Peringkat 43 di Paralimpiade Tokyo, Ini Raihan Medali Atlet Indonesia

Mari beri selamat untuk atlet Paralimpiade Indonesia

7 September 2021

Peringkat 43 Paralimpiade Tokyo, Ini Raihan Medali Atlet Indonesia
Dok. KBRI Tokyo

Paralimpiade Tokyo 2020 sudah berakhir pada Minggu 5/9/2021. Pada gelaran ini, sebenarnya Indonesia berhasil melewati targetnya, Atlet disabilitas kita mampu mengumpulkam total 9 medali. 

Meski begitu Indonesia masih belum bisa menjadi yang terbaik di Asia Tenggara, karena Thailand berada di posisi ke-25 dengan torehan 5 emas, 5 perak, dan 8 perunggu. 

Sedangkan Malaysia berpuas di urutan ke-39 dengan 3 emas dan 3 perak.

Nah negeri kebanggan kita mampu meraih dua medali emas, tiga perak, dan empat perunggu. Popmama.com akan beri tahu kamu siapa saja mereka yang berhasil meraih medali di ajang terbesar disabilitas tersebut. 

1. Leani Ratri dan Khalimatus Sadiyah

1. Leani Ratri Khalimatus Sadiyah
Dok. IDN Times

Ganda putri Indonesia, Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah, berhasil menyabet medali emas pertama untuk Indonesia di ajang Paralimpiade Tokyo 2020. 

Mereka sukses mengalahkan ganda Tiongkok, Cheng Haifeng/Ma Huihui, dalam duel ketat di Musashino Forest Arena, Sabtu (4/9/2021), dua game langsung.

2. Hery Susanto/Leani Ratri Oktila

2. Hery Susanto/Leani Ratri Oktila
Dok. IDN Times

Hary/Ratri sukses merupakan penyumbang medali emas kedua bagi kontingen Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020. Khusus bagi Ratri, ini jadi emas kedua baginya di ajang bergengsi terdebut.

Editors' Picks

3. Dheva Anrimusthi dan Suryo Nugroho

3. Dheva Anrimusthi Suryo Nugroho
Dok. IDN Times

Dua wakil tunggal putra Indonesia di canbang olahraga para badminton, Dheva Anrimusthi dan Suryo Nugroho, menyumbang dua medali dari ajang Paralimpiade Tokyo 2020. Medali tersebut diperoleh pada, Sabtu (4/9/2021) lalu.

Sama-sama turun di kelas SU5, Dheva dan Suryo memastikan Indonesia mengantongi medali perak serta perunggu.

Dheva yang berhadapan dengan wakil Malaysia, Cheah Liek Hou, harus puas dengan medali perak usai takluk 17-21, 15-21.

Sementara, Suryo berhasil mengamankan pertandingan perebutan medali perunggu usai menaklukkan wakil Taiwan, Fang Jen Yu, dalam dua game langsung dengan skor 21-16, 21-9.

4. David Jacobs

4. David Jacobs
Dok. IDN Times

Atlet paratenis meja kita, David Jacobs, menyumbang medali perunggu di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 pada Sabtu (28/8/2021) di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang. 

Medali ini sekaligus menjadi medali ketiga Indonesia di gelaran ini. Dilansir dari IDN Times, Medali tersebut direbut David Jacobs setelah takluk di babak semifinal melawan wakil Prancis, Mateo Boheas, dengan skor 2-3 (9-11, 8-11, 11-3, 11-5, 8-11). M

5. Saptoyogo Purnomo

5. Saptoyogo Purnomo
Dok. IDN Times

Indonesia menambah raihan medali di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 lewat atlet para-atletik, Saptoyoga Purnomo, Jumat (27/8/2021.

Ya, Saptoyogo yang turun mewakili Indonesia di nomor pertandingan 100 m atletik T37, menyumbang medali perunggu.

 Dengan catatan lari 11.31 detik, Saptoyogo yang awalnya hanya menargetkan untuk memecahkan rekor pribadinya, dirinya justru sukses membawa pulang medali perunggu dari ajang Paralimpiade Tokyo 2020 tersebut. 

6. Ni Nengah Widiasih

6. Ni Nengah Widiasih
Dok. NPC Indonesia

Indonesia mendapatkan medali pertama pada ajang Paralympic Tokyo 2020.

Adalah atlet para powerlifter Indonesia, Ni Nengah Widiasih yang berhasil menyumbang medali pertama di ajang Paralympic Tokyo 2020, Kamis (26/8/2021).

Widi sukses finish di posisi kedua di nomor 41 kg putri, cabor angkat besi yang dihelat di Tokyo International Forum, Kamis (26/8/2021).

Demikian informasi mengenai raihan medali dari atlet Paralimpiade Indonesia. Selamat untuk para atlet yang sudah bekerja begitu keras untuk Tanah Air. Salute!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.