TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Alasan Tubuh Kamu Butuh Konsumsi Suplemen Setiap Hari

Wah baca dulu deh, karena ternyata penting banget untuk mulai dari sekarang

18 November 2019

7 Alasan Tubuh Kamu Butuh Konsumsi Suplemen Setiap Hari
Popmama.com/Novy Agrina

Sebelum kamu mengonsumsi setiap hari, sebenarnya yang paling penting adalah kamu memahami terlebih dulu apa itu suplemen dan kegunaannya. 

Suplemen adalah sesuatu yang dikonsumsi dengan tujuan untuk melengkapi nutrisi demi meningkatkan kesehatan tubuh. Suplemen bisa meningkatkan fungsi atau kerja zat lain yang ada di dalam tubuh. Suplemen diperuntukkan bagi mereka yang memerlukan tambahan asupan nutrisi sehingga tubuhnya bisa tetap berenergi saat menjalankan aktivitas.

Suplemen yang dibutuhkan oleh orang yang sedang kelelahan biasanya berupa multivitamin dan mineral. Itu karena suplemen tersebut dapat membantu mengembalikan fungsi sel-sel tubuh sehingga meringankan rasa lelah.

Tidak hanya itu saja, masih banyak kandungan suplemen lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Dilansir dari laman health.harvard.edu mengatakan, "Sebuah penelitian yang diterbitkan secara online 28 Mei 2018, oleh Journal of American College of Cardiology, menemukan bahwa empat suplemen yang paling umum digunakan, multivitamin, vitamin D, kalsium, dan vitamin C."

Setiap orang membutuhkan suplemen yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi tubuhnya. 

Agar selalu fit, berikut Popmama.com telah merangkum 7 alasan mengapa kamu harus mengonsumsi suplemen setiap hari.

1. Mengisi gap antara gizi yang kamu konsumsi dengan yang kamu butuhkan

1. Mengisi gap antara gizi kamu konsumsi kamu butuhkan
Freepik

Menurut data laman whohealth, tercatat 90% orang tidak mendapatkan jumlah nutrisi penting yang direkomendasikan hanya dari makanan. Sebagian besar dari kita gagal memenuhi rekomendasi diet karena diet ketat, nafsu makan yang buruk, atau perubahan kebutuhan nutrisi. 

Sesuai dengan bertambahnya usia seseorang, maka kegiatannya pun akan berubah. Tentunya kebutuhan gizinya pun akan ikut berubah.

Konsumsi suplemen setiap hari dimaksudkan untuk mengisi kesenjangan nutrisi, ada ruang yang belum terpenuhi antara nutrisi yang kamu dapatkan dari apa yang kamu makan dengan apa yang tubuh kamu butuhkan.  

Suplemen membantu memastikan kamu mendapatkan jumlah nutrisi yang tepat yang disesuaikan dengan kebutuhan makanan kamu.

2. Penyerapan nutris menurun seiring bertambahnya usia

2. Penyerapan nutris menurun seiring bertambah usia
Freepik/Poringdown

Bukan hanya karena bertambahnya usia, pada anak-anak dengan kondisi tertentu juga bisa saja mengalami penyerapan nutrisi lambat atau menurun.

Malabsorpsi adalah salah satu masalah kesehatan karena tubuh seseorang tidak memiliki kemampuan yang sama untuk memecah dan menyerap nutrisi dengan baik atau tidak memiliki kemampuan yang sama seperti sebelumnya. 

Produksi enzim pencernaan, yang memecah dan menyerap nutrisi dari makanan, secara alami juga bisa menurun karena seseorang  semakin tua. Sebagian orang juga banyak minum obat karena kondisi kesehatan tertentu dan obat-obatan modern ada yang menguras nutrisi penting bagi tubuh.

Dalam kondisi demikian, suplemen dapat membantu memulihkan ketidakseimbangan yang terjadi dalam tubuh.

3. Suplemen membantu tubuh menghindari ancaman bahan kimia berbahaya 

3. Suplemen membantu tubuh menghindari ancaman bahan kimia berbahaya 
hayatouki.com

Alasan penting kenapa seseorang membutuhkan suplemen adalah karena suplemen dapat membantu tubuh terhindar dari ancaman bahan kimia berbahaya yang masuk melalui makanan, polusi udara atau obat-obatan.

Pestisida dan herbisida adalah contoh yang paling sering masuk ke dalam tubuh dan masalah lingkungan eksternal lainnya seperti polusi secara drastis meningkatkan kebutuhan kita akan vitamin dan mineral tambahan. 

Bahan kimia berbahaya ini menciptakan radikal bebas yang menyerang sistem pencernaan dan kekebalan tubuh kita. Suplemen dengan antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas kamu hadapi sehari-hari.

Editors' Picks

4. Olahraga membuat tubuh kamu butuh asupan lebih

4. Olahraga membuat tubuh kamu butuh asupan lebih
pixabay.com/jdj_land

Apakah saat ini kamu memiliki olahraga kegemaran? Apakah kamu seorang atlet atau public figure yang dituntut untuk sering olahraga untuk tetap bugar?

Saat berolahraga, tubuh kamu menggunakan energi dan nutrisi yang telah disimpan dalam tubuh. Sangat penting untuk mengisi kembali nutrisi yang terpakai, itulah bahan bakar energi tubuh kamu. 

Suplemen mampu membuat energi tetap terjaga dan pemulihan setelah olahraga yang intens terasa lebih smooth. Pegal dan nyeri setelah olahraga bisa terasa berkurang karena badan kamu terasa super fit.

Mengonsumsi suplemen protein adalah cara cepat dan mudah untuk mendapatkan kalori yang dibutuhkan daripada harus makan semangkuk pasta dan ayam.

Baca juga:

Cegah Sakit, Ini 7 Suplemen dan Vitamin untuk Jaga Imunitas Tubuh

5. Kebiasaan konsumsi makanan mengenyangkan tapi nggak bergizi

5. Kebiasaan konsumsi makanan mengenyangkan tapi nggak bergizi
Freepik/pressfoto

Siapa nih yang sering makan asal kenyang, tapi nggak memikirkan kandungan gizi di dalamnya. Kalau seperti itu, kira-kira kamu sudah adil belum ya sama tubuh kamu?

Tubuh yang capek dipakai kerja seharian, tentu membutuhkan gizi seimbang untuk kembali dipakai esok hari.

Kebiasaan makan yang nggak mengandung gizi, makan junk food olahan, dan stres berkontribusi pada pencernaan yang buruk. Akibatnya tubuh kesulitan untuk mengekstrak semua nutrisi yang dibutuhkan dari makanan. 

Pemberian suplemen tidak dapat menggantikan pola makan yang buruk, tapi setidaknya dapat membantu mencegah kerusakan parah yang disebabkan oleh kebiasaan makan sembarangan.

Wah, jadi mikir ulang menu makanan besok yang sehat apa ya?

6. Mencegah sakit yang mungkin bisa menghabiskan biaya mahal

6. Mencegah sakit mungkin bisa menghabiskan biaya mahal
ellenmae.uk
Perempuan menabung

Sebelum terlambat, ada baiknya dicegah saja. Rasanya ini lebih bijak ya!

Akumulasi dari kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari bisa menyumbang pada kondisi tubuh kurang gizi seimbang. 

Mengonsumsi suplemen setiap hari, berolahraga secara teratur, dan istirahat yang cukup adalah 3 hal penting untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan yang menguras tabungan kamu di masa depan.

Kamu jadi bisa menabung, enak kan?

7. Investasi untuk masa depan

7. Investasi masa depan
Freepik

Pernah nggak kamu mendengar kalimat, "You are what you eat."
Apa yang kamu konsumsi hari ini, ya itulah kondisi kamu saat ini. Bukan hanya saat ini, tapi itulah masa depan kamu.

Bayangkan kalau kamu tidak mencoba untuk hidup lebih sehat mulai dari sekarang.

Dr. Manson dari Harvard mengatakan, ada juga kemungkinan efek plasebo untuk mengonsumsi suplemen. "Orang-orang merasa lebih sehat jika mereka melakukan sesuatu yang mereka yakini membuat mereka sehat."

Bukan sekedar meyakini, ada juga riset yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.

Masih mengutip dari laman Harvard, "Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asam folat dan vitamin B-kompleks dapat mengurangi risiko stroke. Juga, Physicians 'Health Study II, yang diterbitkan pada 2012 oleh para peneliti Harvard, menemukan bahwa pria yang mengonsumsi multivitamin setiap hari selama 11 tahun memiliki risiko kanker 8% lebih rendah dan risiko katarak 9% lebih rendah dibandingkan dengan kelompok plasebo."

