Cegah Bully dan Penculikan, Ini Tips Aman Mengakses Internet bagi Anak

Perhatikan anak Mama dalam menggunakan internet, ya!

10 Agustus 2019

Cegah Bully Penculikan, Ini Tips Aman Mengakses Internet bagi Anak
timesofmalta.com

Penggunaan akses internet kini sudah bukan lagi didominasi kaum dewasa, anak-anak masa kini yang tumbuh besar dengan teknologi juga sudah melek akan dunia internet.

Melihat anak-anak yang asyik bermain dengan gadget kini bukan hal yang baru lagi, melainkan sudah menjadi pemandangan biasa. 

Pemahaman akan rekam jejak digital atau digital footprint serta melatih mereka untuk menjadi lebih peka akan informasi yang mereka sebarkan atau dapatkan, menjadi sangatlah penting agar anak terhindar dari bahaya kejahatan cyber.

Sayangnya, masih banyak orangtua kurang memahami pentingnya pengetahuan mengenai keamanan akses berinternet. Padahal, efek buruk pada internet sangat banyak dan berbahaya bagi anak-anak. 

Beberapa efek negatif dari internet yang bisa terjadi pada anak-anak diantaranya adalah menjadi sasaran cyberbullying, penculikan, incaran para predator pedofil hingga pengaruh konten yang tidak pantas. 

Orangtua harus lebih aktif mendampingi dan membantu anak-anak agar tetap aman saat mengakses internet. Berikut Popmama.com telah merangkum tips aman dan nyaman mengakses internet bagi anak.

1. Menjadi teman yang baik untuk anak

1. Menjadi teman baik anak
Popmama.com/Ninda Anisya

Internet adalah platform kuat yang dapat digunakan dalam menyebarkan hal positif atau negatif. Berita baik dan buruk dapat menyebar dengan hitungan detik di internet, tanpa memikirkan anak-anak dan remaja yang mendapatkan berita tersebut.

Dalam memantau keamanan anak dalam berinternet, hal penting pertama yang harus dimiliki adalah hubungan orangtua dan anak sudah sedekat apa. Hubungan yang baik tentu akan membuat komunikasi berjalan dengan baik.

Ditemui pada diskusi media bertemakan #KeluargCerdas Berinternet, pada Kamis (08/09/2019) di Jakarta, Tari Sandjojo, Direktur Akademik Sekolah Cikal dan Co-Founder Yayasan Matahati mengatakan bahwa, "Inilah sebabnya, kita sebagai orang tua harus bisa menjadi teman yang membantu generasi penerus kita menjadi penjelajah dunia yang cerdas dan percaya diri dalam memanfaatkan internet sebaik-baiknya.” 

Dengan menjadi teman yang baik untuk mereka, tentu kamu bisa dengan mudah berkomunikasi secara terbuka tentang do and dont's yang bisa anak lakukan dalam mengakses internet agar aman dan nyaman.

2. Terapkan aturan digital dengan Family Link

2. Terapkan aturan digital Family Link
Popmama.com/Ninda Anisya

Ditemui pada kesempatan yang sama, Lucian Teo, User Education and Outreach Manager, Trust & Safety, Google APAC mengatakan, “Kemajuan teknologi telah membuat hidup kita lebih mudah, dan kami percaya dalam bekerja sama dengan orang tua untuk membantu keluarga mengadopsi teknologi secara bijak dan aman. Perlindungan dan pengaturan telah dikembangkan dan integrasi ke dalam banyak produk kami untuk memungkinkan orang tua memilih pengalaman dan pengaturan yang tepat untuk keluarga mereka.”

Kamu bisa memanfaatkan Family Link yang dapat membantu kamu memahami dengan lebih baik perilaku anak saat menjelajahi internet, sekaligus membantu mengelola akun mereka dan perangkat yang kompatibel.

Kamu dapat menetapkan batas-batas yang sesuai kebutuhan keluarga dengan cara:

  • Mengawasi waktu penggunaan perangkat dan membatasi akses harian.
  • Memuaskan rasa ingin tahu anak dengan beragam aplikasi yang direkomendasikan para guru.

