6 Makanan yang Mengandung Kolesterol Jahat!

Kurangi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol jahat yuk Ma!

23 Januari 2019

6 Makanan Mengandung Kolesterol Jahat
Freepik

Konsumsi makanan yang mengandung kolesterol jahat (low-density lipoprotein atau LDL) dalam jumlah yang berlebih bisa membahayakan kesehatan Ma.

Sebab asupan yang berlebih ini bisa menyebabkan penempukan kolesterol di dinding pembuluh darah, yang menyebabkan aliran darah  darah terganggu. Mama ingin tahu bahayanya? Bahayanya adalah dapat meningkatkan risiko terserang penyakit jantung dan stroke yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah arteri.

Mama ingin mencegah ini terjadi? Batasi konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan kolesterol jahat yuk Ma. Dilansir dari Live Strong, berikut beberapa makanan yang mengandung kolesterol jahat:

1. Daging merah

1. Daging merah
Pixabay/Tapis Rouge

Daging merah seperti daging sapi, daging domba, dan daging babi merupakan sumber makanan yang mengandung kolesterol jahat. Menurut U.S. Department of Agriculture, dalam satu possi daging merah mengandung 72 gram kolesterol jahat.

Dagin jeroan yang kerap digemari masyarakat Indonesia juga termasuk makanan yang mengandung kolesterol jahat Ma. 3 ons hati misalnya mengandung sekitar 320 gram kolesterol jahat. Jadi batasi ya Ma agar tidak berefek buruk terhadap kesehatan Mama.

2. Protein tanpa lemak

2. Protein tanpa lemak
Freepik

Meski tidak setinggi daging merah, sumber protein tanpa lemak seperti daging ayam tanpa kulit, ikan dan kerang juga mengandung kolesterol jahat.

Mama harus membatasi konsumsi makanan ini dan disarankan untuk mengganti asupan tersebut dengan makanan lain yang tak kalah bergizi.

Mayo Clinic menyarankan untuk mengganti konsumsi makanan tersebut dengan ikan salmon. Alasannya karena ikan salmon merupakan sumber protein rendah lemak dan memiliki kemampuan mengurangi kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

3. Makanan olahan

3. Makanan olahan
Unsplash/Jacob Campbell

American Heart Association mengklaim bahwa aneka jenis daging olahan seperti sosis, daging beku dan juga hot dog mengandung kolesterol jahat.

Makanan olahan lainnya yang juga mengandung kolesterol jahat adalah roti, sereal, kerupuk, makanan cepat saji, makanan dalam kemasan, dan makanan kalengan.

Mama perlu membatasi makanan tersebut demi kesehatan tubuh yang lebih baik.

Editors' Picks

4. Produk olahan susu

4. Produk olahan susu
Freepik

Makanan olahahan susu mengaundung lemak jahat dalam bentuk lemak jenuh.

Produk olahan susu yang mengandung lemak jahat diantaranya mayones, mentega, krim, keju, yogurt dan juga eskrim.

5. Kuning telur

5. Kuning telur
Unsplash/Rawpixel

Kuning telur merupakan salah satu makanan yang terkenal mengandung kolesterol tinggi.

Menurut U.S. Department of Agriculture, dalam satu kuning telur terkandung 215 miligram kolesterol jahat.

Mama perlu membatasi asupan kuning telur dengan baik, terlebih jika menderita penyakit kolesterol.

6. Makanan mengandung lemak trans

6. Makanan mengandung lemak trans
Freepik

Makanan yang dibuat dengan lemak dibekukan mengandung lemak trans berbahaya Ma. Lemak trans mengandung sejumlah besar kolesterol jahat dan dapat menurunkan kolesterol baik dalam tubuh.

Makanan yang mengandung lemak trans biasanya mencakup makanan dipanggang, seperti kue kering dan donat. Beberapa makanan ringan lainnya juga mengandung lemak trans, seperti keripik kentang.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!