Jadi, jika kamu rutin mengonsumsi suplemen setiap hari mulai dari saat ini, maka kamu sudah berinvestasi untuk masa depanmu.

Aplikasi Kesehatan Berupa Apotek Digital Pertama di Indonesia

Aplikasi Kesehatan Berupa Apotek Digital Pertama Indonesia
Popmama.com/Novy Agrina

Industri health tech Indonesia kedatangan anggota baru. PT Indopasifik Teknologi Medika Indonesia (ITMI) meluncurkan produk pertamanya, Jovee yang berupa aplikasi kesehatan pada hari Kamis, 14 November 2019.

Jovee adalah aplikasi yang mendukung gaya hidup sehat ini menggunakan Data Science untuk memberikan rekomendasi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Rekomendasi suplemen bersifat personal sehingga hasil yang didapat tergantung dari jawaban penggunanya.

Aplikasi yang ditunjang dengan personalisasi data penggunanya, belakangan memang booming karena pengguna merasa lebih nyaman dan akrab ketika menggunakan layanan tersebut.

CEO ITMI dan co-founder Jovee, Natali Ardianto melihat peluang tersebut dan mengatakan, “Personalisasi merupakan kata kunci di sini. Sewaktu kami memformulasikan aplikasi ini, yang ada dalam pikiran kami adalah bagaimana memahami kebutuhan kesehatan dari masing-masing orang. Sehingga kami dapat memberikan rekomendasi suplemen kesehatan yang tepat bagi tiap orang."

Aplikasi yang unik dan sengaja dirancang untuk melengkapi asupan nutrisi sesuai kebutuhan dan kondisi setiap orang. 

Jadi, setelah kamu download aplikasi Jovee di Play Store bagi pengguna Android, kamu bisa langsung mendaftar dan mengisi data. Lalu jawab pertanyaan yang diberikan, setelah itu data kamu diproses dan kamu bisa langsung mengetahui suplemen apa yang dibutuhkan untuk tubuh kamu.

7 Alasan Tubuh Kamu Butuh Konsumsi Suplemen Setiap Hari
Popmama.com/Novy Agrina

dr. Falla Adinda, salah satu tim dokter Jovee juga mengajak masyarakat untuk mulai menanggulangi masalah kesehatan sejak saat ini. "Penyakit yang bisa kita tanggulangi hari ini, mari kita tanggulangi segera dengan hidup sehat mulai saat ini."

dr. Falla Adinda menceritakan ia sangat suka olahraga bersepeda. Selain mengurus keluarga dan menangani pasien, ia sering sekali bersepeda bahkan sampai mengikuti komunitas. 

"Sesuai dengan bertambahnya kegiatan, pasti kita memerlukan lebih banyak nutrisi. Bersepeda bisa menguras energi. Sejak saya ikut komunitas, teman-teman saya bilang konsumsi suplemen deh."

"Orang memang kadang tidak menyadari kalau tubuhnya memerlukan suplemen, tapi setelah minum suplemen secara rutin nanti baru akan merasakan efeknya ke badan. Badan jadi lebih enak," ungkap dr. Falla Adinda.

"Saya pun mengonsumsi suplemen sebagai sebuah kebutuhan bukan sekedar tren. Kita ini butuh tindakan preventif untuk kesehatan," ungkap Natali.

“Kami optimis, Jovee dapat membantu lebih banyak masyarakat untuk hidup sehat dengan memenuhi kebutuhan suplemen yang tepat. Dengan dukungan dari tim dokter dan apoteker Jovee, kami yakin Jovee mampu memberikan rekomendasi yang aman dan sesuai.” ungkap Natali. 

Natali juga menceritakan, melalui media sosial timnya sangat ingin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat. Setiap hari melalui akun instagram @jovee.id juga diadakan Instagram Live bersama dokter dengan topik yang tren dan lekat pada generasi milenial saat ini.

Ke depannya, memilih suplemen bisa lebih mudah karena sudah disesuaikan dengan kondisi masing-masing orang. Kamu sendiri bagaimana, apakah suplemen yang kamu konsumsi sudah tepat?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk