Inspiratif! Dhinda, Atlet Sepatu Roda, Raih 2 Medali di PON XX 2021

Meraih satu medali emas dan satu medali perak

3 Oktober 2021

Inspiratif Dhinda, Atlet Sepatu Roda, Raih 2 Medali PON XX 2021
Instagram.com/ponxx2020papua

Pekan Olahraga Nasional XX yang digelar di Papua ini menarik perhatian para masyarakat Indonesia. Banyak sekali atlet muda yang sangat berbakat hingga membuat takjub. Salah satunya Dhinda Salsabila. 

Atlet sepatu roda dari kontingen Papua ini menunjukkan teknik bermain yang sangat keren dengan berlari di dalam arena perlombaan.

Dari usahanya tersebut, Dhinda akhirnya berhasil memenangkan 2 medali untuk Papua. Hal itu membuat masyarakat Indonesia yang menyaksikan terkagum-kagum. 

Tidak hanya itu, masyarakat Indonesia pun semakin kagum dengan sosok Dhinda karena ia berhasil berprestasi di usianya yang masih muda yakni 18 tahun. 

Nah, untuk mengetahui perjuangan Dhinda dalam dunia sepatu roda, berikut ini Popmama.com telah merangkumkan informasinya untukmu. Simak yuk! 

Editors' Picks

1. Mulai terjun di dunia sepatu roda pada tahun 2019 

1. Mulai terjun dunia sepatu roda tahun 2019 
Instagram.com/dindasabilajh

Dhinda mulai mengenal olahraga sepatu roda saat diajak sang Mama untuk menonton PON 2012 di Pekanbaru yang merupakan tanah kelahirannya. 

Hal itu ternyata membuat perempuan berusia 18 tahun ini menekuni olahraga sepatu roda. Selain itu, saat itu pun ia menetapkan cita-citanya untuk menjadi atlet nasional separu roda. 

Akhirnya, pada tahun 2019 Dhinda bergabung dengan tim sepatu roda papua yakni klub Cenderawasih Speed Skating. Dari klub tersebut akhirnya Dhinda debut di PON XIX Jawa Barat. 

Tak henti di situ, Dhinda pun tetap berada di klub untuk terus berlatih dengan giat guna mempersiapkan diri bertanding di PON XX Papua 2021 ini. 

2. Kerja kerasnya dalam berlatih mengantarkan Dhinda kepada kejuaraan 

2. Kerja keras dalam berlatih mengantarkan Dhinda kepada kejuaraan 
Instagram.com/dindasabilajh

Kerja keras dan ketekunan dalam berlatih akhirnya membuat Dhinda mampu berhasil meraih 2 medali untuk Papua di PON XX 2021. 

Ia meraih medali emas di nomor Individual Time Trial (ITT) 200 meter putri pada Selasa lalu (28/09/2021). Dhinda berhasil mengalahkan lima atlet lainnya dengan meraih poin tertinggi sebesar 16.724. 

Kemudian pada Kamis (30/5/2021), Dhinda kembali berhasil menyumbangkan medali perak di nomor ITT 500 meter putri.

Sebelumnya, perempuan 18 tahun ini pun pernah mengikuti Korean Open Short Track 2019 dan berhasil meraih medali perunggu. 

Kemudian, pada ajang Piala Ibu Negara, Dhinda berhasil mendapatkan medali perunggu di nomor 5000 meter. Sedangkan pada Bekasi Open, ia menorehkan medali perak nomor 200 meter dan emas di nomor 500 meter.

Namun, ternyata prestasinya tidak hanya dalam sepatu roda saja lho. Shinda juga pernah menorehkan prestasi di SEA Games Filipina 2019 pada cabor Ice Skating. Ia mendapatkan medali perak di nomor relay 3000 m putri bersama Ratu Afifah Nur Indah, Rahmah Osya Samudra dan Gita Widya Yunika.

3. Masyarakat Indonesia berdecak kagum ketika yang menyaksikan kemampuan Dhinda di dalam arena perlombaan 

3. Masyarakat Indonesia berdecak kagum ketika menyaksikan kemampuan Dhinda dalam arena perlombaan 
Instagram.com/dindasabilajh

Permainan Dhinda dalam arena perlombaan itu sendiri diabadikan dan diunggah pada akun TikTok milik PON XX. Video tersebut berhasil menarik perhatian warganet dan ditonton 23 juta kali serta meraih like sebanyak 1.7 juta. 

Dalam video tersebut Dhinda menunjukkan permainan yang luar biasa. Ia mampu berlari di lapangan dengan menggunakan sepatu roda. Hal itu tentunya sangat berkesan untuk masyarakat. Mereka meninggalkan kesan tersebut pada kolom komentar. 

"Kecepatan larinya bisa lebih cepat dari kapal pesiar," tulis pemilik akun TikTok @vicent.hulu. 

"Bayangin sebanyak apa dia pernah jatos sebelum sekokoh itu larinya pakai sepatu roda," tulis @debiyaniss. 

"Banyakin post yg kyk gini, biar anak2 bs menjadi cnth semangat untuk masa depan Indonesia," tulis @madehendracipta.

Dari Dhinda kita belajar bahwa dengan kerja keras, berlatih dengan giat dan tidak mudah menyerah akan mengantarkan kita kepada keberhasilan yang kita impikan. Jadi terus semangat ya, kita bisa meraih mimpi kita di waktu yang tepat. Semangat! 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk