13 Cara Menghilangkan Kecanduan Merokok

Ingin berhenti merokok? Coba cara-cara ini yuk!

6 Januari 2020

13 Cara Menghilangkan Kecanduan Merokok
Freepik

Kita semua mengetahui bahwa merokok adalah faktor risiko nomor satu untuk kesehatan paru-paru. Merokok juga merupakan faktor risiko kanker mulut, hidung, tenggorokan, laring, kerongkongan, hati, kandung kemih, ginjal, pankreas, usus besar, rektum, leher rahim, perut, darah, dan sumsum tulang. 

Berbagai macam penyakit kesehatan bisa diakibatkan karena merokok, itulah mengapa kamu perlu lebih memperhatikan kesehatan dengan berhenti merokok. Berhenti merokok berarti memberi diri kesempatan untuk hidup lebih sehat dan lebih lama.

Jika kamu berniat menghentikan kebiasaan buruk ini, namun masih belum berhasil. Jangan langsung menyerah, masih ada banyak cara untuk menghilangkan kecanduanmu terhadap rokok.

Yuk coba simak beberapa langkah yang telah Popmama.com rangkum di bawah ini, mungkin bisa menjadi jalan keluar untuk kamu menghilangkan kecanduan merokok.

    1. Mengetahui alasan ingin berhenti merokok

    1. Mengetahui alasan ingin berhenti merokok
    Pixabay/Capri23auto

    Memutuskan untuk berhenti merokok adalah ide yang sempurna! Kamu bisa memulai dengan alasan kuat untuk memotivasi berhenti merokok.

    Kamu bisa melakukan untuk diri sendiri karena ingin merasa lebih baik dan terlihat lebih sehat. Atau bisa untuk keluarga dengan melindungi mereka dari perokok pasif.

    2. Jangan bepergian ke tempat dingin

    2. Jangan bepergian ke tempat dingin
    Freepik

    Cara ini merupakan cara umum untuk kamu berhenti merokok. Kebanyakan perkok akan memiliki merokok lagi setelah bepergian dari tempat yang bersuhu dingin. Jadi cobalah pergi ke tempat yang lebih tenang dan memiliki suhu udara normal atau sejuk.

    3. Jangan pergi sendirian

    3. Jangan pergi sendirian
    Pexels/Yogendra Singh

    Teman dan keluarga dapat mendorong dan mendukungmu saat kamu ingin berhenti merokok. Beberapa kelompok dirasa bisa bermanfaat untuk kamu berhenti merokok.

    Jika kamu pergi sendirian, kemungkinan untuk merokok lagi tidak bisa dihindari. Sehingga kamu membutuhkan orang lain yang bisa menahanmu untuk tidak kembali merokok.

    4. Coba terapi penggantian nikotin

    4. Coba terapi penggantian nikotin
    Pexels/Pixabay

    Jika kamu ada perokok aktif, tentu saja berhenti merokok akan membuat kegelisahan, depresi, dan dapat menyebabkan frustrasi. Hal ini karena penarikan nikotin secara tiba-tiba.

    Kamu bisa mencoba terapi perawatan nikotin dengan permen nikotin, tambalan, dan tablet hisap yang dapat membantu mengurangi kecanduan nikotin pada rokok. Namun tetap pastikan utuk tidak merokok saat sedang perawatan pengganti nikotin.

    5. Konsultasi dengan obat resep dokter

    5. Konsultasi obat resep dokter
    Freepik/nensuria

    Sebelum memulai perawatan penggantian nikotin, kamu bisa konsultasi penggantian nikotin dengan dokter.  Biasanya dokter akan memberikan obat resep yang dapat mengurangi keinginan untuk merokok dan mengurangi gejala penarikan.

    Editors' Picks

    6. Kelola stres

    6. Kelola stres
    Freepik/Jofreepik

    Stres bisa menjadi salah satu alasan seseorang memilih untuk merokok. Setelah merokok, seseorang merasa rileks. Cobalah menggunakan metode atau teknik pengurangan stres yang bisa membantu ketika ingin berhenti merokok.

    Kamu bisa mencoba metode yang bermanfaat seperti yoga, tai chi, musik, pijat, dan olahraga untuk membuat pikiran lebih rileks dan tenang.

