Tidak Sempat Sahur? Coba 5 Tips Berikut Agar Tetap Kuat Berpuasa

Berikut 5 trik jitu yang harus Mama lakukan bila tidak sahur

30 Mei 2018

Tidak Sempat Sahur Coba 5 Tips Berikut Agar Tetap Kuat Berpuasa
Freepik/ asier_relampagoestudio

Puasa Ramadan sudah memasuki hari ke-13, namun tidak jarang pasti ada saja orang yang melewatkan santap sahur.

Termasuk Mama yang tidak sahur karena berbagai alasan, salah satunya adalah kesiangan bangun sahur.

Lalu apakah dengan tidak sahur, lantas Mama juga jadi tidak puasa? Pilihan terserah pada Mama, namun Mama juga bisa lho tetap berpuasa walau tanpa bangun sahur. Bagaimana caranya?

Berikut 5 tips kuat berpuasa yang bisa Mama lakukan, meski tidak sahur.

1. Kuatkan Niat Berpuasa

1. Kuatkan Niat Berpuasa
Freepik/ yanalya

Apapun yang Mama lakukan keberhasilan umumnya ditentukan dari niat yang baik dalam diri. Niat yang kuat akan mendorong kepada diri untuk berusaha lebih baik dalam meraih sebuah tujuan, termasuk niat untuk menjalankan ibadah puasa.

Untuk itulah, Mama tak perlu khawatir meski melewatkan santap sahur tetap dapat berpuasa asal dengan niat kuat berpuasa.

Editors' Picks

2. Menyibukkan Diri

2. Menyibukkan Diri
Freepik

Menjalani puasa tanpa bangun sahur, bukan berarti Mama harus malas-malasan. Melainkan menyibukkan diri dengan kegiatan yang positif agar tidak terasa lapar, seperti membaca buku atau bermain bersama anak.

Selain itu Mama juga dapat mengisi waktu dengan kegiatan yang menambah pahala serta kedekatan diri pada sang pencipta, misalnya mengaji dan iktikaf di masjid.

3. Menjaga Stamina Tubuh

3. Menjaga Stamina Tubuh
huffingtonpost.com

Saat sedang berpuasa tanpa sahur, ada baiknya Mama memilih pekerjaan rumah yang ringan terlebih dahulu. Pilih pekerjaan yang sedikit menggunakan energi misal mencuci piring atau nyetrika, agar stamina tubuh Mama juga tetap stabil.

Atur jadwal kegiatan yang akan Mama lakukan, dahulukan pekerjaan rumah yang mudah dilakukan dan tidak mendesak. Setelah dekat waktu berbuka, Mama baru bisa mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan energi besar seperti membersihkan rumah atau memasak.

Saat masak Mama bisa lho mengajak anak-anak untuk membantu Mama di dapur, guna menyiapkan menu buka puasa nanti.

Baca Juga: 5 Kondisi Ibu Hamil yang Dianjurkan Tidak Ikut Puasa di Bulan Ramadan

Baca Juga: 5 Tanda Kondisi Ibu Hamil yang Aman dan Diperbolehkan untuk Berpuasa

Baca Juga: Cara Menghindari Sakit Kepala Setelah Tidur Siang saat Puasa

4. Tidur yang Cukup

4. Tidur Cukup
growingyourbaby.com

Sudah pasti berpuasa tanpa sahur akan membuat tubuh terasa lemas, untuk itu Mama dapat mengisi waktu dengan tidur siang. Mama juga bisa mengajak anak untuk tidur siang bersama.

Tidak ada salahnya mengisi waktu berpuasa dengan tidur, asal jangan lupa beribadah. Mama bisa melakukannya setelah melakukan shalat dzuhur dan bangun untuk melaksanakan shalat ashar.

Dengan begitu, Mama dapat menahan rasa haus dan lapar dalam waktu beberapa jam. Si Kecil juga pasti merasa senang karena tidur siangnya ditemani Mama tercinta.

5. Ingat Manfaat Puasa

5. Ingat Manfaat Puasa
albawaba.com

Bulan Ramadan menjadi bulan yang penuh berkah bagi umat muslim di seluruh dunia. Banyak sekali manfaat yang diberikan kepada umat muslim yang menjalankan ibadah, baik ibadah wajib maupun sunnah.

Berpuasa tak hanya soal menahan lapar dan haus saja, namun penting juga dalam menambah kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, bila tak bangun sahur jangan berpikiran untuk tidak berpuasa. Dengan mengingat manfaat berpuasa di bulan Ramadan ini, menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk tetap berpuasa.

Kelima tips kuat berpuasa di atas tidak susah untuk dilakukan kan Ma, jadi Mama bisa tetap berpuasa walau tidak bangun sahur.

Tetap semangat dan selamat menjalankan ibadah puasa, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.