  • Mengunci perangkat anak dari jarak jauh.

  • Melihat aktivitas mereka.

  • Melihat lokasi keberadaan mereka.

  • Mengelola akun dan aplikasi yang mereka gunakan.

Editors' Picks

3. Ingatkan anak untuk menjaga sikap dan jangan mengumbar informasi pribadi

3. Ingatkan anak menjaga sikap jangan mengumbar informasi pribadi
drphil.com

Seperti yang dikatakan Tari sebelumnya, penting menjadi teman yang baik untuk anak agar bisa dengan mudah mendampingi dan mengamati perkembangannya dalam berinternet.

Ketika kamu telah masuk dalam dunia mereka saat pendampingan, disini kamu bisa memberikan beberapa nasihat pada mereka.

Dengan berbekal informasi mengenai perkembangan internet dan gadget, ingatkan pada mereka untuk selalu menjaga sikap saat mengakses internet.

Selain itu, penting untuk kamu memberitahunya untuk tidak mengumbar informasi pribadi di dunia maya, terutama nomor telepon dan alamat rumah yang sering menjadi incaran kejahatan cyber.

Kamu bisa menasehati anak-anak agar selalu berhati-hati dalam memberikan identitas pribadi mereka ataupun orangtuanya.

4. Membuat kesepakatan bersama

4. Membuat kesepakatan bersama
Freepik/gelpi

Gadget tentu sudah menjadi hal biasa yang digunakan anak-anak, melalui gadgetnya mereka dapat dengan mudah mengakses apapun di internet.

Dengan membuat kesepakatan bersama antara orangtua dan anak, bisa menjadi salah satu cara agar mengurangi penggunan mereka dalam berseluncur di dunia maya.

Kesepakatan bersama juga bisa membuat kamu mendengarkan apa yang dibutuhkan anak.

Kamu bisa membuat kesepakatan bersama misalnya dengan menyepakati berapa lama mereka boleh bermain dengan gadgetnya, apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat mengakses internet, dan apa konsekuensi yang akan mereka terima jika melanggar kesepakatan tersebut.

Jelaskan juga pada mereka kenapa perlu adanya batasan dalam bermain gadget agar tetap aman dan nyaman dalam berinternet. Oleh sebab itu, sepakatilah aturan main gadget dengan anak.

5. Melakukan pencegahan sejak dini

5. Melakukan pencegahan sejak dini
Freepik

Selain tips diatas, langkah lain yang penting kamu lakukan agar anak aman dan nyaman dalam berinternet adalah dengan melakukan pencegahan sejak dini.

Banyak orangtua memilih memberikan hadiah gadget pada anaknya ketika ulang tahun ataupun mendapatkan prestasi di sekolah.

Namun, sebaiknya hal seperti ini jangan kamu lakukan ya.

Jika kamu memberikan gadget untuknya sendiri, nantinya mereka akan menganggap itu adalah miliknya dan kamu tidak berhak mengatur sekalipun itu pemberian kamu.

Lebih baik kamu berikan gadget kamu untuk mereka mainkan sementara dengan kesepakatan yang sudah dibuat sebelumnya.

Sebelum memberikan gadget pada anak, hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengatur keamanan pada gadget tersebut, termasuk enkripsi dan layanan keamanan lain saat melakukan akses internet seperti PIN yang ada pada gadget.

Hal lain yang bisa kamu lakukan dalam pencegahan secara dini adalah dengan mengunduk berbagai aplikasi yang ramah anak dan sesuai dengan usianya. 

Kamu bisa mengatur sedemikian rupa ketika gadget sudah diberikan pada anak, agar risiko penyalahgunaan dalam bermain gadget dan internet tidak terjadi.

Itulah tips yang bisa kamu terapkan pada anak-anak agar lebih nyaman dan aman dalam berinternet. Selalu perbaharui informasi tentang perkembangan internet dan media sosial, ya.

Hal ini agar kamu bisa memberikan infromasi terbaru yang baik ataupun buruk pada mereka.

Tetap dampingi mereka dalam berinternet, ya. Itulah 5 tips aman mengakses internet bagi anak. Semoga bermanfaat!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;