Tetap Fresh dan Sehat, Ini Tips Awet Muda a la Titi Radjo Padmaja

Dimulai dari gaya hidup yang teratur, kunci dari hidup sehat dan awet muda

16 Agustus 2021

Tetap Fresh Sehat, Ini Tips Awet Muda a la Titi Radjo Padmaja
Instagram.com/titiradjopadmaja

Musisi Titi Radjo Padmaja belum lama ini mengeluarkan single terbarunya berjudul 'Leave and Goodbye'. Lewat lagu yang begitu penuh makna, nama Titi pun kembali menjadi diperbincangkan publik.

Sebagai seorang musisi sekaligus istri dan Mama dari dua orang, nama Titi rupanya berhasil mencuri perhatian lewat penampilan yang selalu tampil bugar dan awet muda diusianya yang genap 40 tahun.

Dalam sesi Popmama Talk yang diadakan pada Jumat (13/8/210), Titi yang tampil begitu memukau mendapat pertanyaan apa saja sih tips awet muda a la dirinya. Ia pun menyebutkan, "Untuk tetap awet muda itu nggak langsung ya, pastinya ada beberapa faktor penentu."

Penasaran tips apa saja yang dilakukan oleh Titi Radjo? Berikut Popmama.com telah merangkum tips agar tubuh tetap sehat dan terlihat awet muda. Bisa dicoba di rumah juga nih, Ma!

Editors' Picks

1. Dari segi makanan, Titi mengonsumsi clean food

1. Dari segi makanan, Titi mengonsumsi clean food
Instagram.com/titiradjopadmaja

Di usianya yang kini sudah genap 40 tahun, musisi yang baru saja mengeluarkan single terbaru itu mengaku ada beberapa faktor yang membuat ia tetap terlihat sehat dan awet muda diusianya saat ini.

Faktor pertama dari Titi Radjo yang perlu dipertimbangkan adalah dari segi makanan. Dalam penjelasannya, ia mengungkapkan bahwa menjaga pola makan adalah kuncinya. 

"Aku berusaha untuk makan makanan yang clean food atau nggak pengawet. Jadi aku berusaha makan yang se-clean mungkin, dalam arti memasak sendiri di rumah, mengurangi kecap-kecapan dan makanan proses. Jadi lalap-lalapan gitu sayurnya. Bumbu-bumbunya juga nggak banyak menggunakan yang dibotol, karena itu kan juga makanan proses," ujar Titi menjelaskan.

Selain dari segi makanan, untuk minuman pun Titi menyarankan tidak mengonsumsi minuman kemasan atau dalam kaleng. Sebab menurutnya, itu sama juga seperti makanan yang membutuhkan proses, jadi sebaiknya dikurangi.

"Mengurangi minum-minuman yang kaleng atau proses gitu, jadi banyakin air putih aja," tambahnya.

2. Gaya hidup sehat dengan olahraga

2. Gaya hidup sehat olahraga
Instagram.com/titiradjopadmaja

Sebagai seorang musisi, istri, dan juga Mama dari dua orang anak, aktivitas Titi Radjo bisa dibilang cukup padat nih, Ma. Mulai dari mengatur keperluan rumah untuk suami dan anak-anak, hingga menjalani tugasnya sebagai musisi.

Meski demikian, Titi tetap menyeimbangi peran tersebut dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Jika memulai mengonsumsi makanan sehat sudah ia biasakan sedari dini, selanjutnya tips yang bisa dilakukan agar tetap sehat dan awet muda adalah dengan rutin melakukan olahraga.

Tak perlu olahraga yang terlalu lama dan rumit, Titi mengaku ia hanya melakukan olahraga yang simpel saja, Ma. Ia menyebutkan, "Kalau olahraga aku simpel aja, kalau nggak sempat keluar apa segala macem kayak sepedahan gitu, di rumah aja jalan keliling rumah."

Jalan kaki menjadi olahraga yang mudah dilakukan oleh setiap orang. Selain memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, olahraga jalan kaki di pagi hari juga bisa membantu tubuh menjadi lebih rileks.

Ia pun menambahkan, "Atau kalau bisa keluar jalan kaki pas pagi hari tuh masih sepi ya. Aku bisanya jalan 5km bahkan sampai 10km, itu kan bisa jadi refreshing juga ya."

3. Menikmati hidup sebaik mungkin

3. Menikmati hidup sebaik mungkin
Instagram.com/titiradjopadmaja

Tips terakhir yang dibagikan oleh Titi Radjo agar hidup tetap sehat dan selalu tampak awet muda adalah dengan menjalani dan menikmati hidup sebaik mungkin.

"Fisik udah, makanan udah, nah sekarang hatinya sih yang perlu juga diperhatikan ya," ujarnya.

Lewat penjelasannya, Titi menyebutkan bahwa bersyukur, ikhlas, dan santai menjalani kehidupan adalah kunci agar hidup tetap rileks dan tidak merasa begitu terbebani.

Meski terkadang hidup tidaklah mudah, Titi menambah, "Ok masalah itu memang ada sampai kapan pun, tapi tetap coba kita terima dan mencari jalan keluarnya. Coba ikhlasin, banyak berdoa, dan nikmati hidup sebaik-baiknya. Bersyukur deh intinya."

Itu dia tips singkat dari musisi Titi Radjo Padmaja yang selalu terllihat bugar dan awet muda diusia 40 tahun. Semoga tips a la Titi di atas bisa jadi inspirasi bagi Mama sekalian ya. Tetap semangat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.