baik, maka calon bayi di dalam kandungan pun akan terpengaruh. 

Mulai sekarang lebih berkonsentrasi untuk selalu meningkatkan gizi yang dikonsumsi agar bayi bisa lahir dengan lebih sehat yuk, Ma! 

4. Mengoptimalkan pertumbuhan janin agar terhindar dari cacat lahir

4. Mengoptimalkan pertumbuhan janin agar terhindar dari cacat lahir
Freepik/Onlyyouqj

Semua orangtua tentu ingin anaknya terlahir dengan kondisi sehat dan sempurna, sehingga ibu hamil perlu menjaganya sedari masih di dalam kandungan. 

Usahakan untuk rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B complex agar mampu mengurangi risiko bayi terlahir cacat.

Utamakan asupan vitamin B9 atau asam folat karena ini membantu kondisi bayi dapat terlahir sempurna, sehingga terhindar dari berbagai risiko buruk yang tidak diinginkan

Selain itu, kandungan vitamin B complex dapat meningkatkan kecerdasannya dengan baik nih, Ma.

5. Meminimalkan berbagai gangguan pada sistem pencernaan 

5. Meminimalkan berbagai gangguan sistem pencernaan 
Pexels/Max Nikhil Thimmaya

Sistem pencernaan ibu hamil perlu dijaga dengan segala asupan vitamin B complex karena memiliki sifat larut yang lebih mudah di dalam air.

Hal ini tentu membantu memperlancar kerja sistem pencernaan di dalam tubuh. Mama tak perlu bingung dengan berbagai vitamin B complex yang berperan aktif dalam memperlancar sistem pencernaan.

Beberapa vitamin B complex yang bisa dipilih untuk meminimalkan gangguan sistem pencernaan selama masa kehamilan antara lain vitamin B1, B2, dan B6.

Selain itu,  vitamin B3 atau niasin juga dapat memberikan manfaat positif untuk tubuh karena dapat menyehatkan ibu hamil, seperti:

  • Mengatasi masalah pencernaan
  • Meredakan sakit kepala yang sering terjadi selama hamil
  • Mengurangi rasa mual dan muntah 

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B3, maka bisa mengonsumsi beberapa makanan yakni biji bunga matahari, ikan tuna, ubi jalar, alpukat, hingga tomat.

Perlu diingat bahwa sistem pencernaan yang baik tentu tidak akan mengganggu kesehatan ibu hamil ataupun janin saat masih berada di dalam kandungan. 

Itulah beberapa manfaat vitamin B complex untuk ibu hamil. Semoga ini dapat menjadi pengetahuan baru yang membuat masa-masa kehamilan mama terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tetap semangat menjalani kehamilan di trimester awal ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.