Rincian Bonus Medali SEA Games 2021 untuk Atlet Indonesia

Indonesia berhasil mengumpulkan 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu dengan total 241 medali

23 Mei 2022

Rincian Bonus Medali SEA Games 2021 Atlet Indonesia
Pexels/RODNAE Production

Perhelatan SEA Games 2021 di Vietnam sebentar lagi akan berakhir. Event dua tahunan tersebut dimulai pada 12 Mei hingga 23 Mei 2022. Upacara penutupan akan dijadwalkan pada pukul 20.00 WIB.

Beberapa atlet dari berbagai kompetisi turut menyumbangkan medali untuk negaranya masing-masing. Negara Indonesia sementara ini sudah menyumbangkan 69 emas, 91 perak dan 81 perunggu dengan total 241 medali.

Para atlet yang memenangkan kompetisi tentunya sudah ditunggu oleh hadiah dan bonus oleh masing-masing federasi olahraga. Pemerintah setempat bahkan menjanjikan hadiah yang luar biasa bagi atletnya.

Jika ingin mengetahui bonus dan hadiah yang akan didapatkan oleh atlet Indonesia, kali ini Popmama.com telah merangkumnya secara lebih detail. 

1. Dijanjikan rumah bagi atlet dayung

1. Dijanjikan rumah bagi atlet dayung
Pexels/Patrick Case

Atlet peraih medali pada kompetisi dayung akan dijanjikan hadiah rumah oleh Kementerian PUPR. Hal tersebut diungkapkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljo setelah menyaksikan pertandingan renang di My Dinh Water Sports Palace, Hanoi, Vietnam, pada Sabtu (14/5/2022).

"Pada Asian Games lalu, semua atlet, tidak hanya yang meraih emas dibikinkan rumah, mungkin (kini) ada tambahan yang belum punya rumah. Yang belum dapat rumah akan saya bikinkan karena ini team work,” ujar Basuki, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI).

Perolehan medali untuk Indonesia dari cabang olahraga dayung yaitu delapan medali emas dan enam medali perak. Seluruh medali disapu bersih oleh tim dayung laki-laki pada SEA Games 2021.

Editors' Picks

2. Hadiah Rp7 miliar bagi peraih medali emas di Esport

2. Hadiah Rp7 miliar bagi peraih medali emas Esport
Pexels/Yan Krukov

Hadiah senilai Rp7 miliar juga dijanjikan oleh Pengurus Besar Esport Indonesia (PBES). Cabang olahraga Esport mengirimkan 38 atlet ke SEA Games 2021

Ketua Harian PBESI, Bambang Sunarwibowo, memberikan tambahan uang saku untuk atlet esport yang berlaga sebesar Rp850 juta. Lalu, hadiah Rp7 miliar akan diberikan kepada enam atlet esport yang meraih emas pada SEA Games 2021.

Sementara itu, atlet esport Indonesia berhasil meraih dua emas, tiga perak dan satu perunggu. Medali emas didapat melalui Free Fire dan PUBG mobile beregu, tiga perak dari Free Fire, PUBG Mobile individu, dan Mobile Legends: Bang Bang, serta satu perunggu dari Cross Fire.

3. Dijanjikan hadiah mobil untuk atlet tinju

3. Dijanjikan hadiah mobil atlet tinju
Pexels/Sabel Blanco

Menurut penuturan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, dirinya bangga kepada Huswatun Hasanah yang turun dalam cabang olahraga tinju. Diketahui Huswatun Hasanah merupakan prajurit TNI AD dengan pangkat Sersan Satu.

Karena kebanggaannya, Dudung menjanjikan mobil sebagai hadiah jika Huswatun bisa meraih medali emas pada SEA Games 2021.

Diketahui atlet tinju asal Indonesia yang berlaga di SEA Games 2021 sementara ini telah meraih satu medali emas dan dua medali perak. Medali emas diraih oleh Maikhel Robberd Muskita yang turun di kelas 75-81 kg laki-laki.

Selain itu, dua medali perak dipersembahkan oleh Farrand Papendang dan Sarohatua Lumbantobing. Indonesia masih bisa menambah emas melalui Huswatun Hasanah yang akan melawan wakil Vietnam di kelas 57-60 kg perempuan.

4. Atlet MTB Cross mendapat hadiah rumah

4. Atlet MTB Cross mendapat hadiah rumah
Pexels/Crys Jardim Fotografia

Peraih medali emas dan perak asal Lumajang, Jawa Timur, diberikan hadiah oleh pemerintah Kabupaten Lumajang. Adalah Zaenal Fanani dan Ihza Muhammad, yang masing-masing mendapat emas dan perak pada olahraga MTB Cross Country SEA Games 2021.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, memberikan kedua atletnya masing-masing hadiah. Zaenal Fanani yang meraih emas diberikan rumah, sedangkan Ihza Muhammad mendapat uang Rp50 juta setelah meraih perak.

"Pemkab Lumajang memberikan reward berupa satu unit rumah untuk peraih emas dan uang Rp 50 juta untuk peraih perak dalam ajang Sea Games 2022," ucap Thoriqul Haq.

Itulah rincian bonus medali Sea Games 2021 untuk atlet Indonesia. Semoga para atlet terus mengharumkan nama bangsa di ajang olahraga lainnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk