Penuh Makna, Inilah 50 Ucapan Maaf Menjelang Bulan Ramadan

Menjelang puasa, alangkah baiknya kita saling memaafkan dan menyucikan diri

8 April 2021

Penuh Makna, Inilah 50 Ucapan Maaf Menjelang Bulan Ramadan
Pexels/konevi

Tak terasa bulan Ramadan akan segera tiba dalam hitungan hari. Umumnya, menjelang bulan Ramadan umat muslim melakukan tradisi mengirim ucapan maaf untuk orang-orang terdekat.

Ucapan yang berisikan permintaan maaf tersebut seolah mewakili atas segala kesalahan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

Mengirim ucapan maaf ini juga dimaksudkan untuk mempererat hubungan dan berharap agar ibadah puasa yang akan dijalani selama sebulan penuh senantiasa mendapatkan keberkahan.

Nah, jika Mama ingin mengetahui ucapan maaf menjelang Ramadan, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

Cek yuk, Ma!

1. Ungkapan maaf dan mengharapkan perlindungan serta rida Allah SWT

1. Ungkapan maaf mengharapkan perlindungan serta rida Allah SWT
Pexels/gabby-k

Setiap ibadah dan kegiatan yang dilakukan tentu kita akan selalu mengharapkan rida Allah, sehingga bisa bermanfaat dan membawa berkah untuk yang melaksanakannya, begitu juga saat berpuasa.

Perlindungan dari Allah SWT memang senantiasa kita harapkan dalam segala langkah yang diambil setiap harinya. Berikut ini ucapan maaf yang bisa digunakan menjelang bulan Ramadan, antara lain: 

"Dalam kerendahan hati ini, aku ucapkan permintaan maaf apabila telah melakukan kesalahan yang disengaja ataupun tidak. Semoga kita semua selalu dalam ampunan Allah SWT."

"Marhaban ya Ramadan. Bulan suci Ramadan akan segera tiba. Sudah saatnya untuk menyucikan diri dari keburukan dan memperbaiki amal perbuatan dalam kebaikan. Dengan segala kerendahan hati, aku meminta maaf lahir batin. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT."

"Esok adalah hari di mana kita memasuki bulan suci Ramadan. Setiap harinya, pahala yang kita dapatkan bisa berkali lipat dari pahala di bulan lain. Sebelum itu, atas nama saya pribadi meminta maaf jika pernah ada khilaf. Tidak ada manusia yang selalu berbuat baik, maka dari itu jika saya telah berbuat salah baik itu sengaja ataupun tidak saya meminta maaf lahir batin. Semoga kita selalu dalam perlindungan Allah SWT."

“Sebentar lagi bulan penuh berkah akan segera tiba. Izinkan aku mengucap maaf atas segala khilaf yang telah diperbuat oleh diri ini. Semoga kita semua senantiasa mendapat rida dan perlindungan Allah SWT. Marhaban ya Ramadan.”

“Menjelang puasa alangkah baiknya untuk saling memaafkan agar ibadah kita semua selama sebulan penuh ini mendapat rida dan keberkahan yang berlimpah oleh Allah SWT. Mohon maaf lahir dan batin atas kesalahan yang diri ini perbuat. Selamat berpuasa.”

“Tak terasa sebelas bulan telah kita lalui bersama, hingga akhirnya tibalah bulan Ramadan yang penuh berkah. Aku memohon maaf atas segala kata dan perilaku yang telah membuatmu kecewa. Tak lupa ku berdoa agar puasa kita semua selalu diberikan keberkahan dan rida Allah SWT. Selamat berpuasa.”

“Selama sebelas bulan menjalani hari bersama, mungkin ada kata dan perilaku yang tak selalu menyenangkan hati. Maka dari itu, izinkan aku mengucap maaf sebelum kita menjalani ibadah puasa. Semoga ibadah puasa kita di tahun ini senantiasa membawa keberkahan.”

2. Ucapan maaf untuk pasangan

2. Ucapan maaf pasangan
Pexels/jack-sparrow

Setelah berbulan-bulan menjalani kehidupan bersama, tentu akan ada perkataan dan perbuatan yang mungkin saja tidak menyenangkan hati.

Oleh sebab itu, menjelang bulan Ramadan menjadi momen yang tepat untuk saling memaafkan atas segala kesalahan. Inilah ucapan maaf yang bisa digunakan menjelang bulan Ramadan, antara lain: 

"Seluruh alam berzikir menyambut bulan penuh berkah. Kemuliaan bulan seribu bulan. Saat Allah memberikan ampunan. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

"Ya Allah, muliakan dan sayangilah saudariku ini. Berikanlah kebahagiaan baginya dan keluarganya. Berkahi rizkinya dan kuatkan imannya. Berikanlah kenikmatan ibadahnya, jauhkan dari segala fitnah. Amin yaa rabbal'alamin. Ahlan Wasahlan Ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan."

 "Diawali dengan Bismillah, menyambut bulan penuh berkah. Mari tingkatkan keimanan dan takwa. Semoga diampunkan segala dosa. Marhaban ya Ramadan 1441 H. Selamat menunaikan ibadah puasa."

“Kalimat yang terucap, bisa menggores luka lebih dalam daripada sebuah pukulan. Menjelang Ramadan, tiada dengki yang boleh merasuki. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

“Maaf, satu kata singkat yang mungkin tak mudah diucapkan setulus hati. Namun, menjelang bulan yang suci, kiranya kau maafkan saya sepenuh hati.”

“Luka sayatan pisau bekasnya lebih mudah hilang. Namun, ucapan dan perilaku yang menyayat hati mungkin masih berbekas. Mohon maaf atas ucapan dan perilaku yang melukai hati.”

“Marhaban ya Ramadan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

Editors' Picks

3. Ungkapan permintaan maaf untuk keluarga dan sahabat

3. Ungkapan permintaan maaf keluarga sahabat
Pexels/keira-burton

Dalam menyambut bulan suci Ramadan, lebih bermakna jika hubungan dengan keluarga dan sahabat berjalan dengan baik.

Setiap manusia tentu berbuat salah, maka tak ada salahnya saling memaafkan untuk menyambut bulan Ramadan agar kita semua senantiasa diberikan pahala selama menjalankan ibadah puasa. 

Inilah ucapan maaf untuk keluarga dan sahabat yang bisa digunakan menjelang bulan Ramadan, antara lain: 

"Salah adalah sifat dasar manusia. Tak ada manusia yang tidak pernah berbuat salah. Jelang Ramadan, mohon maaf lahir batin atas kesalahan yang pernah diperbuat."

"Fajar Ramadan kan segera hadir menerangi dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. Selamat menunaikan ibadah puasa. Mohon maaf lahir dan batin, meski raga tak bisa bersua."

“Manusia tak pernah luput dari salah dan khilaf, karena manusia bukan makhluk sempurna. Di bulan yang suci ini, marilah bermaafan. Agar tak ada dendam dan dengki. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

"Tiada amal tanpa keikhlasan, tiada ampunan tanpa maaf dari sesama. Mohon maaf lahir batin untuk semua kesalahan. Marhaban ya Ramadaan. Selamat datang bulan suci penuh keberkahan."

"Di saat jemari tak sempat berjabat. Di mana mata pun tak bisa menatap. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat menunaikan ibadah puasa."

"Jika semua harta bisa mengundang racun, maka zakatlah penawarnya. Jika seluruh umur dipenuhi dosa, maka taubatlah obatnya. Jika seluruh bulan tak luput dari dosa, maka Ramadan ibarat pemutihnya. Marhaban ya Ramadan, mohon dibukakan pintu maaf seluas-luasnnya."

"Ketika hati dipenuhi dosa dan pikiran dikelilingi prasangka, diri ini gusar tiada kira. Demi menentramkan hati di bulan suci, tolong maafkan sepenuh hati. Mohon maaf lahir batin dan selamat menunaikan ibadah puasa."

"Lebih baik tersayat pedang daripada terluka karena ucapan yang bekasnya tak kunjung hilang. Mohon maaf lahir batin atas segala ucapan yang menyakiti dan terkenang. Selamat menunaikan ibadah puasa."

4. Ucapan maaf yang penuh dengan kata-kata mutiara

4. Ucapan maaf penuh kata-kata mutiara
Pexels/gabby-k

Momen menjelang Ramadan ini akan menjadi momen yang tepat untuk mengirimkan ucapan maaf pada orang terdekat. Nah, mungkin bosan rasanya jika hanya menggunakan kalimat yang sudah terlalu sering digunakan.

Demi memberikan inspirasi bagi Mama, berikut ucapan maaf menjelang bulan Ramadan yang memiliki kata-kata mutiara di dalamnya, antara lain: 

“Ibarat roda yang berputar, tak terasa debu dan kerikil mengotori pula menggoresnya. Begitulah perjalanan hidup kita tak pernah luput dari berbagai kesalahan dan menjadi noda. Maka di bulan yang suci dan penuh rahmat ini, mari kita maksimalkan ibadah kita. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan.”

“Seluruh alam berdzikir menyambut bulan penuh berkah. Kemuliaan bulan seribu bulan. Saat Allah SWT. memberikan ampunan. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

“Gersang bumi dikala tanpa hujan, pula gersang di hati tanpa adanya iman, gersang akal dikla tanpa ilmu, pula gersang di jiwa tanpa adanya amal. Selamat menyambut ibadah puasa, Marhaban ya Ramadan.”

“Matahari berzikir, angin bertasbih dan pepohonan memuji keagungan-Mu. Semua menyambut datangnya bulan penuh berkah. Selamat datang bulan Ramadan, selamat beribadah puasa. Mohon maaf lahir dan batin.”

“Sebelum cahaya padam, sebelum hidup akan berakhir, sebelum pintu taubat tertutup dan sebelum Ramadan datang. Mohon maafkan lahir dan juga batin, Marhaban ya Ramadan.” 

“Tiada bulan seagung ini. Tiada bulan semulia ini. Tiada bulan seberkah ini. Ramadan penuh berkah dan maghfirah. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

“Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan yang penuh dengan keindahan di dalamnya. Izinkan saya dan keluarga saya meminta maaf apabila telah berbuat salah kepada saudara sekalian. Tidak ada yang lebih mulia selain saling meminta maaf sebagai sesama Muslim. Marhaban ya Ramadan.”

5. Menyentuh hati, ini ucapan maaf menjelang ramadan untuk orang terkasih

5. Menyentuh hati, ini ucapan maaf menjelang ramadan orang terkasih
Pexels/mentatdgt-330508

Mengirimkan ucapan maaf untuk keluarga, sahabat atau pasangan tak hanya menggunakan kalimat biasa. Melainkan kalimat indah penuh makna yang bisa menyentuh hati mereka. 

Ucapan maaf berikut ini mampu menyentuh hati orang-orang terdekat, sehingga bisa memperbaiki hubungan yang sedang rusak. Berikut ucapan maaf yang bisa Mama gunakan, antara lain:

“Jika hati seputih awan, jangan biarkan ia mendung. Jika hati seindah bulan, hiasi dengan senyuman. Selamat menyambut ibadah puasa. Mohon dimaafkan khilaf dan salah, lahiriah dan batiniah. Marhaban ya Ramadan.”

“Seiring terbenam mentari di akhir Sya’ban. Berganti menyambut Ramadan yang suci. Pesan ini sebagai ganti jabat tangan, untuk diucapkan. Marhaban ya Ramadan.”

“Kerinduan yang begitu mendalam akhirnya bisa terobati. Marhaban ya Ramadan. Selamat menjelang bulan suci Ramadan, bulan yang penuh dengan kebaikan. Sebelum memasuki bulan yang suci tersebut, saya (nama Mama) meminta maaf yang sedalam-dalamnya apabila telah berbuat salah kepada (penerima maaf). Tidak ada yang bisa saya lakukan selain meminta maaf atas segala salah tutur kata atau sikap saya selama ini.”

“Tidak ada tindakan yang lebih bijaksana kepada sesama manusia selain meminta maaf atas semua kesalahannya. Kepada saudaraku sesama muslim, saya (nama Mama) meminta maaf atas dosa dan salah yang saya lakukan kepada (penerima maaf). Semoga di dalam bulan suci yang akan segera datang, kita selalu bersih dari segala perbuatan dosa dan maksiat.”

“Marhaban ya Ramadan. Bulan suci yang penuh keberkehan telah tiba. Segenap syukur kita panjatkan kepada Allah yang telah mengijinkan kita memasuki kembali bulan Ramadan yang telah berlalu tahun lalu. Mohon maaf lahir batin jika aku pribadi telah salah dalam tutur kata atau tingkah laku padamu.”

“Sebelum cahaya ilahi dipadamkan, sebelum langit runtuh, sebelum pintu taubat ditutup, sebelum malaikat menjemput, sebelum Ramadan tiba, mohon maaf lahir batin atas kesalahan yang pernah dilakukan. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

"Tak ada kata seindah zikir, tak ada bulan seindah Ramadan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berprasangka dan sikap yang pernah menyakitkan. Mohon maaf lahir batin. Selamat menunaikan ibadah puasa."

6. Ucapan maaf untuk suami

6. Ucapan maaf suami
Pexels/gabby-k

Pertengkaran kecil kerap terjadi di setiap rumah tangga yang biasanya disebabkan oleh masalah yang kecil juga.

Nah, momen menjelang Ramadan ini bisa Mama dan pasangan gunakan untuk saling memaafkan atas segala kesalahan yang telah diperbuat. Berikut ucapan maaf yang bisa Mama gunakan:

“Suamiku, aku minta maaf atas sikapku, ya. Aku sadar kamu telah berkorban banyak untukku. Aku pun bersyukur karena Allah telah mempersatukan kita dalam ikatan pernikahan. Selamat berpuasa, sayang. Semoga Allah senantiasa memberikanmu kesehatan.”

“Menjelang bulan Ramadan, izinkan aku mengucapkan maaf padamu, suamiku. Tanpa kusadari, jika ucapanku terkadang seperti pisau yang menyayat hati. Aku sadar akan kesalahanku. Aku ingin meminta maaf padamu, setulus cinta dan kelemahan hati.”

“Seakan mulut ini tak bisa berkata maaf yang tepat untukmu, teringat kesalahanku yang sudah terlalu besar, dan begitu banyak pula ucapan maaf yang kuberikan, tetapi tetap saja aku merasa bersalah dan melakukan kesalahan karena tingkahku yang konyol ini. Sebelum menjalani puasa alangkah baiknya untuk saling memaafkan. Mohon maaf lahir dan batin, sayang. Marhaban ya Ramadan.”

“Tak terasa bulan Ramadan akan tiba, izinkan aku minta maaf atas kesalahanku selama ini. Dari lubuk hati yang paling dalam, aku menyadari kesalahanku. Aku tidak bermaksud untuk menyakiti hatimu. Selamat menunaikan ibadah puasa, sayang.”

 “Lihatlah bintang-bintang malam ini, mereka seolah berbisik: Aku minta maaf atas apa yang telah aku lakukan. Mohon maaf lahir dan batin ya, suamiku. Selamat menunaikan ibadah puasa.”

“Sebelum menjalankan puasa, sudah sepatutnya kita saling memaafkan. Permintaan maaf saja memang tidak artinya, dibandingkan dengan apa yang telah kau lakukan untukku. Namun, aku percaya, kamu memiliki hati yang tulus untuk memaafkanku, pengertian dan tentunya tidak akan membiarkan kebencian menghancurkan cinta kita. Selamat berpuasa, sayang!”

“Permintaan maaf adalah parfum yang indah, sehingga itu dapat mengubah momen paling menyenangkan menjadi hadiah yang ramah. Maka dari itu, mari saling memaafkan sebelum tiba bulan Ramadan agar puasa kita diwarnai dengan momen-momen indah. Selamat menunaikan ibadah puasa, suamiku.”

7. Ucapan maaf dalam bahasa Inggris penuh makna

7. Ucapan maaf dalam bahasa Inggris penuh makna
Pexels/rodnae-prod

Mengirim ucapan maaf untuk orang terdekat tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan bahasa Indonesia, tetapi Mama juga bisa menggunakan bahasa Inggris agar kalimat ucapan maaf bisa lebih bervariasi.

Berikut ini ucapan maaf dalam bahasa Inggris yang penuh makna, antara lain:

"As soft as dew in the morning, look up ten fingers, say hello sincerely, let us together fix themselves, in the month of the holy month of Ramadan."

Artinya: Selembut embun di pagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salam setulus hati, mari kita bersama memperbaiki diri, di bulan Ramadan bulan yang suci.

"The longing for the holy month of Ramadan is immediately remedied. Soon the month of Ramadan comes. Forgive my mistakes and may we always be in the abundance of his grace."

Artinya: Kerinduan pada Bulan Suci Ramadan kan segera terobati. Tak lama lagi bulan Ramadan kan tiba. Ampunilah segala kesalahanku dan semoga kita selalu berada dalam limpahan rahmat-Nya.

 "Face all insults with a smile because Ramadan is a month of forgiveness, survived Ramadan.”

Artinya: Hadapi segala hinaan dengan senyuman karena Ramadan adalah bulan pengampunan, selamat Ramadan.

"The winds of the trees praise your glory for the coming of a thousand months. Happy Ramdhan, happy fast worship, apologize and unseen."

Artinya: Angin bertasbih pepohonan memuji keagunganmu menyambut datangnya seribu bulan. Selamat datang Ramadan, selamat beribadah puasa, mohon maaf lahir dan batin.

"Ramadan is a holy month dedicated to Allah. It starts with mercy and ends with freedom along with seeking forgiveness. Best wishes on Ramadan to you!"

Artinya: Ramadan adalah bulan suci yang didedikasikan untuk Allah. Itu dimulai dengan belas kasihan dan berakhir dengan kebebasan bersama dengan mencari pengampunan. Salam hangat untuk Ramadan.

"The beautiful and holy month is coming back bringing so much happiness to the waiting soul. Ramadan month full of forgiveness it is time to clean the soul of all sin to return nature and achieve victory. Happy fasting."

Artinya: Bulan indah dan suci kini datang kembali membawa kebahagiaan yang begitu berarti kepada jiwa-jiwa yang menanti. Ramadan bulan penuh ampunan, saatnya bersihkan jiwa dari segala dosa untuk kembali fitrah dan meraih kemenangan. Selamat berpuasa.

"Perhaps the days that passed has left unforgettable memories flicker. There is a wrong and make mistakes, there is no sin that follows the journey of those days. So that no remorse, no revenge. Let us together purify the heart, self, and our souls. Marhaban Yaa Ramadan."

Artinya: Mungkin hari-hari yang dilewati telah menyisakan sebersit kenangan yang tak terlupakan. Ada salah dan khilaf, ada dosa yang mengikuti perjalanan hari-hari itu. Agar tak ada sesal, tak ada dendam. Mari kita sama-sama sucikan hati, diri, dan jiwa kita. Marhaban Yaa Ramadan.

Itulah ucapan maaf menjelang Ramadan yang bisa Mama jadikan inspirasi. Ucapan tersebut bisa menjadi referensi dalam mengirimkan ucapan maaf untuk orang-orang terdekat.

Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.