7 Tempat Tamasya Terbaik untuk Merayakan Imlek Bersama Keluarga

Beberapa tempat ini pasti cocok untuk Mama dan keluarga

30 Januari 2019

7 Tempat Tamasya Terbaik Merayakan Imlek Bersama Keluarga
Instagram.com/xsazha

Melalui perayaan Imlek di tahun ini, Mama akan menemukan momen berkualitas bersama keluarga. Perayaan tahun baru kali ini akan menghadirkan suasana yang berbeda dengan dominasi budaya dan kultur Tiongkok.

Tidak ada salahnya kalau Mama ikut bergabung dalam kebahagiaan Tahun baru China. Mama dapat turut merayakan hari spesial tersebut dengan mengunjungi berbagai tempat rekreasi yang memberikan pengalaman Imlek terbaik untuk Si Kecil.

Setidaknya ada 7 tempat terbaik yang Popmama.com rangkum sebagai rekomendasi yang bisa dijadikan pilihan untuk Mama dan keluarga. Yuk, kita intip masing-masing tempat di bawah ini!

1. Kampung China Cibubur

1. Kampung China Cibubur
Instagram.com/zahroalhasny_
Lokasi: Jl. Boulevard Kota Wisata, Cibubur, Ciangsana, Gn. Putri, Bogor

Memasuki kawasan perumahan Kota Wisata Cibubur, ada berbagai tempat yang dihadirkan dalam sebuah deretan rumah-rumah berciri khas negara-negara luar. Salah satunya, sebuah area bernama Kampung China Cibubur yang meyajikan ciri khas negeri China melalui bangunan-bangunan dan atribut berwarna merah yang mewakili budaya dan kultur negara tersebut.

Dengan mengunjungi area tersebut, Mama dan keluarga pun akan dimanjakan dengan berbagai pilihan souvenir bernuansa China seperti lampion, payung dan beberapa pakaian khas China.

Tidak menutup kemungkinan, acara khusus seperti Imlek akan menghadirkan pertunjukan tarian Barongsai yang biasanya diselenggarakan sepanjang hari. Seru, nih!

2. Kawasan Pecinan Glodok

2. Kawasan Pecinan Glodok
Instagram.com/ivanra1028
Lokasi: Jl. Kemenangan No.40, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat

Dari berbagai kawasan tempat di Jakarta, kita tentu mengenal kawasan Pecinan Glodok yang berada di bagian barat kota metropolitan ini.

Tempat ini merupakan tempat yang dapat dikategorikan memiliki nuanda tradisional negeri China yang sangat kental. Bukan hanya bangunan-bangunan dan atribut yang mempertontonkan budaya Tiongkok, mayoritas orang-orang keturunan Tiongkok turut tinggal di kawasan tersebut.

Alhasil, saat Mama dan keluarga berkunjung ke Glodok, Mama dapat mencoba berbagai makanan khas Tiongkok yang mudah ditemukan di setiap sudut kawasan.

Secara khusus, Mama dapat merasakan pengalaman tersebut saat memasuki kawasan Pasar Petak Sembilan di Pecinan Glodok. Wah, waktunya makan makanan khas Imlek bersama keluarga nih, Ma!

Editors' Picks

3. Vihara Patung Seribu

3. Vihara Patung Seribu
Instagram.com/markitrip
Lokasi: Batu IX, East Tanjungpinang, Tanjung Pinang City, Riau

Tidak ada yang lebih indah saat Mama merasakan suasana khas Imlek bersama keluarga dengan ornamen bangunan tradisional dari negeri China yang diselaraskan bersama alam Indonesia yang indah.

Hal ini dapat Mama wujudkan dengan mengunjungi sebuah vihara bernama Vihara Patung Seribu yang terletak di Tanjung Pinang.

Mengikuti namanya, vihara ini memiliki keunikan sendiri dalam mempertontonkan deretan patung yang terbilang banyak sebagai sambutan terbaik saat para pengunjung memasuki gerbang vihara.

Kemudian, pegunungan dan tanaman hijau yang membentang di sekitarnya akan menjadi penghias terbaik untuk dinikmati Mama bersama keluarga.

4. Klenteng Boen San Bio

4. Klenteng Boen San Bio
Instagram.com/yovan_waluyo
Lokasi: Jl. Pasar Baru, Kelurahan Kranjaya, Karawaci

Terletak di daerah Karawaci, Mama dan keluarga dapat mengunjungi Klenteng Boen San Bio dengan akses KRL atau kereta commuter Indonesia yang mudah ditempuh di Jakarta.

