Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Rekomendasi Kuliner untuk Sarapan Pagi di Yogyakarta

Mulai dari gudeg legendaris hingga jenang yang menggugah selera

9 Desember 2022

7 Rekomendasi Kuliner Sarapan Pagi Yogyakarta
Intagram/Pecelgumilang/Foodnusantara.id

Yogyakarta merupakan kota wisata yang sering dikunjungi para pelancong untuk liburan. Yogyakarta memiliki suasana yang berbeda dan selalu dirindukan para wisatawan.

Selain memiliki destinasi yang beragam, Yogyakarta juga memiliki kuliner yang bervariasi dan nikmat. Tak bisa diragukan lagi cita rasa makanan khas Yogyakarta akan selalu terngiang dipikiran.

Jika kamu sedang pergi liburan ke Yogyakarta, kamu wajib mencicipi kuliner sarapan pagi di Yogyakarta. Tak perlu takut dengan harga yang mahal, Yogyakarta menghadirkan banyak rekomendasi kuliner yang enak dan ramah di kantong.

Berikut Popmama.com7 rekomendasi kuliner untuk sarapan pagi di Yogyakarta. Yuk, cari tahu, Ma!

1. Gudeg Mbok Lindu

1. Gudeg Mbok Lindu
Instagram/Gudegmboklindu

Gudeg Mbok Lindu sangat populer di Yogyakarta. Kelezatan gudegnya tak bisa ditandingi, tempat makan ini sudah ada sejak zaman Belanda dan kini menjadi salah satu gudeg legendaris.

Berlokasi di sekitar Malioboro, lebih tepatnya di Jalan Sosrowijaya Nomor30, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta. Hingga kini Gudeg Mbok Lindu menggunakan teknik memasak secara tradisonal.

Buka dari jam 05.30 hingga 11.00 bisa menjadi rekomendasi kuliner untuk sarapan pagi di Yogyakarta. Dengan harga yang murah kamu bisa menikmati sepiring nasi gudek dengan cita rasa yang autentik.

2. Lupis Mbah Satinem

2. Lupis Mbah Satinem
Instagram/Lupismbahsatinem

Tak semua orang bisa mengonsumsi makan berat untuk sarapan pagi. Lupis Mbah Saitnem bisa menjadi salah satu pilihan kamu untuk sarapan pagi yang tidak bisa makan nasi di pai hari.

Dengan harga mulai dari Rp10.000 kamu sudah bisa mendapatkan satu porsi makanan yang nikamat dan mengenyangkan. Lupis legendaris ini terletak di Jalan Bumijo Nomor 52-40, Bumijo, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta.

Kamu bisa menikmati berbagai macam makanan tradisional mulai dari lupis, gatot, tiwul, dan cenil. Jika kamu ingin menikmati sambil berbagi dengan keluarga atau orang terdekat, tersedia juga dalam bentuk tampah dengan harga Rp150.000.

Editors' Picks

3. Pecel Pincuk Gumilang

3. Pecel Pincuk Gumilang
Instagram/Pecelgumilang

Tempat makan Pecel Pincuk Gumilang sudah dikenal banyak orang. Baik warga sekitar ataupun para wisatawan sering mengunjungi Pecel Pincuk Gumilang untuk sarapan pagi.

Sepiring pecel pincuk kamu bisa menikmati beraneka ragam sayuran yang disiram dengan sambal kacang. Selain itu. Kamu juga bisa memesan ektra ayam, empal,  telur, serta tempe dan tahu bacem khas Yogyakarta.

Dengan menyiapkan uang Rp12.000 hingga Rp20.000 kamu sudah bisa merasakan kenikmatanan kuliner khas Yogyakarta. Pecel Pincuk Gumilang buka dari jam 06.000 hingga 11.00.

Beralamat di Jalan Laksda Adisucipto Nomor 31, Ngentak, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Sebaiknya apabila ingin ke sini jangan terlalu siang karena kamu bisa kehabisan.

4. Lotek Gado-Gado Teteg

4. Lotek Gado-Gado Teteg
Instagram/Lotekgadogadoteteg

Lotek Gado-Gado Teteg selalu jadi incaran para wisatawan di Yogyakarta. Meskipun tempatnya sederhana dan tak terlalu besar itu semua akan terbayarkan dengan kenikmatan yang didapat.

Lotek Yogyakarta merupakan makanan tradisional yang berisi taoge, bayam, kacang panjang, dan wortel yang disiram dengan bumbu kacang.

Proses pembuatannya cukup unik menggunakan cobek dengan ukuran yang super besar. Hal tersebut cukup menarik minat para pembeli. Selain lotek, di sini juga tersedia gado-gado.

Dengan harga mulai dari Rp17.000 kamu bisa mendapatkan satu porsi lotek yang nikmat. Sedangkan gado-gado dibandrol dengan harga mulai dari Rp19.000 saja.

Jam operasional Lotek Gado-Gado Teteg buka dari pukul 08.00 hinga 17.00. Terletak di Jalan Argolubang Nomor 184, Baciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

5. Warung Brongkos Handayani

5. Warung Brongkos Handayani
Instagram/Foodnusantara.id

Warung brongkos Handayani menyediakan brongkos dengan beragam lauk.  Di dalam satu mangkuk brongkos tersedia tahu, kacang tolo, telur, dan daging sapi.

Terletak di sekitar Alun-alun Kidul, lebih tepatnya di Jalan Gading Nomo 2, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta.

Nasi brongkos cocok untuk dijadikan sarapan pagi. Satu porsi nasi brongkos mulai dari Rp15.000 dan paket komplet hanya Rp35.000 saja, buka sejak pukul 08.00 hingga 16.00.

6. Empal Bu Warno

6. Empal Bu Warno
Instagram/Eating.24.7

Warung Empal Bu Warno menyediakan nasi empal dengan aneka ragam pilihan lauk lainnya. Mulai dari iso, babat, paru, dan sayur lodeh untuk makanan pendamping.

Tersedia juga lalapan dan sambal yang sangat nikmat. Dengan harga Rp20.000 kamu sudah bisa menikmati satu porsi nasi empal yang lezat.

Terletak di Pasar Bringharjo. Namun kini, juga ada di Jalan Brigjen Katamso Nomor 129 RW 08, Keparakan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta. Buka dari pukul 09.00 hingga 16.00.

7. Jenang Gesti Lempuyangan

7. Jenang Gesti Lempuyangan
Instagram/Javafoodie

Bagi kamu yang menyukai makanan manis, Jenang Gesti Lempuyangan bisa menjadi salah satu pilihan kamu untuk dikonsumsi sebagai sarapan pagi.

Kamu bisa menikmati beragam jenang dan bubur tradisional seperti bubur mutiara, candil, dan sumsum. Harganya sangat murah mulai dari Rp5.000 saja.

Terletak di Jalan Tegal Kemuning Nomor 183, Tegal Panggung, Kecamatan Danurejan, Yogyakarta. Jenang Gesti Lempuyangan buka dari pukul 08.00 hingga 11.30.

Nah, itu tadi 7 rekomendasi kuliner untuk sarapan pagi di Yogyakarta. Apakah kamu berminat mendatangi salah satu kuliner khas Yogyakarta di atas?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk