IDN Times Memajukan Literasi Melalui Indonesia Writers Festival 2019

Ketahui juga manfaat menulis!

6 September 2019

IDN Times Memajukan Literasi Melalui Indonesia Writers Festival 2019
Instagram/indonesia.writers.festival

Seperti yang sudah banyak diketahui, literasi masyarakat Indonesia sampai saat ini masih dikatakan cukup rendah. Budaya menonton masyarakat Indonesia yang tinggi menjadi faktor melemahnya minat membaca dan menulis.

Jika minat menulis masyarakat Indonesia saja sudah rendah, ternyata minat menulis lebih rendah dari minat menulis.

Meski banyak masyarakat yang kurang meminati baca dan menulis, nyatanya menulis memiliki manfaat yang sangat baik untuk generasi Millennials dan Gen Z.

Oleh karena itu, melihat rendahnya literasi menulis masyarakat Indonesia, IDN Times yang merupakan nanungan dari IDN Media kembali menyelenggarakan festival menulis kreatif melalui Indonesia Writers Festival 2019 yang sudah memasuki tahun keduanya. 

Editors' Picks

Apa Itu Indonesia Writers Festival 2019?

#IWF2019 adalah festival menulis kreatif yang melibatkan penulis dari berbagai latar belakang. Tahun ini, IDN Times berharap bisa menjangkau audiens yang lebih luas lagi namun tetap membawa visi yang sama yaitu ‘To Empower Indonesians Through Writing’.

Keunikan dari #IWF2019 adalah pendekatan multi disiplin dalam konten acara yang dibawakan melalui diskusi yang berkualitas serta melahirkan ide-ide baru mengenai literasi di Indonesia. Karena itu, #IWF2019 turut mengundang jurnalis, penulis naskah, penulis lagu, novelis, hingga pakar media sosial untuk berbagi pengetahuan serta pengalamannya pada audiens.

Beberapa tema yang akan diangkat pada #IWF2019 diantaranya adalah Millennials Harus Melek Jurnalistik, Eksis Berfaedah di Media Sosial, Travel Influencer Buka-bukaan, Perempuan Bicara di Media Sosial, Ngobrolin Produksi Film Indonesia, Melempar Kata Lewat Nada, Kelas Media Sosial: Kreatif Bermedia Sosial, dan beberapa tema lainnya.

Inilah Deretan Pembicara Expert yang Siap Meramaikan #IWF2019

Inilah Deretan Pembicara Expert Siap Meramaikan IWF2019
Instagram/indonesia.writers.festival

Berbagai nama besar dari beragam bidang literasi siap meramaikan perhelatan #IWF2019.

Dari banyaknya pembicara, Dee Lestari dan Gina S. Noer yang merupakan penulis ternama sekaligus Mama millennial yang akan membagikan pengalaman dan pengetahuannya kepada audiens untuk bisa menulis dengan baik dan benar.

Selain itu, akan hadir juga Ayu Utami, Marchella FP, Najwa Shihab, Reza Rahadian, Rosianna Silalahi, Henry Manampiring, Uni Lubis, Trinity, Andrea Gunawan, Jenny Jusuf, dan masih banyak nama-nama lainnya yang berpengalaman di bidang masing-masing.

Yang tidak kalah menarik adalah hadirnya Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri Republik Indonesia serta Bima Arya Sugiarto selaku Walikota Bogor.

Dengan pembicara-pembicara ternama tersebut, diharapkan nantinya para audiens akan mendapatkan wawasan baru seputar dunia literasi melalui sesi talkshow dan workshop yang akan diselenggarakan pada tanggal 6 dan 7 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong.

Seluruh rangkaian acara #IWF2019 bisa kamu ikuti secara gratis. Namun kamu perlu melakukan pra-registrasi terlebih dahulu melalui bit.ly/praregistrasi-iwf2019.

Ketahui Manfaat Menulis untuk Anak

Ketahui Manfaat Menulis Anak
Pixabay/cegoh

Dengan mengajarkan menulis pada anak, tentunya akan meningkatkan minat bacanya. Hal ini karena anak yang suka menulis cenderung akan suka membaca. Oleh karena itu, dengan menulis maka akan meningkatkan juga minat bacanya.

Lantas, apa saja manfaat yang akan anak peroleh ketika menulis?

  • Belajar mengeluarkan pendapat dengan bijak: Berbeda dengan saat bicara, kita tidak bisa menarik kembali apa yang telah kita ucapkan. Dengan menulis, anak berlatih menyunting tulisannya sendiri yang nantinya dapat ditulis ulang sampai mendapatkan bentuk kalimat yang dirasa sesuai. 
  • Melatih diri menjalani proses secara berkelanjutan: Jika anak mulai belajar menyalurkan aspirasi dan inspirasinya lewat tulisan, biasanya ia akan terus melakukannya setiap kali merasa terpuruk. Seperti yang sudah diketahui, dengan menulis secara teratur akan semakin mengasah kemahiran seorang dalam menulis.
  • Melatih kesabaran anak: Saat marah, kesal, atau sedih biasanya emosi anak juga menjadi tak stabil, sama seperti orang dewasa. Dengan menyalurkannya pada tulisan, ternyata bisa membuat emosi menjadi lebih stabil lho, Ma.
  • Menjadi bekal untuk masa depannya: Saat ini tidak ada profesi yang tidak membutuhkan penulis. Jika anak sudah terbiasa menulis sejak dini, akan sangat membantunya saat memasuki dunia pekerjaan nanti.
  • Menambah ilmu dan wawasan: Menulis dipercaya bisa ikut meningkatkan minat membaca seseorang. Hal ini sangat baik jika dipadukan untuk menambah ilmu dan wawasan anak.

Itulah manfaat yang akan anak dapatkan dari menulis. Daripada terus membiarkannya bermain dengan gadget, melatihnya menulis sejak dini bisa membuat anak memiliki literasi yang baik.

Sangat menguntungkan, bukan? Yuk, ajak anak Mama untuk gemar menulis dan membaca sejak dini!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk