7 Aplikasi Video Call untuk Silaturahmi Virtual Seru di Hari Lebaran

Membantu mendekatkan yang jauh karena jarak dengan cara mudah

12 Mei 2021

7 Aplikasi Video Call Silaturahmi Virtual Seru Hari Lebaran
Pexels/shvetsa

Hari Lebaran 2021 pemerintah menetapkan agar warga tidak mudik ke kampung halaman. Masih merebaknya virus Corona di Indonesia adalah alasan utamanya. 

Meski begitu, komunikasi dengan keluarga di kampung halaman tentu tidak boleh terputus. Meski jarak memisahkan, silaturahmi harus tetap terjaga sekalipun via online dan secara virtual.

Banyak aplikasi video call untuk silaturahmi yang bisa membantu untuk berkomunikasi dengan keluarga jauh lho. Aplikasinya nyaman dan mudah digunakan oleh berbagai kalangan usia.

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

1. WhatsApp

1. WhatsApp
Pexels/anton

Aplikasi pesan, video call hingga audio call ini sangat populer di Indonesia. Sepertinya banyak orang dari berbagai rentang umur memiliki aplikasi ini di dalam ponsel mereka. 

Untuk panggilan telepon WhatsApp bisa menampung samapi 50 orang dengan melalui Messengers Rooms. Sementara untuk panggilan video atau video call sudah bisa beberapa orang saat ini. 

2. Telegram

2. Telegram
Unsplash/ademay

Sebelumnya, aplikasi Telegram hanya bisa berkirim pesan atau audio call saja. Namun, tahun 2020 lalu aplikasi ini menambahkan fitur video call agar semakin lengkap. Pastikan sudah download aplikasi Telegram versi terbaru ya.

Seperti WhatsApp, video call di aplikasi Telegram dilindungi enskripsi agar lebih aman. Untuk melakukan panggilan video via Telegram bisa pilih kontak yang dikehendaki, lalu klik menu (tombol titik tiga di pojok kanan atas) dan pilih Video Call

Editors' Picks

3. Zoom

3. Zoom
Unsplash/foxxy2002

Aplikasi zoom semakin naik pamornya selama pandemi Covid-19. Banyak perusahaan yang melakukan rapat virtual menggunakan aplikasi ini. Aplikasi Zoom bisa digunakan gratis tapi dengan durasi 40 menit.

Lalu, untuk jumlah peserta video conference atau video call yang bisa ikut di dalamnya bisa mencapai 100 orang. Aplikasi ini hadir ada untuk ponsel dan PC/laptop.

4. Google Meet

4. Google Meet
Dok. Popmama.com

Selain zoom, aplikasi video call untuk silaturahmi selanjutnya adalah Google Meet. Aplikasi conference buatan Google ini bisa digunakan gratis hingga 30 Juni 2021 mendatang.

Semua pengguna Google bisa melakukan melakukan video call di Google Meet secara gratis hingga 24 jam sehari. Tatap muka virtual melalui Google Meet bisa menampung hingga 100 orang. Layanan ini bisa digunakan di ponsel atau PC/laptop ya.

5. Line

5. Line
Unsplash/ademay

Aplikasi LINE memang banyak dipakai oleh generasi Z dan Alpha. Sebab, LINE tak hanya punya fitur pesan, video call atau telepon tapi juga media sosial. Beberapa waktu lalu aplikasi ini melakukan pembaharuan di fitur video call yang mendukung jumlah peserta hingga 200 orang sekaligus.

Namun, tidak semua wajah bisa tampill sekaligus di satu layar. Pengguna bisa memilih untuk melihat wajah atau video siapa yang tampil untuk disaksikan. Menariknya, video call di LINE ada fitur efek filter wajah dengan beragam desain menarik dan lucu. Hal ini bisa menambahkan keseruan saat melakukan video call bersama keluarga lain yang berjauhan. 

6. FaceTime

6. FaceTime
Unsplash/nate_dumlao

Khusus pengguna Apple, ada aplikasi bawaan ponsel dan laptop merek itu yang bisa dimanfaatkan secara gratis. Aplikasi itu adalah FaceTime. Pengguna ekosistem Apple, seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch bisa melakukan panggilan video via FaceTime. Aplikasi ini bisa menampung sampai 32 orang sekaligus dalam satu panggilan video. 

7. Skype

7. Skype
Unsplash/tirzavandijk

Kini peran Skype untuk panggilan video memang sudah jarang didengar. Dulu, sebelum ada Zoom dan Google Meet banyak orang menggunakan Skype untuk panggilan video gratis.

Aplikasi besutan Microsoft ini memungkinkan panggilan video hingga 25 orang sekaligus. Skype bisa diakses dari beragam perangkat, seperti komputer (PC dan laptop), smartphone, hingga televisi yang mendukung fitur Skype.

Itulah tadi aplikasi video call untuk silaturahmi seru di Hari Lebaran. Dengan kemajuan teknologi saat ini, meski tidak bisa bertemu langsung kita bisa saling melepas rindu lewat virtual.

Semoga informasi ini membantu ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.