7 Manfaat Timun Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Ada beragam manfaat timun bagi kesehatan dan kecantikan

14 Juni 2019

7 Manfaat Timun Bagi Kesehatan Kecantikan
Freepik

Timun merupakan salah satu buah favorit yang digemari banyak orang. Buah yang kerap dianggap sebagai sayur ini memang mudah ditemui karena hampir setiap menu makanan yang ada lalapannya, menyediakan timun di dalamnya.

Timun yang memiliki citarasa yang segar, rupanya mengandung berbagai macam nutrisi penting. Kandungan nutrisi pada timun yang tidak dapat disepelekan di antaranya vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, kalsium, natrium, kalium, beta karoten, serat dan beberapa nutrisi lainnya.

Nah, kandungan nutrisi yang terdapat pada timun inilah yang membawa berbagai macam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari timun:

1. Mengontrol kadar gula darah

1. Mengontrol kadar gula darah
Freepik/xb100

Salah satu manfaat timun yang tidak bisa disepelekan adalah membantu mengontrol kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes.

Cara untuk mendapatkan manfaat ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi jus timun. Jus timun diyakini mampu meningkatkan hormon khusus yang diperlukan oleh sel-sel pankreas dalam memproduksi insulin.    

2. Mengatasi sakit kepala

2. Mengatasi sakit kepala
Freepik/Katemangostar

Timun menjadi salah satu asupan makanan yang bisa meredakan sakit kepala. Bahkan dengan mengunyah beberapa iris mentimun sebelum tidur, sakit kepala dapat berkurang dan mabuk saat terbangun di pagi hari dapat diminimalisir.

Manfaat ini dapat diperoleh karena timun mengandung vitamin B, gula dan elektrolit yang merupakan beberapa nutrisi penting bagi tubuh.    

3. Mencegah kanker

3. Mencegah kanker
Freepik/Tirachardz

Dilansir dari Live Science, timun membawa manfaat dalam mencegah kaker. Hal ini karena timun mengandung 2 fitronutrisi yang bermanfaat melawan kanker yaitu lignan dan cucurbitacins.

Riset yang dilakukan pada 2010 menunjukkan bahwa cucurbitacins yang terkandung pada timun mampu menghalangi jalannya sinyal penting sel kanker untuk berpoliferasi dan bertahan hidup.

Studi lain diterbitkan oleh Journal of Cancer Research pada tahun 2009 menunjukkan bahwa kandungan cucurbitacins B dapat mencegah pertumbuhan tujuh jenis sel kanker pankreas hingga 50 persen. Selain itu, cucurbitacins juga mampu meningkatkan apoptosis alias 'tindakan bunuh diri' dari sel kanker pankreas. 

Editors' Picks

4. Baik untuk kesehatan rambut

4. Baik kesehatan rambut
Freepik

Selain membawa manfaat bagi kesehatan, timun juga membawa manfaat bagi kesehatan rambutmu.

Hal ini karena kulit mengandung sulfur dan silikon sehingga mampu menunjang kesehatan rambutmu. Bahkan dengan mengonsumsi timun, pertumbuhan rambut dapat meningkat dan kukumu dapat menjadi lebih kuat.

Tak heran, banyak produk kecantikan yang memasukkan timun ke dalam produk mereka.

5. Menurunkan kadar kolesterol

5. Menurunkan kadar kolesterol
Freepik/Javier Sánchez Mingorance

Konsumsi timun juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Beberapa peneliti menunjukkan bahwa kandungan sterol yang terdapat pada timun mampu membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Nah, selain mampu membantu menurunkan kadar kolesterol, timun juga dipercaya mampu menjaga tekanan darah. Hal ini berkat kandungan magnesium, kalium, dan serat yang terdapat pada timun.

Baca juga:

6. Baik untuk kesehatan kulit

6. Baik kesehatan kulit
Freepik/freepic_diller

Selain mampu menjaga kesehatan rambutmu, timun juga diyakini membawa manfaat bagi kesehatan kulit.

Bahkan timun diyakini mampu mengurangi iritasi kulit akibat sengatan matahari lho! Manfaat timun dalam mengurangi iritasi akibat sengatan matahari dapat diperoleh karena timun mengandung berbagai macam nutrisi mulai dari air, sulfat, vitamin A, vitamin C, dan juga kalium.

7. Membantu menurunkan berat badan

7. Membantu menurunkan berat badan
Freepik/Rawpixel.com

Bagi kamu yang sedang menjalani diet menurunkan berat badan, nampaknya timun wajib masuk ke dalam menu makanan yang kamu konsumsi.

Sebab, timun merupakan sayuran yang rendah kalori sehingga mampu membantu menurunkan berat badan berlebihan atau setidaknya tidak membuat berat badan terus bertambah.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!