Pencarian Hari Ke-4 Eril di Sungai Aare Gunakan Metode Baru

Setelah drone thermal dan drone konvensional, pencarian akan lebih intensif

29 Mei 2022

Pencarian Hari Ke-4 Eril Sungai Aare Gunakan Metode Baru
Instagram.com/emmerilkahn

Hilangnya anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) di Sungai Aare, Swiss terus dilanjutkan di hari ke-4, Minggu (29/5/2022). Banyak spekulasi berkembang atas hilangnya anak Atalia Praratya Kamil dan Gubernur Jawa Barat tersebut.

Dikutip dari berbagai sumber, pencarian terbaru Eril akan menggunakan metode baru. Sebelumnya, KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) Bern mencari Eril dengan memakai drone thermal untuk mendeteksi panas tubuh manusia.

Kini, KBRI Bern menambah metode pencarian Eril dengan menggunakan drone konvensional. Gunanya untuk bermanuver serendah mungkin di atas permukaan sungai. Metode pencarian di hari keempat ini pun mengerahkan perahu dan sensor yang dapat mendeteksi kedalaman hingga 3 meter.

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

Editors' Picks

1. Berbagai metode yang digunakan tim penyelamat untuk mencari Eril

1. Berbagai metode digunakan tim penyelamat mencari Eril
Instagram.com/emmerilkahn

Eril dinyatakan hilang di Sungai Aare, Swiss pada Kamis (26/5/2022) pagi waktu setempat. Eril diduga terseret arus deras saat akan mencoba naik ke pemukaan.

Eril sempat ditolong, namun tetap terbawa arus. Kondisi air pada saat kejadian mencapai 16 derajat celcius dan sedikit keruh, sehingga menjadi kendala terutama untuk mengerahkan tim penyelam di awal pencarian.

Untuk cepat menemukan Eril, tim SAR dan penyelamat pun lalu menggunakan metode drone thermal untuk mendeteksi panas tubuh anak Ridwan Kamil tersebut. Kali ini, drone konvensional juga diperbantukan untuk bermanuver serendah mungkin di atas permukaan sungai mencari Eril.

Metode pencarian di hari keempat akan bisa menggunakan perahu dan sensor yang dapat mendeteksi kedalaman hingga 3 meter. Selain itu tim penyelam juga ikut dikerahkan untuk mencari Eril.

"Metode pencarian besok akan menggunakan perahu dan sensor yang mampu mendeteksi hingga kedalaman 3 meter," demikian pernyataan dalam rilis pers KBRI Bern yang dikutip dari situs kemlu.go.id, Minggu (29/5/2022).

2. Pencarian Eril akan fokus di dua pintu air Sungai Aare, Swiss

2. Pencarian Eril akan fokus dua pintu air Sungai Aare, Swiss
Pexels/Matt Hardy

Tim penyelamat yang kembali melanjutkan pencarian Eril di hari keempat akan difokuskan di area antara 2 pintu air terdekat lokasi hilangnya Eril. Dari keterangan KBRI Bern di situsnya, pintu air itu adalah Schwellenmaetelli dan Engehalde.

"Rencana pencarian besok (Minggu, 29 Mei 2022) akan difokuskan pada area di antara dua pintu air terdekat lokasi terakhir terlihatnya Saudara Eril, yaitu Schwellenmaetelli dan Engehalde," lanjut keterangan tersebut.

3. Ridwan Kamil berkoordinasi dengan polisi maritim untuk proses pencarian anaknya

3. Ridwan Kamil berkoordinasi polisi maritim proses pencarian anaknya
Instagram.com/emmerilkahn

Upaya pencarian Eril dikerahkan secara maksimal oleh semua pihak. Pada Sabtu (28/5/2022) Ridwan Kamil dan sang Istri bertemu dengan Kepala Polisi Maritim, Urs Käller dan Kepala Polisi Regional, Thomas Müller untuk mendengarkan informasi terbaru terkait proses pencarian sejauh ini.

KBRI Bern memastikan tak ada batas waktu pencarian Eril. Hal itu diungkapkan oleh Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman Hadad saat jumpa pers, Sabtu (28/5/2022).

Pencarian Eril anak Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare, Swiss ini menjadi prioritas pihak berwenang setempat menggunakan berbagai macam metode.

Itulah tadi informasi mengenai pencarian hari Ke-4 Eril di Sungai Aare gunakan metode baru. Warga Indonesia masih berharap Eril bisa ditemukan dalam keadaan selamat. 

Kita doakan yang terbaik untuk Eril ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk