Cara Meredam Stres Mama ala Joanna Alexandra

Daripada Mama nggak nyaman, ikutin yuk cara Joanna mengatasi stres

6 April 2018

Cara Meredam Stres Mama ala Joanna Alexandra
Popmama.com/Sendie Nurseptara
Photo Editor: Novy Agrina

Memiliki empat orang anak bagi Joanna Alexandra adalah berkah. Dianggapnya itu sebagai hal yang patut untuk disyukuri. Keadaan ini tentu memberi tantangan tersendiri untuk Mama Joanna, begitulah Zoey, anaknya memanggil Joanna.

Sadar kalau mengurus anak-anak itu bukanlah hal mudah, ditambah Joanna juga memiliki segudang aktivitas, maka wajar saja jika tidak jarang ia merasa kelelahan.

Sesekali Joanna juga merasa stres atau down. Tapi ini tidak membuatnya terpuruk, menurutnya ia juga perempuan biasa yang bisa lelah terlebih setelah mengurus kegiatan rumah tangga dan bekerja.

Joanna juga membagikan cara mengurangi stres, tentunya banyak Mama yang juga ingin mengetahui hal berikut ini:

Editors' Picks

1. Bagaimana cara mengurangi stres saat sedang capek atau nggak mood?

1. Bagaimana cara mengurangi stres saat sedang capek atau nggak mood
Popmama.com/Sendie Nurseptara
Photo Editor: Novy Agrina

"Aku dari dulu nggak mau fokus dengan hal yang buruk, jadi apa yang aku alami dengan Zio (anak keempat) sekarang, seperti Zio yang banyak sakitnya, tapi aku lebih melihat perkembangan yang dia alami, walau sekecil apapun aku sudah merasa senang sekali.”

“Sebagai seorang perempuan memang sering mengalami swing mood tapi aku percaya perempuan itu kuat, jadi kita harus percaya kalau kita itu kuat. Jangan diucap saat kita merasa stres, biasanya aku menenangkan pikiran dengan memikirkan yang baik-baik, dan mengatur napas.”

“Mood kita harus dijaga tetap baik, karena itu bisa terasa ke anak-anak. Apa yang aku perbuat dan katakan pasti aku jaga baik-baik. Kalau kita stres ada kata-kata yang keluar dan mungkin itu nggak enak, jangan sampai terdengar oleh anak-anak. Menjaga mood tetap dalam keadaan baik, aku percaya pasti kita bisa kok.”

2. Seperti apa sih kalau Mama Joana sedang galak ke anak?

2. Seperti apa sih kalau Mama Joana sedang galak ke anak
Popmama.com/Sendie Nurseptara
Photo Editor: Novy Agrina

"Lebih sering marah ke abang-abangnya karena mereka keduanya itu laki-laki. Main berdua, jail ke adiknya, berisik. Yang penting quality time dijaga. Kadang aku marah aku kasih pengertian ke anak-anak. Kita menunjukkan kasih sayang dengan cium dan peluk anak-anak supaya mereka tahu kalau sebagai orang tua kita sayang kepada mereka semua."

3. Menghargai hal priceless yang pernah dipersembahkan anak-anak untuk Sang Mama, ini bisa jadi hal yang sangat menyenangkan

3. Menghargai hal priceless pernah dipersembahkan anak-anak Sang Mama, ini bisa jadi hal sangat menyenangkan
Popmama.com/Sendie Nurseptara
Photo Editor: Novy Agrina

“Mereka sering bikin kartu ucapan selamat Hari Ibu. Tapi pernah sekali yang membuat aku sangat terharu adalah saat itu lagi nggak ada perayaan tertentu, aku juga lagi nggak ulang tahun tiba-tiba pas aku pulang mereka memberikan kertas dan ada tulisan ‘thank you Mama’ dan ucapan-ucapan terima kasih untuk aku. Kedua anak laki-laki aku pernah memberikan ini.”

“Sebenarnya apa yang kita dapat dari anak adalah sesuai dengan yang kita 'tabur' atau ajarkan. Kalau mereka sering melihat orangtuanya bertengkar mungkin mereka bisa kasar, kalau kita sering memperlihatkan kasih sayang, peluk dan cium nantinya mereka juga bisa mengasihi.”

Itulah cara mengurangi stres setelah lelah mengurus anak dan bekerja. Untuk working Mama lainnya mungkin bisa nih meniru hal positif ini dari Mama Joanna Alexandra.

#MillennialMama of the Month

Joanna Alexandra
Millennial Mama

Joanna Alexandra

Hidupku hanya untuk anak-anak

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.