5 Cara Penggunaan Essential Oils yang Aman

7 Juli 2018

5 Cara Penggunaan Essential Oils Aman
unsplash.com/kellysikkema

Minyak atsiri atau yang biasa dikenal dengan sebutan essential oils sedang hangat diperbincangkan oleh Mama Millennial di media sosial saat ini.

Saat ini Mama millennial lebih memilih menggunakan essential oils sebelum pergi ke dokter dan mengurangi konsumi obat jika Si Kecil sakit. Akan tetapi, Mama harus mengetahui cara mengaplikasikan essential oils ke kulit anak guna mencegah iritasi pada kulitnya. Karena, pada dasarnya kulit bayi atau anak yang masih dalam masa pertumbuhan mudah menyerap loh, Ma.

Berikut ini lima cara penggunaan essential oils yang aman untuk bayi dan anak-anak.

1. Diffusi

1. Diffusi
pinterst.com/heather lundy

Difusi merupakan cara penggunaan essential oils dengan menggunakan diffuser. Mama bisa teteskan 3-4 tetes essential oils untuk diffuser berukuran 50 ml, lalu 5-8 tetes untk diffuser berukuran 100 ml, dan 8-12 tetes untuk diffuser berukuran 180 ml.

Bisa dikatakan, difusi itu cara paling aman, karena dengan cara ini essential oils menyebar di udara dalam julmah yang kecil. Sehingga Si Kecil hanya dapat menghirupnya saja

Editors' Picks

2. Topikal

2. Topikal
unsplash.com/christinhumephoto

Topikal ialah penggunaan essential oils dengan cara dioles ke kulit anak. Akan tetapi, karena kulit anak mudah menyerap dan iritasi, maka campurkan essential oils dengan carrier oils (minyak pelarut), cream atau lotion untuk anak ya, Ma.

Jika essential oils sudah terserap oleh tubuh maka essential oils dapat mengurangi rasa sakit, menenangkan gangguan pencernaan, dan mengeluarkan racun dari tubuh, Ma!

3. Rendam

3. Rendam
unsplash.com/jareddrice

Ma, cara ini juga aman untuk penggunaan essential oils. Sebelum dicampurkan ke dalam air rendaman, sama seperti cara topikal, essential oils juga harus dicampur dengan carrier oils terlebih dahulu Ma. Tapi ingat walaupun ini merupakan cara pnegobatan, jangan sampai si kecil lama berada dalam rendaman air ya, Ma!

4. Kompres

4. Kompres
sadshayari.co/desi-treatment

Tidak hanya menggunakan air hangat atau es batu saja untuk mengopres anak. Essential oils juga dapat digunakan untuk mengompres. Dengan meneteskan 2-4 tetes essential oils ke dalam mangkuk berisi 250ml air bersih, lalu dilanjutkan dengan merendam kain kompres ke dalam mangkuk berisi air selama satu menit. Kemudian barulah tempelkan kain kompres selama 10-15 menit pada dahi si kecil. Akan tetapi, cara penggunaan ini hanya dapat digunakan untuk anak berusia di atas 2 tahun loh, Ma.

5. Inhalsi Tidak Langsung

5. Inhalsi Tidak Langsung
unsplash.com/michal9335

Ma, sebelumnya apakah Mama tahu apakah Inhalasi? Inhalasi ialah proses menghirup udara atau uap ke dalam paru-paru, Ma. Untuk cara ini, Mama bisa meteskan 1-2 tetes essential oils secara langsung pada sepotong kain, tisu, kapas, sarung bantal, ataupun sapu tangan.  Dengan begitu, Mama bisa dekatkan dengan si anak untuk dihirup.

Cara penggunaan di atas tetap harus hati-hati dan buat anak nyaman ya, Ma. Karena kulit bayi dan anak masa pertumbuhan masih sangat sensitive. Selamat mencoba!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.