Sesampainya di sana, Mama akan merasakan kelegaan yang teramat dalam karena pemandangan bangunan dari Klenten Boen San Bio yang sangat kental dengan budaya dan kultur Tiongkok yang selaras dengan hari perayaan Imlek.

Di tempat ini, Mama akan menikmati nilai historis pada tekstur dan arsitektur bangunan yang telah lama berdiri. Kemudian, atribut-atribut yang menjadi penghias akan memberikan suasana yang mengesankan.

Tidak lupa, sebuah patung berbentuk sepasan burung Fenghuan atau Hong (Phoenix) akan menjadi sarana tambahan yang mengesankan.

Setelah itu, perayaan Imlek yang meriah akan turut disambut oleh pedagang-pedagang yang memastikan perut Mama dan keluarga menikmati kuliner khas Imlek yang lezat. Asik, nih!

5. Klenteng Hok Tek Bio

5. Klenteng Hok Tek Bio
Instagram.com/hoktekbiogombong
Lokasi: Jl. Letnan Sukarna, Pasar Ciampea, Bogor

Satu lagi sebuah klenteng khas Imlek yang rasanya kurang lengkap jika Mama tidak melakukan kunjungan spesial di hari libur khusus Tahun Baru China atau Imlek. Pasalnya, tempat ini merupakan salah satu target tujuan para wisatawan yang ingin merasakan nuansa Imlek di Indonesia.

Bagaimana tida! Klenteng Hok Tek Bio selalu menyajikan berbagai pameran kesenian tradisional dari negeri China. Tidak terkecuali, perayaan Tahun Baru China atau Imlek turut menghadirkan atraksi Barongsai dan Liong khas Imlek yang menghibur.

Kedua atraksi tersebut digelar sejak sore hingga dini hari. Wah, Mama dan keluarga tidak boleh ketinggalan, nih!

6. Vihara Avalokitesvara

6. Vihara Avalokitesvara
Instagram.com/triponu.id
Lokasi; Jl. Raya Serang, Banten, Kasemen, Kota Serang, Banten

Bergeser dari nuansa modern kota metropolitan Jakarta, ada sebuah vihara bernama Vihara Avalokitesvara yang berdiri sempurna di kawasan Banten Lama.

Tempat ini menjadi salah satu vihara tertua yang disebut spesial oleh warga sekitar dan wisatawan.

Pasalnya, vihara ini berdiri di tengah-tengah kemajemukan masyarakat yang hidup dengan harmonis. Berdekatan dengan sebuah Masjid Agung Banteng Lama, Vihara ini disambut oleh para masyarakat Muslim dan lainnya dengan hangat.

Alhasil, perayaan Imlek yang diselenggarakan akan memberi nilai toleransi yang sangat bermakna di tempat tersebut. Itu artinya, Mama dapat turut mengajar nilai toleransi secara nyata pada anak mama melalui suasana hangat di Vihara Avalokitesvara.

7. Vihara Dharma Bhakti

7. Vihara Dharma Bhakti
Instagram.com/winda_lq
Lokasi: Jl. Kemenangan III Petak Sembilan, Tamansari, Glodok

Ketika Mama memasuki kawasan Pecinan Glodok, Mama sangat dianjurkan untuk mengunjungi sebuah vihara bernama Vihara Dharma Bhakti. Sejak dibangun pada tahun 1650, vihara ini selalu menjadi daya tarik utama kawasan tersebut sebagai vihara tertua di Jakarta.

Pasalnya, dalam sebuah perayaan khusus, seperti Tahun Baru China atau Imlek, ribuan orang akan menghadiri acara perayaan yang bersifat umum secara tertib.

Tradisi yang dilakukan sangat mengesankan. Salah satunya adalah menyaksikan ratusan lilin raksaksa yang menyambut pengunjung dari depan gerbang. Wah, anak mama pasti akan terkesan sekali saat melihatnya.

Sekarang, tidak ada alasan lain untuk Mama dan keluarga berdiam diri di rumah saat menyambut hari Tahun Baru China atau Imlek. Mama dapat mengunjungi salah satu dari 7 tempat wisata khas Imlek di atas.

Mama harus menjaga dan mengawasinya untuk tetap dekat dengan Mama dalam rangka mengantisipasi beberapa modus penculikan baru yang terjadi akhir-akhir ini

Baca juga: 7 Fakta Perayaan Imlek di Tahun 2019, Tahun Babi Tanah

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.