    Baca juga:

    7. Hindari alkohol dan kafein

    7. Hindari alkohol kafein
    Freepik/katemangostar

    Alkohol bisa menjadi pemicu yang menyebabkan orang kembali merokok. Demikian pula makanan atau minuman mengandung kafein seperti rokok, mereka juga bisa menjadi penyebab kambuhnya pecandu rokok.

    Coba cari apa pemicu yang membuat kamu bisa kembali kambuh dan kembali merokok. Beberapa orang biasanya akan menggunakan cara dengan mengunyah permen karet setelah makan untuk menghilangkan rasa ingin merokok.

    8. Kondisi rumah yang bersih

    8. Kondisi rumah bersih
    myhouseofcarpets.com

    Kamu bisa memulai cara yang sederhana ini, yaitu dengan membersihkan rumah dari apapun yang mengingatmu pada merokok. Kamu bisa membuang atasbak dan korek api dari rumah, serta mencuci pakaian, sprei, gorden, dain lainnya yang masih meninggalkan bau asap rokok.

    Kamu bisa memulai menggunakan penyegar udara untuk membantuk menghilangkan bau rokok yang sangat akrab denganmu itu.

    9. Jangan langsung menyerah!

    9. Jangan langsung menyerah
    Pixabay/Myriam Zilles

    Ketika kamu adalah seorang perokok aktif, tentu saja berusaha berhenti merokok membutuhkan waktu yang cukup lama dan harus ekstra sabar,

    Kamu bisa membuat komtmen lebih dengan menetapkan tanggal kapan kamu harus berhenti dan menjauhkan hal-hal pemicu yang membuat kamu kembali merokok. Ingat untuk tetap mencobanya dan jangan menyerah!

    10. Lakukan kegiatan fisik

    10. Lakukan kegiatan fisik
    Freepik/katemangostar

    Dengan rutin melakukan kegiatan fisik seperti olahraga, kamu juga bisa mengurangi kecanduan akan nikotin dan berhenti dari merokok.

    Ketika rasa ingin merokok kembali datang, pergilah temukan kegiatan yang kamu sukai. Kamu bisa berolahraga ringan di kawasan sekitar rumah untuk mengurangi kecanduan tersebut.

    Selain membuat hidup lebih sehat tanpa merokok, dengan kegiatan fisik yang kamu lakukan juga bisa membantu menjaga berat badanmu tetap optimal.

    11. Konsumsi buah dan sayuran

    11. Konsumsi buah sayuran
    Freepik

    Jika kamu berpikir bahwa berhenti merokok justru akan menambahkan berat badan, kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal itu!

    Kamu bisa memulai hidup sehat dengan olahraga dan mengonsumsi buah dan sayuran.

    Menurut sebuah studi di Duke University, buah dan sayuran serta produk susu rendah lemak cenderung membuat rokok terasa kurang enak. Sehingga kamu bisa mencoba memulai dengan makanan sehat dari buah dan sayuran.

    Baca juga:

    12. Berikan hadiah untuk diri sendiri

    12. Berikan hadiah diri sendiri
    Freepik/Katemangostar

    Manfaat lain dari berhenti merokok adalah finansial yang membaik. Berhenti merkok tentu juga membuat uang yang seharusnya kamu gunakan untuk membeli rokok akan semakin meningkat.

    Kamu bisa menghadiahi diri sendiri dengan membelanjakan sesuatu yang kamu sukai atau sesuatu yang benar-benar kamu inginkan. Dengan menghadiahi diri sendiri, kamu sama saja memberikan motivasi pada dirimu untuk tetap mempertahankan niat baikmu itu.

    13. Lakukan untuk kesehatanmu

    13. Lakukan kesehatanmu
    Evoke.ie

    Penghargaan nyata dalam menghentikan kebiasaan merokok adalah peningkatan kesehatan. Berhenti merokok menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko serangan jantung dan stroke, serta kanker paru-paru dan bentuk kesehatan lainnya.

    Sehingga dengan kamu berhenti merokok, itu berarti kamu mencintai dirimu dengan menjaga kesehatan tubuhmu dari bahaya merokok.

    Itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kecanduan rokok. Jika kamu sudah mencoba satu cara dan belum berhasil, jangan langsung menyerah!

    Cobalah cara lainnya yang dirasa ampuh pada dirimu. Selamat mencoba!

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.