7 Makanan Penyebab Asam Urat, Penyakit yang Bisa Menyerang Siapa Saja!

Makanan laut ternyata sangat berpotensi menjadi penyebab asam urat

25 Juni 2020

7 Makanan Penyebab Asam Urat, Penyakit Bisa Menyerang Siapa Saja
Pexels/andrea piacquaidio

Penyakit asam urat sepertinya sudah bukan penyakit yang menyerang usia 30 tahun ke atas. Orang dewasa berusia di bawahnya, juga bisa mengalami asam urat lho. 

Asam urat biasanya berlangsung selama 3-10 hari. Asam urat bisa terjadi dikarenakan kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. 

Tetapi dalam kondisi tertentu, tubuh dapat menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat. Efek yang diakibatkan dari penyakit asam urat ini adalah nyeri yang luar biasa dibagian persendian.

Hingga dikondisi terparah bisa membuat persendian kita tidak bisa digerakkan. Selain karena faktor keturunan, pola makan yang tidak baik juga bisa kita terjangkit penyakit ini lho.

Yuk, sama-sama kita simak 7 Makanan penyebab asam urat dari Popmama.com

1. Daging unggas bisa memiliki kandungan yang kurang baik buat pengidap asam urat

1. Daging unggas bisa memiliki kandungan kurang baik buat pengidap asam urat
Pexels/pixabay

Daging unggas seperti ayam dan bebek pada umumnya untuk dikonsumsi. Namun, daging unggas seperti kalkun dan angsa memiliki kadar purin yang tinggi.

Kalkun kaya akan protein,sumber vitamin, dan mineral yang luar biasa, terutama vitamin B dan omega-3. Nutrisi ini diperlukan tubuh untuk mendukung berbagai aspek kesehatan, termasuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot. 

Namun, kadar purin yang tinggi tentunya tidak baik untuk pengidap asam urat, dan memicu timbulnya asam urat apabila dikonsumsi secara berlebihan. Untuk penderita asam urat,sebaiknya di hindari ya!

2. Konsumsi susu berlebihan juga tidak disarankan

2. Konsumsi susu berlebihan juga tidak disarankan
Pexels/fa romero photography

Susu memiliki kadar purin yang bisa membuat asam urat kambuh. Susu yang dikeluarkan dari hewan umumnya mengandung kadar purin yang lebih rendah dari susu kedelai.

Nutrisi yang terkandung didalam susu sangat banyak seperti kalsium, protein, vitamin D, zat besi, omega-3, dan omega-6. 

Kadar purin yang dimiliki susu tidak terlalu banyak. Untuk yang tidak memiliki riwayat penyakit asam urat, asam urat, susu aman untuk dikonsumsi dengan tidak berlebihan. Namun, bagi penderita asam urat lebih baik untuk dikurangi  ya minum susunya.

Editors' Picks

3. Makanan laut juga nggak baik untuk penderita asam urat

3. Makanan laut juga nggak baik penderita asam urat
pexels/chait goli

Makanan laut memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Makanan laut memiliki kandungan protein yang tinggi, yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tentunya di masa pandemi ini kia perlu mengonsumsi makanan yang berguna untuk meningkatkan sistem imunitas kita.

Namun, kadar purin yang terkandung dalam makanan laut juga sangat tinggi sehingga bisa menjadi pemicu penyakit asam urat lho.

Tapi tidak semua makanan laut memiliki purin tinggi. Ikan salmon memiliki purin yang rendah serta kadar protein yang tinggi dan aman dikonsumsi untuk orang yang punya asam urat.

4. Daging merah punya kadar purin yang tak baik bagi penderita asam urat

4. Daging merah pu kadar purin tak baik bagi penderita asam urat
Pexels/lukas

Daging merah biasanya terdapat di dalam sapi, kambing, domba, dan babi. Daging memiliki banyak nutrisi seperti hal nya susu. Di dalam daging terkadung zat besi, protein, magnesium, vitamin B6, dan masih banyak yang lainnya.

Kandungan protein yang dimiliki daging merah juga sangat tinggi seperti makanan laut, namun kadar purin yang terkandung dalam daging merah juga sangat tinggi. Hati-hati, ya!

5. Minuman manis juga harus dikurangi bagi pemilik asam urat

5. Minuman manis juga harus dikurangi bagi pemilik asam urat
Pexels/ylanite koppens

Minuman yang memiliki kandungan gula seperti minuman kemasan dan minuman bersoda dapat meningkatkan kadar asam urat didalam tubuh. Kandungan fruktosa  minuman manis dapat memicu terjangkitnya penyakit asam urat.

Selain asam urat banyak penyakit lainnya lho yang bisa timbul akibat terlalu banyak mengonsumsi minuman, seperti diabetes. Oleh karena itu yuk, kita mulai kurangi mengonsumsi minuman manis secara berlebihan.

6. Minuman beralkohol nggak baik buat pemilik asam urat

6. Minuman beralkohol nggak baik buat pemilik asam urat
Pexels/isabella mender

Minuman beralkohol dapat memicu datangnya penyakit asm urat. Alkohol dapat  menyebabkan pembuangan asam urat lewat urin berkurang, sehingga asam urat tetap berada di peredaran darah dan menumpuk di persendian. Biasanya penderita akan mengalami nyeri yang hebat  apabila asam urat sudah menumpuk di persendian.

7. Kacang tanah memiliki kadar puring yang tinggi

7. Kacang tanah memiliki kadar puring tinggi
Pexels/shatta pilabut

Berbeda dengan jenis kacang-kacangan lainnya. Kacang tanah memiliki kadar purin yang tinggi dibanding dengan jenis kacang lainnya.

Selain memiliki kadar purin yang tinggi, kacang memiliki nutrisi yang sangat baik untuk tubuh kita, seperti protein, serat, magnesium, dan vitamin B3.

Namun, karena kandungan purin yang sangat tinggi sebaiknya hindari mengonsumsi kacang tanah secara berlebihan agar terhindar dari risiko penyakit asam urat.

Itulah beberapa makanan yang menyebabkan asam urat. Jadi, jika kamu menyukai salah satunya, sebaiknya mulai dikuraangi sebelum kamu punya asam urat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.