5 Tips Menjalankan Ramadan saat Pandemi agar Lebih Mudah dan Bermakna

Meski masih di tengah pandemi, yuk lakukan tips berikut agar lebih bermakna

12 April 2021

5 Tips Menjalankan Ramadan saat Pandemi agar Lebih Mudah Bermakna
Pexels/Gabby K

Tak terasa bulan suci Ramadan tinggal menghitung hari. Meski masih diselimuti rasa khawatir lantaran pandemi yang tak kunjung usai, namun masyarakat Indonesia tetap menyambut ibadah puasa di bulan Ramadan ini dengan penuh suka cita

Jika bulan Ramadan sebelumnya identik dengan berkumpul dengan sanak saudara atau teman, namun kali ini masyarakat diminta untuk kembali patuhi protokol kesehatan yang ada dengan tidak berkumpul agar tetap meminimalisir pelonjakan kasus positif Covid-19 di Indonesia. 

Tenang! Meski demikian, Mama tetap bisa kok menjalankan bulan Ramadan nanti dengan lebih mudah dan bermakna.

Bagaimana caranya? Yuk simak tips-tips menjalankan puasa di bulan Ramadan a la Popmama.com. Bisa jadi inspirasi bagi Mama dan keluarga untuk menjalankan ibadah puasa nanti, Ma!

1. Mempersiapkan stok bahan berbuka puasa dan sahur

1. Mempersiapkan stok bahan berbuka puasa sahur
Freepik/benzoix

Agar menjalankan ibadah puasa menjadi lebih mudah, Mama bisa menyiapkan stok bahan untuk berbuka puasa dan sahur dari jauh-jauh hari.

Perhatikan juga menu yang akan disajikan untuk keluarga di rumah, pastikan menyajikan makanan yang bergizi dan higenis agar keluarga Mama tetap kuat dan sehat menjalani ibadah puasa nanti.

Selain itu, Mama dan keluarga juga tidak perlu keluar rumah untuk memenuhi stok bahan makanan berbuka dan sahur.

Mama bisa memanfaatkan teknologi yang ada dengan berbelanja online yang lebih memudahkan dan tidak membuat Mama berkerumun dengan banyak orang.

Editors' Picks

2. Penuhi kebutuhan nutrisi dan cairan

2. Penuhi kebutuhan nutrisi cairan
Pexels/cats-coming

Berpuasa dimulai dari subuh hingga magrib, tentu saja hal ini membuat tubuh kekurangan asupan cairan dan nutrisi selama menjalaninya. Itulah mengapa penting untuk memenuhi asupan energi, vitamin, serta mineral ketika berbuka maupun sahur. 

Sebagai seorang Mama, yuk lengkapi menu berbuka dan sahur keluarga di rumah dengan makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks sebagai sumber energi, protein yang dapat menjaga daya tahan tubuh, serta serat untuk melancarkan pencernaan.

Tak hanya asupan nutrisi saja, Ma. Penting juga memenuhi cairan tubuh keluarga dengan tetap meminum air putih yang cukup mulai dari berbuka puasa, hingga sebelum sahur. Hal ini guna menghindari tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.

3. Jaga tali silaturahmi dengan yang lebih aman bagi kesehatan

3. Jaga tali silaturahmi lebih aman bagi kesehatan
Freepik/rawpixel.com

Sama dengan tahun sebelumnya, Ramadan kali ini masyarakat Indonesia kembali dianjurkan untuk membatasi kerumunan dengan tidak berkumpul, termasuk pula berkumpul dengan keluarga atau teman.

Meski demikian, Mama tetap bisa menjaga tali silaturahmi dengan cara lain yakni mengirimkan makanan yang sudah Mama siapkan untuk keluarga dengan memanfaatkan ekspedisi pengiriman yang ada.

Mama juga bisa memanfaatkan panggilan video untuk menjaga tali silaturahmi dengan berbuka puasa secara virtual atau juga ngabuburit mengisi waktu luang sebelum berbuka.

Jadi meski berkumpul masih dibatasi, Mama tetap bisa kok menjaga tali silaturahmi antar keluarga ataupun teman dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Selain lebih mudah, tentunya lebih aman untuk menghindari kerumunan.

4. Bersedekah memanfaatkan teknologi yang ada

4. Bersedekah memanfaatkan teknologi ada
Pexels/julia-m-cameron

Sama seperti sebelumnya, Mama juga bisa memanfaatkan teknologi untuk berbagi. Berbagi di bulan Ramadan menjadi amalan baik yang akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Meski tak bisa berbagi secara langsung lantaran adanya pembatasan kerumunan, Mama bisa bersedekah melalui ponsel yang Mama miliki.

Caranya juga mudah, bisa memanfaatkan aplikasi berbagi, ataupun juga memberikan makanan berbuka untuk kurir online yang mengantarkan.

5. Mencoba urungkan niat mudik

5. Mencoba urungkan niat mudik
Dok. IDN Times/Indiana Malia

Bulan Ramadan juga identik dengan perayaan mudik atau pulang kampung. Namun, masih melonjaknya kasus positif Covid-19 di Indonesia membuat pemerintah kembali memberlakukan larangan mudik kepada seluruh masyarakat.

Perlu diketahui, mengurungkan niat mudik tidak akan mengurangi kesucian bulan Ramadan kok, Ma. Justru Mama akan melindungi keluarga dan orang lain dari risiko penyebaran virus Covid-19.

Kembali pada pembahasan sebelumnya, Mama tetap bisa menjaga tali silaturahmi dengan keluarga atau teman di kampung halaman melalui panggilan video. Selain itu, ongkos persiapan mudik pun bisa Mama tabung untuk keperluan mendesak lainnya ataupun untuk bersedekah kepada orang yang membutuhkan.

Itulah beberapa tips menjalankan bulan Ramadan di tengah pandemi agar lebih mudah dan bermakna. Meski masih diselimuti pandemi Covid-19, Mama tetap bisa beribadah di rumah untuk menjaga kesehatan dan menekan penyebaran virus Covid-19.

Semoga informasinya bermanfaat dan selamat menjalani ibadah puasa ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.